Riri Riza dan Mirles hadirkan lagi keindahan Sumba

Mira Lesmana (kiri) dan Riri Riza mengapit Marzuki Mohamad alias Kill the DJ daam rangka merayakan kemenangan film Athirah di FFI 2016.
Mira Lesmana (kiri) dan Riri Riza mengapit Marzuki Mohamad alias Kill the DJ daam rangka merayakan kemenangan film Athirah di FFI 2016. | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Duo sineas dari Miles Films, Riri Riza (46) dan produser Mira Lesmana (52), kembali menjejakkan kaki di tanah Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kali ini untuk keperluan syuting film Humba Dreams.

Kisahnya tentang perjalanan seorang pelajar film muda di Jakarta yang diminta pulang ke desanya di Pulau Humba (nama lain Sumba).

Dari ayahnya, pelajar ini mendapat gulungan film seluloid yang tampak usang seolah tidak terpakai lagi. Sembari mencari cara untuk memproses rekaman gambar tersebut, perjalanan menemukan jati diri juga ikut dimulai.

Selain premis awal tadi, hal lain yang terungkap dari proyek film ini adalah keterlibatan Ully Triani dan komika Ephy Sekuriti sebagai pemain.

Ully boleh dibilang pendatang baru dalam industri film. Wajah dan profil alumni Wajah Femina 2007 itu lebih banyak menghiasi halaman majalah.

Humba Dreams menjadi film ketiga yang dibintanginya. Debutnya terjadi lewat film Stay with Me (2016) yang disutradarai Rudi Soedjarwo.

Setahun berselang, Ully, yang sudah mengantongi lisensi menyelam, lolos casting bermain dalam Labuan Hati arahan Lola Amaria.

Lokasi syuting di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur, mengharuskan para pemeran utama melakukan adegan menyelam. Ully kebagian memerankan tokoh Maria yang sehari-hari bekerja di resor.

Sementara Ephy yang terlahir dengan nama Siprianto Jody Paul Pae adalah juara kedua dalam ajang Stand Up Comedy Academy 2015. Lahir dan besar di Kupang, ibu kota NTT, membuatnya disebut sebagai akamsi alias anak kampung situ.

Telah menjadi kebiasaan Riri dan Mirles --panggilan lain Mira-- untuk selalu melibatkan pemain juga kru lokal dalam setiap film produksinya.

Hal serupa mereka praktikan lagi dalam Humba Dreams yang dijadwalkan juga akan melakukan syuting di Jakarta usai Idulfitri.

Bagi Mirles dan Riri, provinsi yang terletak di sebelah tenggara Indonesia itu sudah tidak asing. Sebelumnya mereka telah membuat tiga film yang menggunakan alam NTT sebagai lokasi atau latar cerita, yaitu Atambua 39 Celcius (2012), Pendekar Tongkat Emas (2014), dan dokumenter Pesan dari Samudra (2012).

Khusus Pulau Sumba yang luasnya lebih dari 11 ribu kilometer persegi, istri aktor Mathias Muchus itu sudah terpikat sejak lama.

Tidak mengherankan jika ia sering mengunggah foto-foto hamparan pemandangan alam Sumba di akun Instagram miliknya.

"Segala keunikan alam ada di Sumba. Mulai dari lanskap, tekstur tanah, danau, lautan, terumbu karang, bukit, dan gunung. Oleh karena itu, kami ingin benar-benar memanfaatkan keindahan alam Sumba secara maksimal," ujar Mira.

Penggarapan Humba Dreams banyak membuat kecele para pengikut Mira di Instagram. Beberapa dari mereka menduga kunjungan duo sineas itu ke Sumba untuk riset persiapan syuting bagian pamungkas film Ada Apa dengan Cinta. Atau kisah hidup tentang penyair Chairil Anwar bertajuk Aku, Chairil!.

"Sekarang (kami) sedang syuting di Sumba, kira-kira sampai dengan tanggal 16 Juni. Setelah Lebaran masih akan syuting di Jakarta," jelas Mira dilansir Metrotvnews.com (9/6).

Mira belum dapat memastikan kapan Humba Dreams tayang di bioskop karena masih harus mencari dukungan dana untuk pascaproduksi dan jalur distribusi.

Dalam lembaran "Film Project Booklet" milik kontingen Indonesia yang mengikuti Cannes Film Festival 2017 di Prancis, Riri mengatakan bahwa Humba Dreams adalah film tentang segala hal yang bisa kita sentuh, seperti film seluloid, buku, catatan pribadi, dan foto-foto.

Kemajuan teknologi kemudian menggantikan berbagai medium cetak tersebut dengan sesuatu yang serba digital. "Banyak hal di era digital sekarang ini orang semakin mudah merekam dan membagikan, tapi semudah itu juga terlupakan," pungkas Riri.

Truly Happy to be back in Sumba πŸ‘‹πŸΌπŸ‘‹πŸΌπŸ˜

A post shared by Mira Lesmana (@mirles) on

The sun and the woman...

A post shared by Mira Lesmana (@mirles) on

Enjoy the sun and happy Friday friends β€πŸ’› #TanaHumba #HumbaDreams #tgif #momentsinthesun

A post shared by Mira Lesmana (@mirles) on

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR