FILM INDONESIA

Rachel Amanda menuju Awan di NKCTHI

Rachel Amanda (kanan) dan Angga Dwimas Sasongko berbicara dalam konferensi pers film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) di Visinema, Jakarta, Rabu (7/8/2019).
Rachel Amanda (kanan) dan Angga Dwimas Sasongko berbicara dalam konferensi pers film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) di Visinema, Jakarta, Rabu (7/8/2019). | Bella Viona /Beritagar.id

Rachel Amanda tengah terbang ke langit perfilman Indonesia. Sukses dengan Dua Garis Biru (2019) yang telah ditonton lebih dari dua juta orang, kini ia dipilih menjadi pemeran utama dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Nama tokoh yang akan diperankannya adalah Awan.

NKCTHI adalah ekranisasi karya tulis nan populer karya Marchella F.P. dan Rachel menyatakan, ia adalah penggemar novel tersebut. Oleh karena itu, ketika sutradara Angga Dwimas Sasongko dari rumah produksi Visinema memilihnya sebagai sang tokoh utama, Rachel gembira dan langsung menerima.

“Aku sudah tahu bahwa buku ini akan difilmkan. Ketika ditawari untuk menjadi pemain, aku sempat terkejut dan nggak nyangka," tutur artis kelahiran 1 Januari 1995 itu saat ditemui dalam konferensi pers di kantor Visinema, Cilandak Timur, Rabu (7/8/2019).

NKCTHI akan menjadi film ke-11 yang ikut dibintangi Rachel sejak masuk dunia layar lebar pada 2006. Tahun ini, selain Dua Garis Biru, ia juga tampil dalam film Terlalu Tampan dan Say I Love You.

Dalam bukunya, sosok Awan digambarkan sebagai perempuan berusia 27 tahun yang takut lupa rasanya menjadi muda. Dia lalu mengirim surat ke masa depan berisi pelajaran dari segala yang telah dihadapi sepanjang hidupnya, untuk jadi pelajaran bagi anaknya kelak.

Rachel mengaku sudah membaca skenario yang ditulis Jenny Jusuf, tetapi ia menolak untuk mengungkapkan seperti apa Awan yang akan hadir di film nanti.

"Jujur aku nggak bisa gambarin secara jelas bentuk Awan, walau di bukunya sudah ada pengenalannya. Tapi setelah reading dengan Mas Angga, aku jadi tahu sosok Awan yang diinginkan seperti apa," kata Rachel.

"Makanya, tunggu saja dan tonton filmnya," lanjutnya sembari tertawa.

Sementara Marchella sang penulis buku, yang menurut situs Gramedia telah laris lebih dari 5 juta kopi itu, menyatakan bahwa Rachel adalah artis yang paling pas untuk memerankan tokoh Awan.

"Gimana ya, sebenernya aku membayangkan sosok Awan itu yang seperti Rachel, perempuan banget gitu deh,” jelas Marchella saat ditemui Beritagar.id.

Menurut perempuan yang akrab disapa Cecel itu, selama menulis ia kerap kali membayangkan sosok Awan, tanpa tahu bagaimana gambaran pastinya. Ketika berbincang dengan Angga, mereka memiliki pemikiran yang sama untuk memilih Rachel.

"Di pikiran saya ada dua orang yang cocok memerankan Awan. Mas Angga waktu itu menyebutkan nama Rachel dan saya langsung ya! Kita sudah satu frekuensi,” tuturnya dengan bersemangat.

Visinema akan mulai memproduksi NKCTHI pada September 2019, didukung oleh IDN Media dan Blibli.com. Angga juga akan berkolaborasi dengan produser Hollywood, Michael Y. Chow, dari XRM Media. Rencananya film itu bakal tayang pada 2020.

Pada konferensi pers hari itu diumumkan juga aktor dan aktris lain yang akan bermain dalam film tersebut, yaitu Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara, Susan Bachtiar, Chicco Jerikho, Putri Marino, Oka Antara, Arditho Pramono, Umay Shahab, Muhammad Adhiyat, Sinyo, dan Agla Artalidia.

Namun peran mereka masing-masing masih dirahasiakan. Angga, yang juga CEO Visinema, hanya mengumumkan Rachel sebagai Awan.

Ia menyatakan semua artis yang bermain dalam film tersebut dipilih tanpa melalui casting. Angga menetapkan siapa berperan sebagai apa setelah berdiskusi dengan Cecel dan Anggia Kharisma, produser yang juga istri sang sutradara, selama seminggu di Bali.

"Jika ada yang bertanya, apakah kita tidak adakan casting, sebenarnya kita bukan open casting tapi lebih memikirkan, kira-kira tokoh yang cocok untuk karakter ini yang seperti apa, jadi yang penting koneksi antar pemerannya," papar sutradara berusia 34 tahun itu.

Meski enggan menyebutkan secara detail alur cerita dan karakter para pemeran film bergenre keluarga ini, Angga berharap banyak orang yang akan merasakan kedekatan NKCTHI dengan kehidupan sehari-hari mereka.

"Saat orang melihat film ini bukan tentang bukunya, tapi seolah membuat mereka mengatakan bahwa sebagian dari aku ada di film ini," pungkas Angga Dwimas Sasongko.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR