PIALA OSCAR

Rating Piala Oscar 2016 di televisi dan media sosial

Academy Awards ke-88 alias Piala Oscar 2016 tidak cukup menggembirakan dari perolehan rating televisi
Academy Awards ke-88 alias Piala Oscar 2016 tidak cukup menggembirakan dari perolehan rating televisi | Valerie Durant/AMPAS

Siaran langsung penyelenggaraan Academy Awards ke-88 alias Piala Oscar yang berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (28/2/2016), ternyata tak semeriah dugaan. Chris Rock sebagai pemandu yang membuka acara dengan monolog berupa sindiran terhadap para pemboikot tak terlalu menarik perhatian pemirsa.

Dilansir USA Today, Senin (29/2/2016), ajang berdurasi 3,5 jam itu saat disiarkan stasiun televisi ABC "hanya" ditonton 34,3 juta orang.

Angka tersebut menurun dari rating penyelenggaraan sebelumnya. Saat dipandu komedian Neil Patrick Harris, acara ini masih sanggup mencuri perhatian 36,6 juta pemirsa. Itu pun masih menurun dibanding saat Ellen DeGeneres dipercaya sebagai master of ceremony pada ajang Piala Oscar tahun 2014 yang mencetak angka 43 juta pemirsa.

Terakhir kali penyelenggaraan Piala Oscar mendapat rating rendah adalah saat Jon Stewart memandu Oscar 2008. Ajang yang memilih No Country for Old Men sebaga film terbaik itu ditonton oleh 32 juta pemirsa.

Menimpakan kapasitas Rock yang tidak mampu menjadi magnet pemirsa tak sepenuhnya adil. Beberapa acara penghargaan besar di AS yang berlangsung tahun ini juga mengalami penurunan rating dibanding sebelumnya.

Grammy Awards 2016 yang berlangsung di Staples Center (15/2) juga menurun jumlah pemirsanya dari 25,3 juta pada tahun sebelumnya menjadi 24,95 juta. Itu adalah jumlah pemirsa Grammy paling rendah setelah penyelenggaraan pada 2009 yang ditonton oleh 19,1 juta pemirsa.

Alasan kedua adalah popularitas para nomine film terbaik yang tak terlalu bersinar. Hal tersebut dapat dilihat dari pendapatannya di bioskop. Spotlight yang terpilih sebagai film terbaik mendapatkan USD39 juta, Brooklyn USD22,7 juta, atau Room USD5,2 juta.

Bandingkan dengan Titanic misalnya yang terpilih sebagai pemenang kategori film terbaik Piala Oscar tahun 1998 (23/3) yang mendapatkan USD414 juta sejak tayang perdana pada 19 Desember 1997 hingga 22 Maret 1998. Rating Piala Oscar 1998 akhirnya kena imbas karena mencatat 55 juta penonton.

Cinemablend sejak awal sudah menduga bahwa pemirsa Piala Oscar tahun ini akan menurun. Selain faktor figur pemandu acara dan basis penggemar para nomine film terbaik yang tidak terlalu banyak, boikot terhadap penyelenggaraan Piala Oscar yang terlalu putih juga memberi dampak signifikan.

Leonardo DiCaprio juga berjaya di media sosial

Leonardo DiCaprio menciptakan rekor baru di Twitter
Leonardo DiCaprio menciptakan rekor baru di Twitter | Matt Petit/AMPAS

Kesuksesan Leonardo Dicaprio meraih trofi Oscar membuatnya menanjak di media sosial. Pasalnya, nama aktor blasteran AS-Jerman ini selalu gagal dalam lima pencalonan sebelumnya.

Data Twitter menunjukkan bahwa saat nama DiCaprio diumumkan menjadi aktor utama terbaik, terkirim sebanyak 440 ribu kicauan per menit di linimasa. Itu adalah rekor tertinggi sejauh ini. Rekor sebelumnya adalah 255 ribu kicauan per menit milik Ellen DeGeneres saat mengunggah hasil swafoto bersama para aktor papan atas Hollywood pada Piala Oscar 2014.

Kepada reporter US Weekly di belakang panggung Dolby Theatre, pria berusia 41 itu mengucapkan terima kasih atas dukungan para penggemar yang tak henti datang. "Saya mendapat dukungan dari begitu banyak penggemar dan orang-orang yang bekerja di industri ini. Terus terang semua itu terasa cukup mengejutkan. Tidak ada yang bisa saya katakan kecuali terima kasih," ujar sahabat aktris Kate Winslet ini.

DiCaprio juga mendulang sukses di ranah Facebook. Entertainment Weekly dalam lamannya menulis bahwa 24 juta akun menciptakan 67 juta interaksi melalui dinding situs milik Mark Zuckerberg itu.

Ada lima momen yang menyita paling banyak perhatian, yaitu saat DiCaprio diumumkan sebagai pemenang, Spotlight menang film terbaik, Lady Gaga tampil menyanyikan lagu "Til It Happens to You", Alejandro Gonzalez Inarritu jadi sutradara terbaik untuk kedua kalinya secara beruntun, dan terpilihnya Mark Rylance sebagai "Best Supporting Actor" menyisihkan Sylvester Stallone yang sebelumnya lebih diunggulkan.

Ucapan terima kasih yang ditulis Leo melalui akun Facebook resminya setelah menerima trofi juga menuai 1,6 juta tanda suka. Hingga Selasa (1/3), komentar tersebut telah menjadi 1,9 juta likes.

Situs berbagi foto Instagram juga telah merilis data perihal lalu lintas interaksi yang tercipta selama Piala Oscar berlangsung. Sebanyak 19 juta akun yang mengunggah foto maupun cuplikan video tentang Oscar menghasilkan 64 juta interaksi.

Foto paling banyak menuai tanda suka adalah milik penyanyi Lady Gaga. Total 500 ribu akun mengklik ikon hati pada unggahan foto Gaga saat mencium mesra bibir tunangannya, Taylor Kinney. Gaga menghadiri Piala Oscar sebagai salah satu penyanyi yang tampil dan nomine di kategori lagu tema film terbaik.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR