ALBUM MUSIK

Paul McCartney belum habis

Paul McCartney
Paul McCartney | Fabio Diena /Shutterstock

Usia musisi legendaris Paul McCartney boleh uzur, bahkan baru berulang tahun ke-76 pada Senin (18/6/2018). Namun, ia membuktikan masih produktif berkarya dan menyatakan tak punya niat pensiun.

Salah seorang pentolan The Beatles ini justru merilis dua lagu baru sebagai perkenalan album baru melalui label rekaman Capitol Records. Namun, informasi itu sempat didahului oleh teka-teki.

Sejak awal pekan ini, McCartney mengunggah beberapa foto dan video dengan tagar #PaulMcCartney dan #EgyptStation ke akun Instragram-nya. Tak pelak para penggemar berspekulasi bahwa ayah perancang busana Stella ini akan mengeluarkan karya baru.

Dua lagu tersebut berjudul "I Don't Know" dan "Come On to Me". Kepada DIY, McCartney mengatakan bahwa dua lagu baru tersebut terinspirasi oleh lagu "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band" milik The Beatles. Bahkan McCartney tak bosan mendengarkan lagu itu berulang kali di studio, termasuk lagu lain milik The Beatles--"The Penny Lane".

Dua lagu baru di atas memiliki karakter berbeda. "I Don't Know" merupakan lagu sedih dan menenangkan jiwa. Sedangkan "Come On to Me" dideskripsikan sebagai lagu yang akan menyalakan semangat rock bagi para pendengarnya.

Kedua lagu itu dirilis pada Rabu (20/6), sedangkan album solo ke-17 bertajuk Egypt Station direncanakan terbit pada 7 September 2018. Proses rekaman dilakukan di Los Angeles, London, dan Sussex bersama produser Greg Kurstin

“Saya suka kata-kata Egypt Station. Ini mengingatkan saya pada album, yang kami buat," kata McCartney.

"Stasiun Mesir menjadi stasiun pertama dalam lagu dan kemudian setiap lagu seperti stasiun yang berbeda. Jadi itu memberi kami beberapa ide untuk mendasarkan semua lagu di sekitar itu. Saya menganggapnya sebagai lokasi impian yang berasal dari musik."

Daftar lagu belum diumumkan, tetapi diketahui akan ada 14 lagu yang menyerupai catatan perjalanan--termasuk lagu "Happy With You", "People Want Peace", dan "Despite Repeated Warnings".

Lagu "Come On to Me" sebenarnya sudah melakukan debut, di Philharmonic Pub di kota Liverpool, Inggris, minggu lalu. Namun lagu "I Don't Know" belum pernah dikumandangkan.

Kehadiran McCartney di pub kota kelahirannya itu memang mendadak. Itu sebabnya pertunjukkan pun cukup rahasia. McCartney menyanyikan tembang-tembang The Beatles, Wings (kelompok musik pribadinya), dan lagu "Come On to Me".

Paul McCartney - 'Come On To Me (Lyric Video)' /PAUL McCARTNEY

Sebenarnya, informasi soal karya baru McCartney sebenarnya muncul sejak akhir 2017. “Saya mungkin akan mengeluarkan album baru. Jadi, saya ingin itu menjadi sesuatu yang benar-benar saya sukai dan mudah-mudahan para penggemar akan menyukainya juga, ” kata pemetik bas The Beatles ini.

“Kami menempatkan sentuhan akhir untuk itu sekarang dan pada awal tahun depan. Jadi, saya ingin mencapai membuat album yang sangat hebat," ujar McCartney menambahkan.

Paul McCartney - I Don’t Know (Lyric Video) /PaulMcCartneyVEVO

Album baru ini akan berjarak empat tahun dengan album terdahulu New yang dirilis pada 2013. Saat itu New adalah proyek pertamanya untuk menampilkan semua komposisi rock dan pop baru sejak Memory Almost Full (2007). Album New juga berhasil naik sampai nomor tiga pada tangga album Inggris dan Amerika Serikat.

Sementara itu, untuk jadwal tampil dalam waktu dekat, McCartney akan meramaikan konser Austin City Limits Music Festival 2018 yang berlangsung selama dua pekan; 5 Oktober, 7 Oktober dan 12-14 Oktober 2018, di Austin's Zilker Park, Texas.

Ini adalah acara terbesar McCartney selama 2018 karena tahun lalu ia menghabiskan banyak waktu dalam tur musik dunia One on One mulai pada 13 April 2016 hingga 16 Desember 2017. Ia mulai dari Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Spanyol, Belanda, Belgia, Jepang, Meksiko, hingga di Selandia Baru.


BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR