FESTIVAL MUSIK

Rasa Asia dalam Coachella 2019

Para anggota Blackpink sesaat sebelum tampil di Sentul International Convention Center, Bogor, pada Senin (19/11/2018). Dari kiri ke kanan: Lisa, Jennie, Jisoo, dan Rose.
Para anggota Blackpink sesaat sebelum tampil di Sentul International Convention Center, Bogor, pada Senin (19/11/2018). Dari kiri ke kanan: Lisa, Jennie, Jisoo, dan Rose. | Indra Rosalia /Beritagar.id

Blackpink bakal mencatat sejarah. Kelompok vokal wanita asal Korea Selatan ini akan menjadi girlband Korean Pop (K-Pop) pertama yang tampil dalam festival Coachella 2019.

Namun, Blackpink bukan satu-satunya kelompok musik Asia yang tampil dalam festival berlokasi di Indio, California, Amerika Serikat pada 12-21 April itu. Ada tiga band lain yaitu Hyukoh, Jambinai, dan Perfume.

Seperti Blackpink, Perfume juga mencatat sejarah sebagai kelompok vokal wanita Jepang (Japanese Pop alias J-Pop) pertama yang tampil di Coachella.

Perfume merupakan girlband J-Pop yang sudah terbentuk sejak 2000. Kelompok ini beranggotakan tiga orang yaitu A-chan (nama asli Ayaka Nishiwaki, usia 30), Kashiyuka (Yuka Kashino, 29), dan Nocchi (Ayano Omoto, 30). Mereka menggabungkan musik elektro, konsep futuristis dalam setiap performanya.

Di Jepang, Perfume punya prestasi luar biasa sebagai girlband dengan berbagai album Platinum. Mereka pernah memecahkan rekor di Negeri Sakura sebagai artis yang lima albumnya secara berturut-turut jadi nomor satu lewat LEVEL3.

Pada 2012, Perfume dikontrak oleh Universal Music dan memulai karier internasional. Mereka sudah menjalankan tur seantero Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. Coachella 2019 nanti bukanlah festival Amerika Serikat pertama yang mereka hampiri. Perfume pernah tampil di Austin, Texas dalam festival SXSW 2015.

Girlband J-Pop Perfume beranggotakan tiga orang, dari kiri ke kanan: Kashiyuka, A-chan, dan Nocchi.
Girlband J-Pop Perfume beranggotakan tiga orang, dari kiri ke kanan: Kashiyuka, A-chan, dan Nocchi. | Perfure-web.jp

Sementara, Hyukoh dan Jambinai punya satu kesamaan; band rock asal Korea Selatan. Mereka tak membawa genre K-Pop yang terlanjur menempel dengan musisi Korea pada umumnya.

Di tengah dominasi kelompok K-Pop seperti Girls Generation dan Bigbang, Hyukoh mampu menunjukkan taringnya dengan menjadi yang teratas di tangga lagu Korea Selatan. Band ini membawa genre rock kontemporer dengan mengandalkan vokalis mereka, Oh Hyuk.

Dibanding Hyukoh, Jambinai lebih bernuansa etnik. Band yang terbentuk sejak 2009 ini mengkombinasikan musik rock dengan instrumen tradisional Korea seperti haegeum, piri, dan geomongo.

Penampilan empat musisi Asia di Coachella 2019 jadi penting karena festival tahunan itu bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling besar dan ramai di AS. Mengambil tempat di Indio, California, Coachella diadakan sejak 1999. Selama beberapa tahun berturut-turut, Billboard selalu menganugerahkan Coachella sebagai Top Festival.

Pada 2017, jumlah pengunjung Coachella mencapai 250 ribu orang, menghasilkan uang senilai $114,6 juta (Rp1,62 triliun). Saat itu tiga penampil utamanya adalah Radiohead, Lady Gaga, dan Kendrick Lamar.

Tahun ini, Blackpink dan band Asia lain akan satu festival dengan Childish Gambino, Tame Impala, dan Ariana Grande. Selain tiga penampil utama itu, masih ada artis lain dari berbagai genre seperti Janelle Monae, The 1975, Solange, Kid Cudi, Khalid, DJ Snake, Diplo, Wiz Khalifa, Jaden Smith, Gucci Gang, H.E.R, dan Zedd.

Keberhasilan Blackpink, Perfume, Hyukoh, dan Jambinai menembus Coachella adalah imbas dari fenomena musik Asia yang kian merasuki industri musik Amerika Serikat. Khususnya musik K-Pop.

Pada Oktober 2018, Blackpink berkolaborasi dengan solis Dua Lipa dalam lagu “Kiss and Make Up”. Selang beberapa pekan, solis CL alias Lee Chae-rin (27) berkolaborasi dengan Black Eyed Peas dalam lagu “Dopeness”.

Beberapa bulan sebelumnya, kelompok vokal lelaki BTS mencetak prestasi di AS. Album terbaru mereka yang bertajuk Love Yourself: Tear menjadi nomor satu di tangga lagu Billboard 200 AS periode 18-24 Mei 2018

Bakal tampil di Indonesia

Untuk para Blink (sebutan untuk penggemar Blackpink) yang tak bisa menikmati pujaannya di Coachella, tak usah khawatir. Band ini bakal tampil di Indonesia Convention Exhibition (ICE), kawasan BSD, Tangerang, Banten, pada 20 Januari.

Konser tersebut adalah bagian dari 2019 World Tour (In Your Area). Selain Jakarta, beberapa kota di negara tetangga juga kebagian, seperti Bangkok (12-13 Januari), Hongkong (26 Januari), Manila (2 Februari), Singapura (15 Februari), Kuala Lumpur (23 Februari), dan Taipei (3 Maret).

Sebelumnya, Blackpink juga sempat tampil singkat di Sentul International Convention Center, Bogor, pada 19 November 2018.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR