BOX OFFICE

Ralph masih menguasai tangga film terlaris

Sebuah adegan dalam Ralph Breaks the Internet menampilkan tokoh Shank yang diisi suara aktris Gal Gadot
Sebuah adegan dalam Ralph Breaks the Internet menampilkan tokoh Shank yang diisi suara aktris Gal Gadot | Disney

Tak ada film unggulan baru membuat hasil box office Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan lalu (periode 30 November - 2 Desember) seperti mengulangi periode pekan sebelumnya.

Meski pendapatannya menurun cukup tajam hingga 54,2 persen, Ralph Breaks the Internet masih merajai daftar film terlaris dengan perolehan $25,7 juta AS (Rp367,6 miliar). Secara total, film animasi bikinan Disney ini sudah memperoleh $207 juta dari seluruh dunia.

The Grinch yang pekan lalu ada di posisi ketiga naik ke peringkat dua, bertukar tempat dengan Creed II. The Grinch juga menjadi film dengan penurunan terkecil di antara seluruh film dalam enam besar -- hanya sekitar 41,7 persen.

Seperti Ralph Breaks the Internet; The Grinch merupakan film animasi 3D yang dikategorikan untuk ditonton bersama keluarga. Apalagi suasana di AS sudah menjelang liburan Natal.

Kebetulan The Grinch mengusung tema Natal, sehingga tak mengherankan jika posisinya bakal tetap kuat hingga hari raya umat Kristiani itu.

Adapun peringkat keempat hingga keenam masih diduduki film-film yang sama dengan pekan sebelumnya.

Di antara seluruh film dalam 10 besar, penurunan paling tajam dialami Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald yang mencapai 61,9 persen. Ini merupakan pengulangan dari periode sebelumnya ketika film dari waralaba Harry Potter ini juga menjadi "juara" penurunan paling banyak.

Ulasan buruk menjadi salah satu alasan mandeknya performa The Crimes of Grindelwald di tangga film terlaris. Kini, film garapan sutradara David Yates itu baru mengumpulkan $134,3 juta.

Padahal, film pertamanya yakni Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) mampu meraup $183 juta dalam tiga pekan perdana. Alhasil dengan ongkos produksi mencapai $200 juta, The Crimes of Grindelwald pun terancam merugi.

Untungnya film yang dibintangi Eddie Redmayne, Jude Law, dan Johnny Depp ini dibantu pendapatan dari luar AS yang mencapai $385,3 juta -- hampir tiga kali lipat total perolehannya dari negeri Paman Sam.

Tiongkok menjadi penyumbang terbesar dengan angka $52 juta, disusul Inggris ($28,2 juta), Jerman ($23,2 juta), dan Prancis ($19,8 juta). Di Indonesia, The Crimes of Grindelwald mampu meraup $6,6 juta (Rp94,4 miliar).

Posisi ketujuh digenggam erat oleh debutan berjudul The Possession of Hannah Grace. Dari judulnya tertebak bahwa film garapan Diederik van Rooijen ini adalah genre horor dengan tema kerasukan setan.

Bintang-bintangnya relatif tidak dikenal seperti Shay Mitchell, Grey Damon, dan Kirby Johnson. Dua nama pertama lebih banyak berakting untuk serial televisi.

Seorang perempuan muda bernama Hannah Grace (Kirby Johnson) tewas saat setan dalam dirinya sedang diusir. Beberapa bulan kemudian, Megan Reed (Shay Mitchell) harus mengantar jenazah ke sebuah kuburan. Saat ia terkunci sendirian di koridor bawah tanah, Megan menyadari bahwa mayat tersebut dikuasai oleh iblis nan kejam.

Inilah pendapatan 10 besar film terlaris di Amerika Serikat pada periode 30 November hingga 2 Desember, data diambil dari Box Office Mojo.

1. Ralph Breaks the Internet - $25,76 juta AS (total $119,29 juta - pekan 2).

2. The Grinch - $17,73 juta ( $203,5 juta - pekan 4).

3. Creed II - $16,83 juta ($81,17 juta - pekan 2).

4. Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald - $11,2 juta ($134,34 juta - pekan 3).

5. Bohemian Rhapsody - $8,1 juta ($164,42 juta - pekan 5).

6. Instant Family - $7,15 juta ($45,93 juta - pekan 3).

7. The Possession of Hannah Grace - $6,5 juta (pekan perdana).

8. Robin Hood - $4,7 juta ($21,73 juta - pekan 2).

9. Widows - $4,4 juta ($33,06 juta - pekan 3).

10. Green Book - $3,9 juta ($14,01 juta - pekan 3).

BACA JUGA