KESEHATAN MENTAL

Pak Menteri ngedrum, nyanyi 'Bento'

| Salni Setyadi /Beritagar.id

YEAHHHH...! | Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono awal pekan ini main band dalam acara dinas di Banda Aceh, Aceh. Dia pegang drum, mengiringi lagu "Rumah Kita"-nya God Bless (1988) dan "Bento"-nya Swami (1989).

Bukan berita baru bila menteri dan pejabat tinggi lain ngeband. Yang terkenal adalah Elek Yo Band, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani, Muhammad Hanif Dhakiri, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Di dalamnya ada Basuki juga. Kalau Triawan dulunya memang rocker.

Apanya yang layak diceritakan?

  • Pejabat daerah hingga pejabat setingkat menteri suka bermusik di pentas , terutama menyanyi, itu terasa mulai 1980-an setelah ada karaoke dalam laser disc. Ada sarana untuk berlatih.
  • Acara menyanyi dengan iringan band tamu atau band internal di instansi biasanya dalam serah terima jabatan dan ulang tahun instansi. Ada masa ketika lagu "Kemesraan" (Iwan Fals, 1988) menjadi lagu wajib. Pembawaan di pentas melibatkan istri atau suami si pejabat.
  • Di luar acara macam tadi, rapat koordinasi Wali Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pun bisa diisi acara menyanyi.
  • Lagu Barat yang laku misalnya "Unchained Melody" (The Righteous Brothers, 1965). Lagu lain ya jenis evergreen mendayu, semacam lagu Bee Gees dan lagu lain 1970-1990 terutama yang tak merepotkan dalam olah vokal. "If We Hold On Together" (Diana Ross, 1988) termasuk jenis yang kurang laku, namun Sri Mulyani membawakannya.
  • Tetapi lagu-lagu di atas untuk pejabat (dan mantan pejabat) usia 50 ke atas. Pejabat lebih muda berbeda selera. Lagu tahun 1990-an dan 2000-an lebih disuka, sesuai masa nostalgik mereka dulu. Sebagian tak mengandalkan karaoke, tapi malah berlatih di studio dengan band kawan atau saudara.
  • Lagu pop daerah juga termasuk laku. Untuk kasus Sigit Purnomo Syamsuddin Said (Pasha Ungu), wakil wali kota Palu, Sulawesi Tengah, dia memang penyanyi. Tapi belum jelas lagu "Cinta Sakota" itu dia nyanyikan di mana dan dalam acara apa. Pasha membawakan dalam pakaian dinas upacara.
  • Kalau pejabat hanya tampil di pentas, menyanyi sekadarnya, tak sampai usai pun boleh, adalah acara kantor yang melibatkan band dangdut. Ada rasa kebersamaan, esprit de corps. Di kalangan militer dan polisi hal itu berlaku: komandan harus bisa naik pentas untuk berdangdut.

Demikian cerita ringan akhir pekan. Tak ada hubungan dengan isu politik Pemilu 2019. Bermusik dan menyanyi itu bagus untuk jiwa dan raga.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR