FESTIVAL FILM

Oscar 2019 terancam tanpa pembawa acara

Ilustrasi Piala Oscar
Ilustrasi Piala Oscar | Greg Harbaugh /EPA

Ajang Academy Awards mendatang terancam tanpa pembawa acara. Menurut laporan Variety (9/1/2019), pihak Academy Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) masih belum menunjuk siapa yang akan membawakan acara, padahal penyelenggaraan tinggal enam pekan lagi.

Aktor sekaligus komika Kevin Hart tadinya ditunjuk sebagai pembawa acara. Namun, pada awal Desember, ia terpaksa mengundurkan diri akibat desakan kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan trans-seksual).

Ketika Hart terpilih pada 4 Desember, kontroversi meruak karena kicauan lamanya di Twitter dari tahun 2009-2011 kembali disinggung banyak orang di jejaring sosial itu. Saat itu, Hart membuat berbagai candaan yang menyinggung kaum LGBT.

Kabarnya, konsep musik akan ditampilkan oleh panitia untuk mengisi jeda waktu tanpa pembawa acara. Kebetulan, tahun ini ada beberapa musisi yang kemungkinan akan menjadi nomine, seperti Lady Gaga (dari film A Star is Born), Kendrick Lamar (Black Panther), dan Dolly Parton (Dumplin’).

Hal seperti ini sempat terjadi pada 1989, ketika Academy mengadakan Oscar tanpa pembawa acara. Biasanya, pembawa acara membuka dengan melontarkan berbagai candaan. Pada penyelenggaraan 1989, Oscar dibuka dengan penampilan musik dan tari sepanjang 11 menit oleh aktor Rob Lowe dan Eileen Bowman.

Lowe dan Bowman memainkan versi parodi lagu “Proud Mary”, dengan Bowman mengenakan baju seperti tokoh Snow White dari Disney.

Acara Oscar 1989 dianggap salah satu momen paling memalukan dalam sejarah Oscar.

Beberapa hadirin menandatangani surat terbuka mengenai acara yang dianggap memalukan bagi Academy dan insan film Hollywood. Disney bahkan sempat berniat menuntut pihak Academy. Rupanya, panitia tak minta izin untuk menampilkan tokoh Snow White.

“Sangat cocok, kita kembali menghormati kejadian gelap dan tragis yang melanda negeri kita, 30 tahun kemudian,” ujar Lowe kepada New York Times (21/12/2108).

Meski tak ada pembawa utama, pembaca nomine dan pemenang yang biasanya diisi aktor-aktris top tetap akan ada.

Acara Academy Awards ke-91 akan digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, pada Minggu, 24 Februari, waktu setempat.

Sudah berkali-kali minta maaf

Kasus Hart mirip dengan kasus James Gunn, yang dipecat dari jabatannya sebagai sutradara Guardians of the Galaxy Vol. 3 karena rangkaian kicauan lama yang menyinggung topik sensitif seperti pedofilia, Holocaust, AIDS, dan pemerkosaan.

Tak hanya kicauan Hart yang menyinggung kaum LGBT. Pada 2010, Hart kembali mengeluarkan candaan berbau homofobia dalam acara komedi Seriously Funny.

Dua hari kemudian, Hart menjelaskan bahwa pihak Academy memberinya dua pilihan, meminta maaf atau mundur. Hart memilih yang kedua karena ia merasa sudah berkali-kali minta maaf.

Pada 2015, Hart pernah merespons pertanyaan soal kicauan lamanya. “Hari ini, saya tak akan mengeluarkan candaan seperti itu. Ketika saya mengatakan itu, orang-orang tidak sesensitif sekarang,” ujar sang komika pada Rolling Stones.

Meski begitu, keesokan hari setelah diultimatum Academy, Hart tetap meminta maaf pada kaum LGBT.

“Saya memutuskan untuk tak jadi membawakan Oscar tahun ini. Saya tak ingin jadi pengganggu dalam acara yang seharusnya dirayakan oleh banyak seniman bertalenta. Saya minta maaf pada komunitas LGBT karena perkataan di masa lalu yang tidak sensitif,” tulis Hart melalui Twitter (7/12/2018).

Hart kemudian mengeluarkan curahan hati melalui Instagram. “Teman-teman, umurku sudah hampir 40 tahun. Jika kalian tak percaya orang bisa berubah, tumbuh, ketika mereka menua, saya tak tahu mau bicara apa lagi,” ujar lelaki berusia 39 ini.

Pekan lalu, Hart tampil dalam acara The Ellen Show. Hart dan pembawa acara Ellen DeGeneres menyebut orang-orang yang mengkritik kicauan lama Hart sebagai pembenci (hater) dan pembuat ulah di dunia maya (troll).

Komentar itu membuat kaum LGBT makin sebal pada Hart, juga pada Ellen DeGeneres (notabene ia adalah seorang lesbian yang mengaku secara terbuka).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR