FILM INDONESIA

Relasi film Orang Kaya Baru dengan para pemainnya

Para pemain, sutradara, dan produser film Orang Kaya Baru dalam konferensi pers yang berlangsung di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (21/1/2019)
Para pemain, sutradara, dan produser film Orang Kaya Baru dalam konferensi pers yang berlangsung di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (21/1/2019) | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Film drama komedi Orang Kaya Baru (OKB) yang tayang mulai 24 Januari 2019 ternyata memiliki kesamaan dengan beberapa pemainnya.

“Dibandingkan semua karakter yang pernah aku mainkan dalam film-film sebelumnya, karakter Tika yang paling mirip dengan aku di dunia nyata,” ujar Raline Shah (33) saat menghadiri pemutaran perdana film OKB untuk kalangan wartawan di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (21/1/2019).

Sifat Tika yang lumayan tomboi, spontan, dan apa adanya juga melekat pada Raline. Tidak banyak yang mengetahui itu kecuali kawan terdekat. “Makanya aku tinggal menjadi diri sendiri aja dalam film ini,” tambah Raline.

Dalam dunia nyata, Raline juga memiliki dua saudara cowok yang salah satunya ia sebut sangat “nyeni” laiknya tokoh Duta yang diperankan Derby Romero.

Pun demikian, finalis Puteri Indonesia 2008 tetap harus melakukan observasi untuk lebih mendalami perannya sebagai mahasiswi yang berasal dari keluarga pas-pasan. Misalnya dengan naik bus angkutan umum dan makan di warung pinggir jalan.

Dituturkan Ody C. Harahap, sutradara film OKB, awalnya ada nama lain yang diincar untuk memerankan Tika. Belum sampai pada taraf pembicaraan lanjutan karena jadwal sang bintang sudah tidak memungkinkannya bergabung dalam proyek ini.

Alasannya karena jadwal syuting film produksi Screenplay dan Legacy Pictures ini terpaksa ditunda demi mematangkan skrip.

Rencana semula, film syuting mulai Januari 2018. Akhirnya baru bisa dilakukan bertepatan saat Ramadan (Mei-Juni 2018)

Ketika segala persiapan telah matang, termasuk skenario, nama Raline mengapung sebagai pilihan utama. “Setelah kami kirimkan naskahnya, ternyata dia suka dan bersedia bergabung,” tambah Ocay.

Bukan hanya Raline yang bisa menarik hubungan antara Tika dengan dirinya dalam kehidupan nyata, Derby Romero yang berlakon sebagai Duta juga bisa melakukannya.

“Film ini related banget sama gue karena kebetulan gue juga anak tertua sama seperti Duta. Makanya pas main film ini gue bisa merasakan apa yang Duta rasakan,” ujar Derby (28).

Refal Hady, pemeran Banyu, bahkan sejak awal mengaku sudah terenyuh ketika membaca skenario film yang ditulis Joko Anwar ini.

Diakui Refal, keluarga Tika yang digambarkan sering meluangkan waktu makan malam bersama juga telah menjadi kebiasaan dalam keluarganya. “Makanya gue sempat menangis pas baca naskahnya,” lanjut Refal.

Joko mengaku bahwa inspirasi menulis naskah film OKB yang bergenre drama komedi berasal dari kisah hidupnya semasa kecil.

Walaupun hadir dengan balutan komedi situasi, film ini sesungguhnya mengandung banyak nilai positif, salah satunya tentang arti penting keluarga dan sahabat. “Juga bahwa harga diri itu enggak selalu bisa dibayar dengan uang,” pungkas Refal.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR