Reza Rahadian selangkah lagi samai Deddy Mizwar

Reza Rahadian dengan Piala Citra keempat yang telah diraihnya sepanjang penyelenggaraan FFI.
Reza Rahadian dengan Piala Citra keempat yang telah diraihnya sepanjang penyelenggaraan FFI. | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Ada begitu banyak aktor yang telah merebut Piala Citra dalam acara Festival Film Indonesia (FFI). Jika merujuk pada jumlah koleksi piala terbanyak, maka jawabannya adalah Deddy Mizwar (61) yang telah mengantongi lima piala tersebut.

Namun, selangkah lagi Reza Rahadian (29) bisa menyejajarkan diri dengan seniornya itu.

Langkah Reza mendekati rekor Nagabonar (nama tokoh ikonis yang diperankan Deddy) terjadi saat malam puncak penganugerahan FFI ke-38 berlangsung di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2016).

Dalam acara yang dipandu Pandji Pragiwaksono dan Ernest Prakasa itu, Reza dinobatkan sebagai pemenang dalam kategori pemeran utama pria terbaik.

Totalitas aktingnya dalam film komedi My Stupid Boss membuat para juri sepakat memilihnya sebagai aktor terbaik.

Sungguhpun mengungguli para aktor lain seperti Tyo Pakusadewo (dalam film Surat dari Praha), Abimana Aryasatya (Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1), dan Vino G. Bastian (Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1), Reza menganggap bahwa mereka semua adalah pemenang.

Saat namanya diumumkan sebagai peraih Piala Citra, Reza mengajak Tyo, Vino, dan Abi (berhalangan hadir) untuk naik ke atas panggung.

"Penghargaan ini buat Vino, Abimana, dan Om Tyo juga. Mereka semua adalah yang terbaik. Terima kasih juga buat Falcon Pictures dan sutradara Upi yang sudah memberikan saya kesempatan besar bermain-main sebagai karakter Bossman. Hidup film Indonesia dan hidup para aktor Indonesia," tuturnya.

Itu adalah Piala Citra keempat yang diraih Reza sepanjang kariernya yang bermula sejak hadir dalam Film Horor (2007). Piala pertama ia didapatkan dalam FFI 2009 sebagai pemenang di kategori pemeran pendukung pria terbaik.

Setahun berselang, Reza kembali gemilang. Perannya sebagai Rosid melalui film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta memberinya gelar pemeran utama pria terbaik. Kemenangan serupa terulangi saat FFI 2013.

Hingga sekarang, baru ada tiga aktor yang mampu merengkuh tiga Piala Citra di kategori pemeran utama. Selain Reza, ada Soekarno M. Noor (ayah Rano Karno) dan Deddy Mizwar.

Deddy total sudah mengumpulkan lima Piala Citra, rekor terbanyak yang pernah dimenangi seorang aktor selama penyelenggaraan FFI. Dua di antaranya sebagai pemeran pembantu pria terbaik dalam film Kuberikan Segalanya (1992) dan Opera Jakarta (1986).

Kepada para awak media yang menanti di lobi Teater Besar, Reza berkata masih berharap Piala Citra berikut hadir dalam genggamannya. "Saya masih akan terus berkarya dan memberikan yang terbaik."

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR