Pemburu Utang, ketika rakyat harus menanggung utang negara

Poster pentas Pemburu Utang
Poster pentas Pemburu Utang | /Djarum Foundation

Djarum Foundation bersama Kayan Production & Communications kembali menggelar pentas Indonesia Kita ke-34. Pertunjukan yang dihelat di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki ini mengangkat tema “Pemburu Utang”.

Kisah Pemburu Utang berangkat dari kondisi suatu negara yang dinyatakan bangkrut akibat utang yang terlalu menumpuk. Alhasil, negara tidak sanggup menanggung beban utang dan rakyat yang harus menanggung seluruh utang negara.

Kondisi tersebut diperparah oleh aturan yang mewajibkan setiap warga negara membayar utang. Bagi warga yang masih memiliki aset dan kekayaan akan disita untuk menyelamatkan keutuhan negara tersebut.

Tersebab aturan yang memberatkan tersebut, maka seluruh rakyat memilih untuk menjadi miskin. Mereka beramai-ramai memiskinkan diri dan lebih memilih menjadi gelandangan atau pengemis.

Dampak dari kepura-puraan tersebut menjadikan barang-barang mewah yang sebelumnya menjadi status sosial orang kaya, menjadi tak berarti. Yang dicari justru barang atau benda yang paling jelek, rusak, dan rombeng. Akhirnya kemiskinan menjadi mode dan gaya hidup terpopuler di negara tersebut.

Meski sudah memiskinkan diri, negara tetap memungut denda dari pengemis dan gelandangan. Bila tak mampu membayar, mereka dianggap memiliki utang pada negara dan harus membayarnya dengan cara apapun, bisa mencicil atau kredit dengan bunga yang tinggi.

Hanya saja, masyarakat tak menyadari bahwa semua itu hanyalah proyek yang sedang dirancang negara agar orang-orang menikmati segala macam bentuk kemiskinan. Ketika banyak masyarakat yang menderita, selalu ada yang mengambil keuntungan dari penderitaan tersebut.

Lantas, siapakah mereka yang senang mengambil keuntungan dari penderitaan rakyat? Temukan jawabannya dalam pentas Indonesia Kita ke-34 dalam lakon "Pemburu Utang" pada 1-2 November 2019 mulai pukul 20.00 WIB di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Tiket Pemburu Utang dapat dipesan melalui situs www.blibli.com atau www.kayan.co.id.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media Indonesia Kita.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR