FILM INDONESIA

Produser Rumput Tetangga tak takut berhadapan dengan Endgame

Aktris utama Titi Kamal (kiri) beraksi dalam sebuah adegan film Rumput Tetangga
Aktris utama Titi Kamal (kiri) beraksi dalam sebuah adegan film Rumput Tetangga | RA Pictures

Pada 24 April, salah satu film yang paling ditunggu sedunia akan mampir di Indonesia. Film tersebut adalah Avengers: Endgame. Pendahulunya, Avengers: Infinity War, berhasil mendominasi bioskop se-Indonesia dengan perolehan $25,3 juta AS.

Pekan sebelumnya, tepatnya 18 April, akan muncul film lokal berjudul Rumput Tetangga. Meski hanya terpaut sepekan dengan Endgame, para pembuat Rumput Tetangga mengaku tak takut dengan film terakhir fase ketiga Marvel Cinematic Universe (MCU) itu.

“Film tetangga sebelah juga sempat fight dengan Captain Marvel dan hasilnya enggak kalah,” ujar produser eksekutif Fransen Susanto. Yang ia maksud adalah Yowis Ben 2, yang tayang berdekatan dengan Captain Marvel, film lainnya dari MCU. Hingga saat ini, Yowis Ben 2 sudah mengumpulkan lebih dari sejuta penonton.

“Kami terus mencoba menggali konten apa sih yang sebenarnya diminati masyarakat? Yang dekat dengan masyarakat itulah yang harus digali. Contohnya ya Rumput Tetangga,” lanjut Fransen.

Produser, aktor, sekaligus pendiri RA Pictures Raffi Ahmad sepakat dengan Fransen. “Ini filmnya relate banget dengan kehidupan keluarga Indonesia,” tutur Raffi.

Lelaki yang mengawali karier sebagai aktor sinetron remaja itu melanjutkan, “Intinya film ini mengajarkan untuk bersyukur pada apa yang diberikan oleh Allah.”

Raffi mengaku bahwa dalam setiap produksi RA Pictures, ia dan tim selalu belajar. Rumah produksi ini baru berusia dua tahun, tapi sudah membuat delapan film berbagai genre.

Untuk Rumput Tetangga, RA Pictures mencari sutradara yang dapat dipercaya, dalam hal ini adalah Guntur Soeharjanto. Sineas yang satu ini sudah pernah sukses menggarap 99 Cahaya di Langit Eropa (2013) dan Ayat Ayat Cinta 2 (2017).

“Kami sudah yakin ceritanya bagus, jika sutradaranya bagus maka filmnya, Insya Allah akan jadi film yang baik. Mudah-mudahan diridhoi untuk jadi film yang laku,” harap Raffi.

Sementara, Guntur mengaku bahwa treatment yang ia berikan pada film ini ringan dan sederhana, yang diharapkan mampu menghibur penonton sekaligus membawa nilai-nilai kebaikan.

“Film ini sangat Indonesia banget. Harus relate dengan keadaan sosial masyarakat kita, tak berjarak. Saya yakin formula itu gampang dicerna dan bisa merefleksikan kita. Enggak ada jarak dan batas,” ujar Guntur.

Rumput Tetangga berintikan persoalan rasa iri yang kerap muncul pada manusia; menganggap bahwa “rumput tetangga” alias kesuksesan orang lain selalu lebih baik dari keadaan diri saat ini.

Film ini berkisah soal Kirana (diperankan Titi Kamal), seorang ibu rumah tangga yang dulunya murid paling populer di sekolah. Saat ini, ia mengalami krisis kepercayaan diri karena merasa tak menjadi sosok yang pantas untuk suaminya, Ben (Raffi Ahmad) dan kedua anaknya, Rega (Daffa Deddy) dan Windy (Aqila Herby).

Kirana kerap curhat pada sahabatnya masa SMA, Diana (Donita) dan asisten pribadinya, Indra (Gading Marten). Suatu hari, Diana membuat acara reuni SMA. Ia sampai membohongi teman-temannya bahwa Kirana adalah seorang konsultan relasi publik.

Dalam reuni, Kirana kedatangan Madam Sri Menyan (Asri Welas), seorang peramal. Madam memberinya kartu yang bisa mengabulkan keinginan Kirana menjadi perempuan sukses.

Keinginan itu terkabul. Esoknya Kirana bangun di sebuah apartemen mewah. Sesaat, ia bahagia. Namun, Kirana merasa kangen pada Ben dan dua anaknya.

Rumput Tetangga_2019 Trailer 1080p /trailer film terbaru
Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media untuk film Rumput Tetangga.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR