FILM HOLLYWOOD

Penjelasan adegan tambahan dalam Captain Marvel

Penampilan aktris Brie Larson sebagai Carol Danvers dalam film Captain Marvel
Penampilan aktris Brie Larson sebagai Carol Danvers dalam film Captain Marvel | Marvel, Disney
Catatan redaksi: artikel ini mengandung bocoran (spoiler) untuk film Captain Marvel, yang saat ini tayang di bioskop. Mohon disikapi dengan bijak.

Captain Marvel telah tayang di Indonesia sejak Rabu (6/3/2019). Film yang merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU) ini menyisakan berbagai pertanyaan untuk film selanjutnya.

Saat gulungan kredit memasuki pertengahan, ada sebuah adegan tambahan --hal biasa untuk film-film yang masuk dalam semesta MCU. Apa maksud adegan ini?

Captain Marvel adalah film terakhir sebelum mega-event MCU berikutnya, yaitu Avengers: Endgame yang akan tayang pada 26 April di Indonesia. Sehingga, adegan tambahan ini tampaknya akan jadi penghubung antara film Captain Marvel dan Avengers: Endgame.

Adegan ini terjadi setelah peristiwa dalam Avengers: Infinity War (2018), ketika Thanos (Josh Brolin) berhasil memperoleh semua batu Infinity dan membunuh setengah populasi alam semesta.

Avengers yang tersisa di Bumi yaitu Steve “Captain America” Rogers (Chris Evans), Natasha “Black Widow” Romanoff (Scarlett Johansson), James “War Machine” Rhodes (Don Cheadle), dan Bruce “Hulk” Banner (Mark Ruffalo) sedang berkumpul di markas Avengers, New York.

Mereka meratapi monitor pemantau pembantaian yang dilakukan Thanos. Mereka juga meneliti penyeranta (pager) milik Nick Fury (Samuel L. Jackson) yang terjatuh saat ia terbunuh di film sebelumnya.

Penyeranta yang bisa memancarkan sinyal sejauh dua galaksi itu tiba-tiba berhenti bekerja. Captain America ingin Banner memperbaikinya, yakin bahwa alat itu sangat penting.

Ia benar. Tiba-tiba, Carol “Captain Marvel” Danvers (diperankan Brie Larson) muncul di belakang mereka. Ia bertanya, “Di mana Fury?”, kemudian adegan selesai dan film kembali ke gulungan kredit.

Karakter Captain Marvel diperkirakan akan menjadi kunci bagi kumpulan pahlawan super Avengers untuk mengalahkan Thanos.

Film Captain Marvel memperlihatkan kekuatan luar biasa yang dimiliki si karakter utama. Awalnya, ia hanya bisa mengeluarkan energi foton dari tangannya. Di pertengahan film, Carol Danvers menyadari bahwa kekuatannya berasal dari Tesseract, salah satu batu Infinity yang berada di Bumi.

Lantas, Carol jadi bisa mengendalikan dan memaksimalkan daya tempurnya. Energinya memancar di seluruh tubuh. Ia bisa terbang, bahkan melintas bersama pesawat angkasa luar.

Dengan demikian, Captain Marvel adalah “Superman” bagi Marvel Cinematic Universe. Ia yang paling kuat, serta memiliki kekuatan kosmos, sehingga bisa menjadi kartu as para Avengers untuk mengalahkan Thanos.

Sebenarnya ada adegan tambahan kedua yang terletak di penghujung kredit. Tapi, adegan ini bisa dibilang hanya untuk keperluan humor.

Adegan ini memperlihatkan Goose, si kucing sekaligus makhluk Flerken, berada di kantor Nick Fury. Ia memuntahkan Tesseract yang sebelumnya ditelan untuk mengamankan batu Infinity itu dari ancaman Kree.

Kemungkinan akan ada sekuel

Dilansir dari IGN, ada beberapa hal yang menarik. Gaya rambut Carol Danvers dalam adegan tambahan lebih panjang dibanding sebelumnya. Namun, ia tak terlihat menua. Padahal, Captain Marvel punya latar pertengahan 1990-an, sementara kejadian dalam Infinity War berlatar masa kini.

Artinya, Carol tak menua selama 20 tahun lebih. Dalam sebuah cuplikan, Kecerdasan Tertinggi melalui wujud Mar-Vell (Annette Bening), mengungkap bahwa Carol hidup lebih lama dari manusia pada umumnya, tapi dialog tersebut tak ada dalam film.

Apa yang dilakukan Carol Danvers selama sekitar 20 tahun? Dalam akhir film, ia mau membantu para Skrull untuk menemukan rumah baru mereka.

Carol juga menyatakan pada Yon-Rogg, pemimpin pasukan Kree, bahwa ia akan mengakhiri perang antara Kree dan Skrull, serta menghabisi Kekuatan Tertinggi.

Mungkin, ini adalah plot yang disiapkan Marvel untuk sekuel Captain Marvel yang berada di garis waktu sebelum kejadian dalam Avengers: Endgame.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR