Panitia Academy Awards mengubah trofi Oscar

Deretan trofi Oscar saat dipamerkan di German Movie Museum, Frankfurt, Jerman (2012)
Deretan trofi Oscar saat dipamerkan di German Movie Museum, Frankfurt, Jerman (2012) | Nicolas Armer/EPA

Tak hanya mengubah aturan Academy Awards, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) --penyelenggara ajang penghargaan film tertinggi di Amerika Serikat itu-- juga memperbarui trofi ikonik Oscar.

Secara umum tidak ada perubahan besar yang dilakukan terhadap trofi legendaris tersebut. Hanya perubahan kecil agar bentuknya mirip dengan piala yang diberikan pada era awal penghargaan ini.

"Dengan bantuan teknologi terkini, kami dengan bangga membuat trofi ini untuk menghormati awal penyelenggaraan Oscar," kata Presiden AMPAS Cheryl Boone Isaacs dalam pernyataan resminya di laman oscar.org (16/2/2016).

Untuk pertama kalinya sejak 1982, pembuatan trofi Oscar diserahkan kepada Polich Tallix Fine Art Foundry yang berbasis di New York, AS. Mereka menggantikan posisi R.S. Owens & Company asal Chicago.

Polich Tallix akan menggunakan contoh berupa piala asli Oscar yang diberikan pada ajang perdana tahun 1929. Piala tersebut merupakan hasil desain Cedric Gibbons, chief art director Metro-Goldwyn-Mayer, dan dibuat oleh George Stanley, pematung dari Los Angeles.

Sekujur tubuh trofi Oscar akan dibentuk dari perunggu yang sama persis dengan bahan trofi pada 1929. Setelah itu disepuh emas 24 karat oleh Epner Technology. Alasnya menggunakan bahan patina (campuran perunggu dan tembaga) hitam.

Diawali dengan memindai trofi 1929 secara digital, piala itu lalu dibentuk menggunakan bahan lilin yang dibungkus keramik. Setelah itu dipanaskan pada suhu 1.600 derajat Fahrenheit (871 derajat Celsius).

Saat lilin meleleh dan meninggalkan trofi Oscar berbentuk kosong, cairan perunggu dituangkan ke dalam wadah kosong tadi. Trofi lantas dibiarkan hingga dingin untuk kemudian disepuh emas dan dihaluskan.

Perubahan tersebut bisa dilihat dalam penyelenggaraan Oscar ke-88 yang berlangsung di Dolby Theatre Hollywood, California, Amerika Serikat, Minggu (28/2/2016). Walaupun mengalami sedikit perubahan pada pengerjaan dan bahannya, panitia menjamin bahwa karakteristik trofi Oscar yang baru masih sama dengan pendahulunya; tinggi 34,3 cm dan berat 3,85 kg.

Trofi sakral ini berbentuk kesatria telanjang sambil memegang pedang. Nama resminya Academy Award of Merit. Cedric Gibbons menggunakan aktor Emilio Fernandez asal Meksiko sebagai modelnya kala merancang trofi ini.

Ahli waris pemenang Oscar tahun 1942, Joseph Wright, pernah mencoba menjual trofi ini melalui rumah lelang Briarbrook Auctions pada 2014. Alhasil AMPAS menggugat dua kubu tersebut ke Pengadilan Tinggi Los Angeles.

AMPAS mengklaim penjualan trofi kepada pembeli anonim melanggar aturan akademi, yakni melarang anggotanya --dan siapa pun yang mewarisinya-- untuk menjual atau membuang patung Oscar tanpa menawarkan terlebih dahulu kepada AMPAS sebagai pihak pertama.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR