Pesulap misterius Indonesia juarai Asia's Got Talent

Aksi The Sacred Riana dalam ajang Asia's Got Talent.
Aksi The Sacred Riana dalam ajang Asia's Got Talent. | AXN

Ajang Asia's Got Talent musim kedua menghasilkan pemenang dari Indonesia. The Sacred Riana, mentalis asal Indonesia memenangi Asia's Got Talent 2017 pada 14 Desember 2017, meraup hadiah senilai US $100 ribu (Rp1,36 miliar).

Riana berhasil membawa pulang gelar juara setelah mengalahkan sembilan finalis dari berbagai negara di Asia, termasuk pemain harpa Angela July yang juga berasal dari Indonesia, kelompok tarian DM-X Comvalenos dari Filipina, dan pemain ukulele cilik Feng E dari Taiwan. Dibanding kontestan lain, Riana memang jauh berbeda.

Penampilannya seperti hantu anak sekolahan dalam film horor Jepang. Ia mengenakan seragam kemeja lengan panjang dengan dress terusan hingga bawah lutut berpadu dengan kaus kaki panjang. Sebelah matanya tertutupi oleh rambut hitam yang panjang. Gadis muda ini selalu membawa sebuah boneka yang tak kalah seram dari Annabelle.

Penampilan Jepang itu, tak lain karena kesukaannya terhadap kultur modern negeri Sakura. Terutama film horor.

"Riana memang suka menonton film horor. Apalagi yang berasal dari Jepang, jadinya sosok The Sacred itu muncul. Dari situ Riana jadi terinpirasi," ujar Vernon Bow, pesulap yang menjadi manajer Riana kepada The Strait Times (16/12/2017).

Mengapa ia diwakili sang manajer? Riana memang tak pernah berbicara dalam aksinya. Aslinya, sifatnya memang begitu. "Pada dasarnya dia pendiam, jadi gampang saja. Dia orangnya tidak banyak omong. Saya pikir orang suka dia karena tidak pernah ada pesulap seperti Riana," ujar Vernon.

Tidak hanya sulap, sifat pendiam dipadukan dandanan seram adalah gimmick utama Riana. Pada saat final, ia membuat sebuah tato bintang muncul di tangan Anggun C. Sasmi, salah satu juri, serta tiba-tiba muncul di belakang sang penyanyi, membuat pelantun "Tua-Tua Keladi" itu berteriak.

Ia memang cenderung memilih untuk mengerjai Anggun dibanding dua juri lain, Jay Park dan David Foster. Maklum, Anggun juga berasal dari Indonesia.

Sebenarnya, Riana tidak semisterius itu. Dilansir dari Bisnis.com, ia bernama asli Marie Antoinette Riana Graharani, lahir di Jakarta, 13 Juli 1992. Lulusan SMA Santa Ursula, Jakarta ini merupakan sulung dari dua bersaudara. Sejak kecil, Riana mengidolakan pesulap terkenal David Copperfield. Kebetulan, ayahnya Riana juga pesulap.

Namanya pertama dikenal setelah mentalis Deddy Corbuzier memilihnya tanpa seleksi untuk menjadi peserta ajang The Next Mentalist pada 2014. Akhirnya ia menjadi runner up. Karakter Riana yang menyeramkan, misterius, dan tak banyak bicara itu merupakan aliran bizzare illusionist, dan tampaknya merupakan hasil didikan Deddy.

Setelah menjadi peringkat dua, namanya justru jadi jarang terdengar.

"Yang pertama sih karena keterbatasan pihak televisi, karena tingkat permainan sulap Riana tinggi sehingga tak jarang jadi penghambat. Kedua, banyak media yang takut menghadirkan Riana karena permainannya yang berbau mistis. Takutnya malah dicekal KPI (Komisi Penyiaran Indonesia)," tutur Bow kepada Kumparan.

Bow menambahkan, meski jarang terlihat di layar kaca, Riana masih kerap tampil secara off air di berbagai acara. Sampai kemudian ia meramaikan Asia's Got Talent tahun ini.

Ke depannya, karier Riana dan boneka teman khayalannya Riani tidak lagi tertutup awan gelap. Selain hadiah yang lumayan besar, mengikuti ajang internasional seperti Asia's Got Talent tentunya akan membuat gadis berusia 25 ini diminati untuk tampil di berbagai negara.

"Tidak sia sia semua perjuangan yang pernah kita lalui untuk Sulap di Indonesia!! Let's bring The Magic Back," tulis Deddy Corbuzier, memberi selamat pada Riana melalui Instagram (15/12/2017).

Asia, Your Winner Is... | Asia's Got Talent 2017 /Asia's Got Talent
The Sacred Riana Grand Final – VOTING CLOSED | Asia’s Got Talent 2017 /Asia's Got Talent
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR