FILM INDONESIA

Reza Rahadian kembali produktif pada 2019

Penampilan aktor Reza Rahadian dalam film Abracadabra
Penampilan aktor Reza Rahadian dalam film Abracadabra | Fourcolours Films

Reza Rahadian termasuk aktor yang produktif. Saking produktifnya, kalimat, "Reza lagi...Reza lagi" kerap terdengar diucapkan para penonton film di Indonesia. Bahkan sang aktor mengakui itu.

Tahun lalu, setelah membintangi enam film pada 2017, ia memutuskan untuk lebih banyak beristirahat. Hanya ada dua film yang memajangnya tayang di bioskop--Benyamin Biang Kerok dan The Gift. Film yang disebut terakhir malah sebenarnya sudah selesai syuting sejak 2017.

"Saya sudah enggak mau lagi di kuping saya dengar ‘Reza Rahadian lagi, Reza Rahadian lagi’," ujar Reza menjelaskan alasannya tak mengambil banyak proyek tahun lalu, dikutip Viva (8/1/2019).

Tahun ini, setelah puas beristirahat, Reza kembali sibuk syuting. Ia terlibat dalam empat proyek film.

Dua film aktor kelahiran Bogor itu sudah dipastikan akan tayang tahun ini. Judul pertama adalah My Stupid Boss 2, sementara film kedua bertitel Abracadabra. Ia juga sedang menjalani syuting Twivortaire dan akan tampil dalam film Ainun, tapi waktu rilis keduanya belum diketahui.

Kepastian Abracadabra tayang tahun ini muncul dari Ifa Isfansyah, yang bertindak sebagai produser.

"Sebenarnya bisa dibilang, pekan depan atau pekan depannya sudah selesai," ujar Ifa pada Medcom.id, Minggu (10/3/2019). "Namun memang kami sedang berpikir untuk proses distribusinya. Filmnya sudah hampir selesai.”

Untuk membintangi film ini, Reza sampai mengubah gaya rambutnya menjadi pirang. “Ini karya kolaboratif dan memang look-nya agak berbeda. Bukan tiba-tiba saya ingin gaya-gayaan. Ini cuma sebagai bagian dari tokoh yang saya perankan," ujar Reza kepada Kompas.com (26/7/2018).

Bagi Reza, mengubah gaya rambut, postur tubuh, gaya bicara, dan apapun itu semua ia lakukan hanya untuk kepentingan peran.

"Besok karakter saya harus botak, ya saya botakin. Besok sutradara bilang rambutnya hitamin, saya itemin lagi. Kan gampang, tinggal dicat aja. Jadi, enggak masalah. Saya rasa semua aktor punya totalitasnya sendiri-sendiri, bukan cuma saya," tuturnya.

Abracadabra, yang digarap sutradara Faozan Rizal, berkisah mengenai seorang pesulap (Reza) yang kalang kabut setelah melakukan trik kotak ajaib. Muasalnya, ia mengundang seorang pengunjung untuk masuk ke kotak dan menghilangkannya. Seorang anak mengajukan diri. Tak dinyana, si anak benar-benar hilang.

Si pesulap kabur ke kota lain. Tiba-tiba dari kotak ajaib itu muncul seorang wanita misterius. Si pesulap pun bingung tak kepalang dan segala keajaiban yang berkaitan dengan hidupnya mulai muncul.

Jika jadwal tayang Abracadabra belum pasti, My Stupid Boss 2 punya jadwal yang lebih jelas yaitu 28 Maret. Film ini merupakan sekuel My Stupid Boss (2016), film terlaris ketiga tahun 2016 dengan total 3 juta penonton.

Sebagian syuting dilakukan di Vietnam. “Kita syuting di kawasan Vietnam Selatan, yang jarak tempuhnya melalui jalan darat selama 12 jam perjalanan. Dan di sini cuacanya sangat panas sekali, ini yang menjadi tantangan berat buat saya saat menjalani syuting My Stupid Boss 2,” tutur Reza kepada Fimela (9/11/2018).

Wajar jika Reza kepanasan. Kembali memerankan Bossman, aktor berusia 32 ini tampil menyebalkan dengan dandanan rambut tipis dan kumis panjang. Itu untuk menggambarkan sosok boss yang sangat egois dan kerap menjadi biang kerok di sebuah perusahaan.

Karena totalitas itu, film pertama membuahkan Piala Citra bagi Reza sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik.

Dalam My Stupid Boss 2, Bossman berniat mencari karyawan baru di Vietnam. Ia berangkat dengan Diana (Bunga Citra Lestari), Mr Kho (Chew Kin Wah), dan Adrian (Iedil Putra). Alih-alih dapat karyawan baru, mereka jadi bermasalah di negeri orang karena Bossman melanggar kesepakatan gaji.

Film ini juga dibintangi Atikah Suhaime, Alex Abad, Melisa Karim, Morgan Oey, dan Verdy Sulaiman.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR