Perang serbuk warna-warni di konser cinta Iwan Fals

Iwan Fals saat menggelar konser bertajuk "Nyanyian yang Tersimpan" di Live Space SCBD, Jakarta, Minggu (16/12/2018).
Iwan Fals saat menggelar konser bertajuk "Nyanyian yang Tersimpan" di Live Space SCBD, Jakarta, Minggu (16/12/2018). | Indrianto Eko Suwarso /Antara Foto

Virgiawan Listanto atau tersohor dengan nama Iwan Fals bakal kembali menggelar konser. Kali ini konsernya bertajuk "Aku Cinta" akan dilaksanakan pada 30 Maret 2019 di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara.

Pada konsernya kali ini, Iwan Fals menjanjikan cukup banyak hal baru untuk para penggemarnya. Pertama, keseluruhan konsep konser disebut akan berbeda dengan penampilan terdahulu.

Misalnya, dalam konser ini akan ada interaksi antara pencipta lagu "Bento" itu dengan para penontonnya. Interaksi tersebut berupa saling lempar bubuk warna-warni mirip festival Holi penanda awal musim semi di India, Bangladesh, dan Nepal.

"Kami akan memberikan secara gratis bubuk berwarna, tanda sayang kepada orang lain. Menjadi lambang untuk menyesuaikan dengan tema 'Aku Cinta' dari konser ini," ujar perwakilan dari MME Entertainment selaku promotor, Chrysilla Novianti, kepada Republika.co.id, Kamis (14/3/2019).

Pembuatan gimmick ini juga diharapkan dapat membuat konser kian kental dengan nuansa cinta. Tak hanya cinta untuk pasangan, tapi juga teman, alam, negara, dan pekerjaan. Sebab, aneka warna yang disiapkan bermaksud untuk melambangkan kebinekaan milik Indonesia. Lagu-lagu Iwan pun akan memuat cinta universal.

Penyanyi 57 tahun ini akan membawakan sekitar 25 lagu. Beberapa lagu di antaranya jarang didengar publik dari sosok Iwan Fals. Sementara dua lagu belum pernah dirilis dan secara spesial akan dia bawakan oleh Iwan.

"Range lagu yang akan dibawain nanti antara 21 sampai 25 lagu lah, total durasinya sekitar 3 jam. Lagu yang dibawakan banyak enggak yang itu-itu saja. Ini bukan cuma soal persoalan 'Bento' dan 'Bongkar', ada yang lebih luas lagi," papar Cikal, putri Iwan sekaligus mewakili manajemen Iwan Fals, seperti dilansir Tabloid Bintang, Kamis (14/3).

Dalam konser kali ini, Iwan Fals akan berkolaborasi dengan Superman Is Dead (SID). Tak hanya karena kawan lama, menurut pengakuannya, Iwan Fals juga gemar pada karya-karya band punk-rock asal Bali itu. Apalagi SID juga gencar meneriakkan cintanya untuk alam sekitar.

"Mereka (SID) belain alamnya, menang kalah belakangan usaha membela itu luar biasa misalnya usaha membela Teluk Benoa. Mereka sangat semangat, sastra dan musiknya juga bagus," puji Iwan dikutip JPNN, Kamis (14/3).

Selain SID, tim kreatif Aku Cinta juga telah menyiapkan tiga nama untuk turut memeriahkan konser nanti. Hanya saja, nama-nama tersebut masih dirahasiakan dan disebut akan menjadi kejutan di atas panggung.

Selain nuansa cinta, konser ini juga akan dibuat dengan standar Internasional. Tak dijelaskan secara detail bagaimana standar yang dimaksud.

Namun, "Aku Cinta" digadang-gadang akan hadir seperti halnya konser musisi-musisi luar negeri di Indonesia. Tak heran jika kemudian panitia menggantung target hingga 14 ribu penonton.

"Di Jakarta sedang ramai festival, kita mau ingatkan kita (Indonesia) punya artis yang membanggakan dan Om Iwan ini salah satunya dan tergolong senior. Kita mau buat konser standar Internasional dengan pengisi acara dari negara kita sendiri," kata Silla dari MME Entertainment, saat ditemui Liputan6.com, Jakarta Pusat, Rabu (13/3).

Untuk itu, Iwan Fals dan tim telah menyiapkan diri dengan latihan setiap hari selama satu bulan terakhir. Saat ini pun, Iwan mengaku persiapannya telah mencapai 90 persen, dan akan dilengkapi 10 persennya saat sudah berdiri di atas panggung nanti.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR