FILM INDONESIA

Rano Karno siapkan dua sekuel Si Doel the Movie

Penampilan Rano Karno (kiri) dan Mandra dalam film Si Doel the Movie
Penampilan Rano Karno (kiri) dan Mandra dalam film Si Doel the Movie | Falcon Pictures, Karnos Films

Film Si Doel the Movie sukses besar saat ditayangkan pada Agustus 2018. Jumlah penontonnya mencapai 1.757.653 orang, membuatnya menduduki peringkat keempat film terlaris tahun ini.

Kesuksesan itu membuat Rano Karno yang bertindak sebagai pemeran Doel sekaligus sutradara sudah merencanakan dua sekuel untuk Si Doel the Movie.

Dua film lanjutan akan menjawab konflik yang belum selesai sejak sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1994-2006), yaitu siapa yang akan dipilih Doel sebagai pelabuhan cintanya; Sarah atau Zaenab.

"Sudah jadi skenario Si Doel 2. Kan orang menunggu siapa sih yang datang, siapa yang ketemu terus siapa sih yang dipilih. Gua saja yang nulis pusing," ujar Rano kepada Kapanlagi.com (2/12//2018).

“Jawabannya bukan di (film ke) 2, entar itu ada di (film ke) 3," lanjut lelaki berusia 58 ini.

Film pertama menceritakan Doel (Rano Karno) yang berumah tangga dengan Zaenab (Maudy Koesnaedi), karena sudah ditinggal pergi oleh Sarah (Cornelia Agatha) selama 14 tahun tanpa alasan jelas.

Tiba-tiba, Sarah meminta Doel ke Amsterdam, Belanda, untuk bertemu anak mereka, Dul (Rey Bong). Doel pun kembali berada dalam posisi sulit.

Nantinya, film kedua masih berlokasi di Belanda. “Yang ketiga saya terbuka saja, saya ke Korea sama Jepang. Saya masih mencari lokasi," ujar Rano.

Tentu saja Jakarta juga masih jadi lokasi syuting kisah berlatar Betawi ini. Syuting akan dimulai pada 5 Desember 2018. Rano dan para kru akan mengambil adegan yang melibatkan aktris senior Aminah Cendrakasih (pemeran Mak Nyak; ibunya Doel) di sebuah studio.

Studio tersebut akan disulap menyerupai kamar Mak Nyak dari sinetronnya. Ini demi mempermudah Aminah, yang kini sudah berusia 80 dan terbaring lemah karena penyakit glaukoma.

"Ini kan musim hujan. Biar enak prosesnya. Kondisi Mak Nyak juga tidak mengkhawatirkan, hanya bengkak. Nanti kami akan bawa ambulans dan perawat untuk safety," jelas Rano kepada Kompas.com (3/12).

Meski disyuting pada hari pertama, adegan yang melibatkan Aminah akan menjadi adegan pamungkas dalam film kedua.

Dalam film pertama, Aminah juga muncul. Saat itu Rano menampilkan Mak Nyak sedang sakit, sama dengan kondisi Aminah yang asli. "Walau sudah hampir tujuh tahun buta dan lumpuh, semangat Mak Nyak alhamdulillah tinggi sekali," ungkap Rano kala syuting Si Doel the Movie pada Maret lalu.

Selain Aminah Cendrakasih, pemain lainnya seperti Mandra, Suti Karno, dan Adam Jagwani juga akan kembali. Rano juga menyatakan bahwa tokoh Munaroh, mantan kekasih Mandra dari sinetron, akan muncul.

"Yang kedua (kisah Mandra) konfliknya gila sih," jelas Rano pada Suara.com (2/12). "Itu (asmara Mandra) itu belum ada jawaban. Jawabannya nanti ada di (film) yang ketiga."

Namun, mantan Gubernur Banten ini tak menyebut apakah Munaroh masih diperankan oleh Maryati Tohir, pemeran Munaroh dalam sinetron.

DVD laris manis

Zaman sekarang, penjualan DVD (digital video disc/cakram video digital) semakin tergerus oleh maraknya pengaliran video, baik legal maupun ilegal. Namun, DVD Si Doel the Movie justru masih laris.

“Yang saya tahu, secara real dan jujur, saya katakan film-film Indonesia yang dibuat format DVD kan boleh dikatakan tidak berjalan, saya surprise, jujur,” ujar Rano dilansir dari WowKeren.com (30/11).

DVD tersebut dijual melalui gerai-gerai makanan cepat saji KFC seantero Indonesia. “KFC order pertama 120 ribu, kemudian dalam waktu 3 hari repeat order 60 ribu, kaget saya. Berarti sudah 180 ribu,” jelas Rano.

Permintaan besar juga datang dari luar negeri, tepatnya Arab Saudi. Rano menyatakan, sejak zaman sinetron, permintaan dari negeri tersebut sebenarnya banyak sekali. Sayangnya ia tak bisa memenuhi permintaan tersebut.

“Nah, sekarang dengan ini banyak permintaan yang 'Bang gimana caranya kita bisa beli?' Yah, saya minta maaf kalau di Saudi kan KFC ada, tapi kan itu bukan KFC Indonesia,” tutup Rano.

BACA JUGA