Padu padan pemain film Sweet 20

Tatjana Saphira (kanan) beradu akting dengan Widyawati Sophiaan dalam film Sweet 20
Tatjana Saphira (kanan) beradu akting dengan Widyawati Sophiaan dalam film Sweet 20
© Starvision

Awalnya segan dan canggung, setelah akrab malah dapat ilmu yang tak terhitung. Demikian pengalaman yang dirasakan Tatjana Saphira (20), Kevin Julio (23), dan Tika Panggabean (46) selama terlibat dalam film Sweet 20.

Betapa tidak, deretan nama tadi untuk pertama kalinya harus beradu peran dengan barisan aktor watak Indonesia yang kariernya sudah membentang lebih dari empat dekade, seperti Slamet Rahardjo (68), Niniek L. Karim (68), dan Widyawati Sophian (66).

Film adaptasi resmi Miss Granny yang aslinya dari Korea Selatan ini mengisahkan hubungan keluarga Fatmawati (diperankan oleh Niniek) bersama putra tunggalnya, Aditya (Lukman Sardi), dan kedua cucunya (Kevin bersama Alexa Key). Jadi ada tiga generasi yang mewarnai film drama komedi ini.

Sadar harus tampil satu frame dengan para pemain senior, Tatjana, Kevin, dan Tika mengaku sempat grogi, tidak percaya diri, dan khawatir tidak bisa mengimbangi kualitas akting dari lawan main yang berkaliber kampiun.

Tatjana misalnya. Walaupun dalam film ini memerankan Mieke (nama samaran Fatmawati muda), aslinya ia sepantaran dengan Hamzah yang dimainkan oleh Slamet. Pun demikian, rasa canggung tetap saja muncul ketika melakoni beberapa adegan.

"Awalnya untuk memukul Mas Slamet saja dia ragu-ragu. Mungkin karena menganggap orang yang mau dipukul lebih tua. Saya harus berulang kali mengingatkan Tatjana agar berpikiran kalau mereka itu sepantaran," ungkap Ody C. Harahap, sutradara Sweet 20, saat diwawancarai Beritagar.id di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat (16/6/2017).

Sadar dengan situasi yang dirasakan Tatjana, Slamet yang telah mengoleksi lima Piala Citra sebagai aktor dan sutradara terbaik melakukan pendekatan lain.

Dalam sebuah latihan untuk adegan Mieke menampar wajah Hamzah, maestro akting dari Teater Populer itu memberikan contoh bagaimana adegan tamparan seharusnya dilakukan. Harus bertenaga supaya terlihat dan terasa nyata oleh penonton.

"Waktu itu Tatjana menampar pelan banget. Dibalas sama Mas Slamet dengan lebih keras," tambah Ocay, sapaan Ody.

"Soalnya saya enggak enak dan tidak tahu harus sekeras apa menampar pipi Om Slamet. Beliau memberi contoh ke saya. Eh, ternyata namparnya tuh betulan. Sampai bunyi 'plak' gitu," kenang Tatjana.

Blasteran Indonesia-Jerman ini memaknai fase latihan tadi ibarat sebuah petunjuk bagaimana memperlakukan Slamet Rahardjo saat berakting.

Berkat latihan itu pula akhirnya tembok pembatas yang sempat menghalangi keduanya runtuh seketika.

Tika yang telah pengalaman tujuh kali bermain film sebelumnya mengaku deg-degan saat tahu kebagian peran sebagai Bunga, putri Hamzah.

Skenario yang ditulis Upi mengharuskan personel Project Pop itu kebanyakan melakukan adegan marah-marah kepada Slamet. Yang terjadi justru Tika yang merasa ketakutan.

"Soalnya Om Slamet itu idola saya. Sejak kecil saya sudah menonton film-filmnya beliau," lanjut Tika.

Kevin merasakan hal serupa. Pemeran Juna (cucu Fatmawati) malah hampir ingin menyerah terlibat dalam proyek ini. "Saya khawatir tidak bisa tampil maksimal. Soalnya, jangankan pas syuting, waktu diajak reading saja saya sudah gemetaran."

Perbedaan usia yang menjadi jurang pemisah antarpemain lintas generasi ini akhirnya bisa dipersatukan.

Kesediaan Tat dan rekan-rekan seusianya membuka diri untuk belajar, kerelaan jajaran aktor senior memberikan berbagai masukan, dan peran Ocay menjembatani para pemain arahannya jadi faktor kunci dari padu padan tersebut.

Beberapa pemain lain angkat topi dengan akting Tat yang berhasil melebur dengan Niniek. "Gestur-gesturnya, cara jalan, dia berhasil memberikan benang yang sama. Dan buat gue itu sesuatu yang luar biasa," puji Lukman.

Film Sweet 20 yang diproduksi Starvision dan CJ Entertainment bersama Hooq dijadwalkan tayang di jaringan bioskop tanah air mulai 25 Juni 2017.

Para pemain dan kru film Sweet 20 saat konferesi pers di CGV Grand Indonesia ,
 Jakarta Pusat (16/6/2017)
Para pemain dan kru film Sweet 20 saat konferesi pers di CGV Grand Indonesia , Jakarta Pusat (16/6/2017)
© Andi Baso Djaya /Beritagar.id
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.