FILM INDONESIA

Peran Jefri Nichol dalam film Habibie & Ainun 3 terungkap

Penampilan Maudy Ayunda, pemeran Ainun muda, bersama Jefri Nichol yang memerankan tokoh Ahmad dalam film Habibie & Ainun 3
Penampilan Maudy Ayunda, pemeran Ainun muda, bersama Jefri Nichol yang memerankan tokoh Ahmad dalam film Habibie & Ainun 3 | MD Pictures

Ternyata dugaan bahwa aktor Jefri Nichol akan memerankan sosok B.J. Habibie muda dalam film Habibie & Ainun 3 meleset.

Hal tersebut terungkap saat peluncuran cuplikan (trailer) film yang berlangsung di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (26/9/2019).

Dalam cuplikan berdurasi sekitar dua menit tersebut, pemeran Habibie muda tetap dipercayakan kepada Reza Rahadian.

Untuk membuat Reza tampak jadi lebih muda, tim produksi melakukan rekayasa digital.

Caranya dengan memotret wajah Reza dengan sudut 360 derajat. Hasil foto tersebut kemudian diproses menjadi tiga dimensi, lalu ditempelkan pada tubuh sosok remaja di meja editing. Semua proses tersebut dikerjakan di Indonesia.

Dengan demikian, aktor peraih empat Piala Citra itu telah tiga kali beruntun memerankan sosok mantan Presiden Republik Indonesia dalam film.

Sebelumnya Reza memerankan sosok teknokrat yang mangkat pada 11 September 2019 itu dalam film Habibie & Ainun (2012). Peran yang kemudian menghantarkannya meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik.

Empat tahun berselang, Reza kembali berlakon sebagai Habibie melalui film Rudy Habibie (2016) arahan Hanung Bramantyo yang menggantikan posisi Faozan Rizal dalam film sebelumnya.

Sementara itu, tokoh yang dimainkan Jefri dalam bagian ketiga film ini adalah Ahmad, pria yang digambarkan pernah mengejar cinta Hasri Ainun Besari kala menempuh studi kedokteran di Universitas Indonesia.

Ahmad sejatinya sosok yang sengaja diciptakan Hanung berdasarkan informasi yang didapatkannya dari Arlis Reksoprodjo, sahabat Ainun yang dalam film Habibie & Ainun 3 diperankan oleh Aghniny Haque.

Tambahan informasi lain soal sosok tersebut diceritakan oleh Habibie ketika masih hidup. Masing-masing dari mereka hanya memberikan deskripsi tanpa spesifik menyebutkan nama.

Bahwa Ainun adalah cinta sejati Habibie, begitu juga sebaliknya, adalah sesuatu yang tak perlu disangsikan lagi.

Pun demikian, pertemuan dua sosok ini dengan orang lain semasa hidupnya juga tak boleh dinafikan. Seperti juga kisah cinta Habibie muda dengan llona Ianovska, perempuan asal Polandia, yang tertuang dalam film Rudy Habibie.

Untuk menggambarkan fase pertemuan Ainun muda yang diperankan Maudy Ayunda dengan orang lain sebelum Habibie, sengaja diciptakan sosok Ahmad.

Bagi Hanung, film Habibie & Ainun 3 ibarat seorang pria menceritakan kisah asmara istrinya kepada cucu dan anak-anaknya.

"Ini loh kisah nenekmu, termasuk kemudian kisah cinta nenekmu sebelum sama kakek. Kira-kira begitu," lanjut Hanung.

Film yang dijadwalkan tayang pada 19 Desember 2019 itu juga dibintangi oleh Rebecca Klopper, Jennifer Coppen, Angga Yunanda, Teuku Rizky Muhammad, Kevin Ardilova, Eric Febrian, Marcella Zaliyanti, dan Amara.

Habibie & Ainun 3 - Official Trailer | Desember 2019 di Bioskop /MD Pictures
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR