Puff Daddy artis hip hop terkaya mengungguli Jay Z

Puff Daddy (kanan) dan Jay-Z, dua artis hip hop berpenghasilan terbesar di dunia.
Puff Daddy (kanan) dan Jay-Z, dua artis hip hop berpenghasilan terbesar di dunia. | Nam Y. Huh/AP Photo

Nama Dwayne Johnson alias The Rock telah terpilih sebagai aktor berpenghasilan terbesar pada 2016. Pun dengan Jennifer Lawrence di kategori aktris. Sekarang nama Puff Daddy yang diumumkan sebagai artis paling banyak meraup pemasukan dari ranah hip hop.

Dilansir Forbes (7/9/2016), dalam setahun terakhir pemilik nama asli Sean John Combs itu mengumpulkan USD62 juta alias Rp810 miliar. Mengungguli Jay Z yang ada di tempat kedua dengan USD53,5 juta.

Setahun lalu, masih menurut kalkulasi Forbes, pendiri label rekaman Bad Boy Records itu juga terpilih sebagai artis hip hop yang koceknya paling tebal berkat pemasukan USD60 juta. Kala itu yang juga menempati urutan kedua adalah Jay Z dengan USD56 juta.

Lumbung pemasukan terbanyak Puff Daddy berasal dari kemitraan dengan vodka Ciroc, jaringan televisi berbayar Revolt, lini pakaian Sean John, dan air mineral Aquahydrate. Sumbangan lainnya berasal dari hasil "Bad Boy Family Reunion Tour" yang berkeliling 24 kota di seluruh Amerika Serikat bersama Lil Kim, Mase, Faith Evans, Mario Winans, Total, Carl Thomas, 112, The Lox, dan French Montana.

Pendapatan Jay Z juga dari usaha bisnis dengan Armand de Brignac, konyak D'Usse, dan sisanya datang dari Roc Nation, perusahaan yang bergerak di bidang hiburan seperti label rekaman, manajemen artis, perusahaan pengelola tur dan konser, film, musik, dan televisi.

Satu-satunya perempuan dalam daftar ini adalah Nicki Minaj (33). Pendapatan USD24 juta yang menempatkannya di posisi keenam berasal "The Pinkprint Tour" yang menghasilkan pendapatan kotor USD22 juta dari 38 kali pertunjukan. Pemilik nama asli Onika Tanya Maraj itu juga dapat tambahan dari produk kosmetik MAC, Kmart, dan produk minuman Myx Fusions Moscato.

Secara keseluruhan, 2016 bisa disebut sebagai salah satu tahun kecemerlangan bisnis hip hop. Pasalnya 20 nama artis berpenghasilan terbanyak dalam daftar ini mengumpulkan total USD450 juta selama 12 bulan terakhir. Angka tersebut adalah yang tertinggi sejak 2014, atau ketiga tertinggi --selain daftar 2008-- selama Forbes membuat daftar artis hip hop berpenghasilan tertinggi sejak satu dekade silam.

Metode penghitungan yang dilakukan Forbes masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu berasal dari pemasukan yang diperoleh dari Juni 2015 hingga Juni 2016 berdasarkan hasil penjualan album, tur, royalti, suvenir, sokongan dari jenama atas penggunaan citra diri, dan usaha lain para artis bersangkutan.

Semua informasi tersebut diperoleh dari Recording Industry Association of America (RIAA), Nielsen SoundScan, Bandsintown, dan Pollstar. Tambahan info lainnya berasal dari hasil wawancara dengan agen, manajer, dan pengacara, termasuk seniman bersangkutan. Namun belum dikurangi biaya manajemen dan pajak.

Berikut daftar artis hip hop pengumpul uang terbanyak sepanjang 2016 versi Forbes.

1. Puff Daddy -- USD62 juta

2. Jay Z -- USD53,5 juta

3. Dr. Dre -- USD41 juta

4. Drake -- 38,5 juta

5. Wiz Khalifa -- USD24 juta

6. Nicki Minaj -- USD20,5 juta

7. Pitbull -- USD20, juta

8. Pharrell Williams -- USD19,5 juta

9. Kendrick Lamar -- USD18,5 juta

10. Birdman -- USD18 juta

11. Kanye West -- USD17,5 juta

12. DJ Khaled -- USD15 juta

13. A$AP Rocky -- USD14,5 juta

14. J. Cole -- USD14 juta

14. Macklemore & Ryan Lewis -- USD14 juta

14. Lil Wayne -- USD14 juta

17. Snoop Dogg -- USD12,5 juta

18. Eminem -- USD11 juta

19. Swizz Beatz -- USD10,5 juta

20. Rick Ross dan Ludacris -- USD10 juta

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR