FILM HOLLYWOOD

Pose Daniel Craig dalam poster film James Bond terbaru

Daniel Craig untuk kelima kalinya memerankan tokoh ikonis James Bond dalam film No Time to Die
Daniel Craig untuk kelima kalinya memerankan tokoh ikonis James Bond dalam film No Time to Die | Joerg Carstensen/EPA

Merayakan Hari James Bond yang diperingati saban 5 Oktober, tanggal rilis Dr. No (1962) yang notabene film pertama James Bond, waralaba tentang agen rahasia fiktif itu merilis teaser poster untuk film ke-25 yang berjudul No Time to Die.

Desain tampak sederhana karena hanya memajang wajah Daniel Craig, sang pemeran utama, berdiri di depan dinding kelir biru.

Mengenakan tuksedo, Bond yang tampak murung melongok ke arah kiri. Tidak lupa judul film dan sandi 007 disertakan dalam poster.

Film ke-25 ini mengisahkan Bond yang sudah memutuskan berhenti dari M16 (Dinas Intelijen Rahasia Britania Raya) dan menikmati masa pensiunnya dengan bersantai di Jamaika.

Ternyata dunia kejahatan belum mengizinkannya pamit undur sebagai spion. Baru saja menikmati masa pensiun, rekan lama Bond yang bekerja di CIA (Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat), Felix Leiter (diperankan Jeffrey Wright), tiba-tiba muncul untuk meminta bantuan.

Alhasil Bond harus menjalani misi berbahaya selanjutnya. Tugasnya kali ini menyelamatkan seorang ilmuwan yang diculik. Pelakunya adalah penjahat misterius yang menggunakan senjata teknologi baru nan berbahaya.

Demikian sekilas plot cerita dalam No Time to Die yang melibatkan banyak penulis naskah.

Awalnya proyek ini mengumumkan kembalinya Neal Purvis dan Robert Wade sebagai penulis skrip. Duo ini sudah menulis naskah film-film Bond sejak seri The World Is Not Enough (1999) hingga Spectre (2017).

Menyusul hengkangnya Sam Mendes dari kursi sutradara, Danny Boyle sebagai pengganti membawa John Hodge yang sebelumnya menulis skenario film Trainspotting (1996) dan Trainspotting 2 (2017) arahan Boyle.

Karena alasan perbedaan kreatif dengan pihak produser, Boyle pada Agustus 2018 memutuskan cabut dari proyek ini. Langkahnya diikuti Hodge.

Alhasil Barbara Broccoli dan Michael G. Wilson selaku produser memanggil kembali Purvis dan Wade.

Sebulan kemudian, Cary Joji Fukunaga (42) yang sebelumnya telah menyutradarai Beasts of No Nation (2015) dan It (2017) diumumkan sebagai pengganti Boyle.

Kisruh kreatif yang melanda berimbas tertundanya jadwal rilis film yang sebelumnya direncanakan 8 November 2019.

Fukunaga pada akhirnya bekerja dengan komposisi penulis skenario yang terdiri dari Purvis, Wade, Scott Z. Burns (penulis naskah The Bourne Ultimatum), dan Phoebe Waller-Bridge, penulis skrip serial Killing Eve yang memadukan genre drama, spy thriller, dan dark comedy.

Melansir BBC, masuknya Waller-Bridge dalam komposisi penulis skrip film ke-25 Bond diungkapkan Broccoli adalah usulan Daniel Craig.

“Daniel (Craig) yang menyarankan nama Phoebe. Saat melihat hasil kerjanya, luar biasa sekali. Dia melakukan pekerjaan yang hebat,” puji Broccoli.

Waller-Bridge memulai pekerjaannya memoles skrip No Time to Die sejak April 2019. Ia memasukkan lebih banyak humor dan membuat karakter para tokoh lebih dapat dipercaya.

Kehadiran Waller-Bridge menandai kembalinya penulis skenario perempuan dalam jagat penceritaan James Bond setelah terakhir terjadi dalam From Russia With Love (1963).

Film No Time to Die yang juga menghadirkan Ralph Fiennes, Rami Malek, Rory Kinnear, Ben Whishaw, Naomie Harris, dan Lea Seydoux sebagai pemain dijadwalkan rilis pada 3 April 2020 di Inggris. Publik di AS bisa menikmatinya di bioskop lima hari berselang.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR