FILM INDONESIA

Parade 1000 film pendek se-Indonesia di Gudfest 2019

Ilustrasi salah satu cuplikan dalam film pendek berjudul The Dessert yang dibintangi Prabu Revolusi (kanan) dan Zee Zee Shahab.
Ilustrasi salah satu cuplikan dalam film pendek berjudul The Dessert yang dibintangi Prabu Revolusi (kanan) dan Zee Zee Shahab. | Indonesia Sinema Persada

Salah satu perhelatan akbar yang bakal hadir menjelang akhir tahun adalah Gudfest 2019. Acara yang memadukan musik, film, gaya hidup, hingga komedi dalam satu wadah.

Gudfest 2019 adalah festival yang merayakan kegembiraan, menjadi alternatif di antara festival lain yang lebih dulu hadir dengan menghadirkan lintas platform seperti musik, standup comedy, dan mural.

"Jadi di sini nantinya akan dipenuhi oleh beragam talenta," ungkap Bimo Nugroho, Program Director Gudfest 2019, melalui siaran pers (18/9/2019).

Salah satu program yang menjadi sorotan dari Gudfest 2019 adalah menghadirkan 1000 judul film pendek dari seluruh Indonesia.

“Dalam program yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia ini kami mengundang pembuat film berbakat dari seantero negeri. Mereka bisa berkiprah mempertunjukkan karya film pendek terbaiknya di Gudfest," jelas Rully PM, CEO Gudlive selaku promotor acara.

Untuk mengorganisir program film pendek tersebut, Gudfest 2019 menggandeng komunitas Forum Film Indonesia yang didirikan sekitar lima tahun lalu oleh sutradara/produser film, Ichwan Persada.

Pria yang sudah memproduseri sembilan film layar lebar ini mendukung penuh kegiatan Parade 1000 Film Pendek di Gudfest 2019.

“Selama ini film pendek seolah terpinggirkan dari skema film nasional. Namun dalam beberapa tahun belakangan memang terjadi perkembangan cukup signifikan. Sejumlah sineas dengan film pendeknya menjelajahi festival prestisius di luar negeri, bahkan beberapa di antaranya membawa pulang predikat bergengsi," ujar Ichwan.

Melalui Gudfest 2019, ia berharap film pendek bisa semakin masuk ke panggung utama agar semakin menggairahkan anak muda dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya melalui film pendek.

Program film pendek di Gudfest 2019 bukan sekadar pemutaran film (festival), tapi juga akan memilih kategori terbaik dan terfavorit.

Akan ada tiga orang dewan juri yang mewakili sutradara, produser, dan aktor yang akan menilai kategori terbaik untuk memperebutkan total hadiah Rp100 juta.

Gudfest 2019 juga akan melakukan roadshow ke sejumlah kampus di Jabodetabek dan Bandung.

“Kami ingin Gudfest 2019 merayakan kreativitas anak muda, bukan hanya musik, tapi juga film, seni mural, dan lainnya. Gudfest 2019 akan menjadi pesta dua hari dua malam yang memberi ruang kreativitas tak terbatas. Pengalaman ini yang nantinya akan pengunjung bawa pulang setelah hadir dalam acara ini," pungkas Rully.

Gudfest 2019 yang direncanakan menjadi kegiatan tahunan ini akan diselenggarakan pada 2–3 November2019 di Helipad Parking Ground, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Tiket tanda masuk bisa dibeli melalui Tiket.com.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR