INDUSTRI HIBURAN

Rerata tiket bioskop di Ubud termahal, Batam termurah

Harga tiket bioskop bervariasi tergantung kebijakan pengusaha bioskop dan pajak di tiap kota
Harga tiket bioskop bervariasi tergantung kebijakan pengusaha bioskop dan pajak di tiap kota | Sandy Nurdiansyah /Beritagar.id

Lembaga riset yang mengumpulkan data dari pembacanya di seluruh dunia, Numbeo, mencatat harga tiket bioskop untuk film rilisan internasional di Indonesia berkisar Rp50.000. Angka tersebut, termasuk dalam 10 harga tiket termahal di Tanah Air.

Rata-rata harga tiket bioskop termurah, berkisar Rp37.500 hingga Rp45.000, berlaku masing-masing di Batam dan Pontianak. Sedangkan harga termahal ada di Medan hingga Ubud, masing-masing seharga Rp50.000 hingga 75.000.

Harga yang terpampang pada infografik adalah harga rata-rata per 2018. Di satu kota tertentu, harga bisa bervariasi. Misalnya di Jakarta, harga tiket bisa berkisar Rp45.000 hingga Rp60.000, bahkan lebih untuk bioskop tertentu yang menawarkan kemewahan.

Pajak yang berbeda di tiap daerah--berkisar 10 hingga 25 persen--turut berperan dalam menentukan harga tiket. Nilai pajak yang tinggi, menuntut perusahaan membebani konsumen dengan harga tiket menonton yang mahal.

Pihak pengelola jejaring bioskop CGV Cinemas pernah mengungkap pada 2018, pajak di wilayah Tegal, dan Sidoarjo bisa mencapai 25 persen; Bangka dan Balikpapan 20 persen; sementara di Jakarta dan Surabaya hanya sekitar 10 persen.

Meski begitu, bila dibandingkan dengan kota-kota di dunia, harga rata-rata tiket bioskop di Indonesia termasuk yang paling murah. Demikian hasil riset Deutsche Bank yang dirilis Business Insider, di antara 50 kota di dunia.

Laporan riset bertajuk “Mapping the world’s prices” bertahun 2018 itu mencatat, harga tiket bioskop di Jakarta sekitar $3,6 AS, atau berkisar Rp51.000 dengan kurs hari ini (24/1/2019). Angka yang tak jauh berbeda dengan temuan Numbeo.

Harga termahal, menurut riset tersebut, berlaku di Kota Zurich, Swiss, mencapai rata-rata Rp270 ribu per tiket. Adapun harga tiket di Jakarta dalam riset tersebut, sedikit lebih murah dari harga tiket di Kuala Lumpur, Malaysia--Rp53 ribu per tiket.

Catatan redaksi: Sejak 2004 bioskop tak beroperasi di Banda Aceh. Data Numbeo dimungkinkan muncul karena berasal dari masa sebelum non-aktifnya bioskop. Keterangan telah ditambahkan pada infografik.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR