FILM INDONESIA

Ririn Ekawati mencoba komedi lewat Bodyguard Ugal-Ugalan

Aktris Ririn Ekawati berpose usai sesi wawancara di kantor Beritagar.id, Tanah Abang, Jakarta Pusat (2/7/2018).
Aktris Ririn Ekawati berpose usai sesi wawancara di kantor Beritagar.id, Tanah Abang, Jakarta Pusat (2/7/2018). | Andreas Yemmy Martiano /Beritagar.id

Lama absen dari layar lebar, pesohor Syahrini muncul dalam film Bodyguard Ugal-Ugalan yang sedang tayang di bioskop. Perempuan berusia 35 itu terakhir kali muncul di layar lebar lewat Baik Baik Sayang (2011).

Bodyguard Ugal-Ugalan juga jadi penanda kembalinya aktris berumur 35 tahun yang lain. Dialah Ririn Ekawati. Film terakhirnya adalah sebuah horor berjudul Dejavu: Ajian Puter Giling keluaran Mei 2015.

Bodyguard Ugal-Ugalan juga menjadi flm pertama perempuan kelahiran Balikpapan itu yang yang betul-betul bergenre komedi. Jejak lucu memang ada pada film pertama Ririn, Roman Picisan (2010), tapi garapan sutradara Rako Prijanto bergenre komedi romantis.

Sisa film lain yang dibintangi Ririn bergenre drama; seperti Di Balik 98 (2015), Kisah 3 Titik (2013), dan Di Timur Matahari (2012). Juga ada film anak-anak Rindu Purnama (2011) dan Serdadu Kumbang (2011).

"Ternyata komedi itu susah-susah gampang," ungkap Ririn saat mengunjungi kantor Beritagar.id, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (2/7). Kesulitannya, ia harus mengimbangi karakter Syahrini yang meledak-ledak.

Kebetulan, Ririn memerankan Nina--manajer Syahrini yang tegas dan sabar meladeni kliennya. Untuk mendalami karakter Nina, ia pun punya jurus tersendiri.

"Pendalaman karakter cuma baca skrip dan lihat orang sekitar saja, karena kebetulan beberapa temanku itu manajer artis," jelas Ririn.

Kesulitan lainnya adalah menahan tawa saat pengambilan gambar. Bodyguard Ugal-Ugalan dibintangi beberapa komika seperti Boris Bokir, Muhadkly Acho, Lolox, dan Anyun Cadel. "Sementara aku di situ harus tegas. Tapi jadi enggak bisa tegas, ketawa melulu kerjaannya," ungkap Ririn sebelum tertawa.

Bahkan Ririn pernah terpaksa mengambil gambar sebanyak 14 kali karena selalu sulit menahan tawa. Ririn sedang menghadap kamera; sementara Lolox, Boris, Acho, dan Anyun menghadap Ririn.

"Padahal kami biasa-biasa saja, lho," ujar Lolox yang juga datang bersama Ririn dan Muhadkly Acho untuk sesi wawancara.

Menurut Ririn, ekspresi mereka berempat sudah lucu tanpa harus melawak, sehingga ia tidak bisa menahan ledakan tawa. "Jadi itu agak bikin molor syutingnya karena diulang-ulang terus," ungkap aktris yang mengawali karier lewat sinetron Muslimah (2008-2009) itu.

Momen ketika ia tidak bisa menahan tawa bahkan terjadi saat sesi wawancara. Acho sedang menjelaskan apa peran Syahrini dalam Bodyguard Ugal-Ugalan. "Dengan adanya Inces (nama panggilan Syahrini, red.), warna komedinya jadi beda banget. Maksud gue, ambience ya."

"Ya Allah, kok ngomongin penyakit," ungkap Lolox. “Itu ambeien (wasir, red)," tukas Acho. Mereka bertiga tertawa. "Kebayang kan saat syuting kayak bagaimana?" ujar Ririn.

Untungnya sutradara Irham Acho Bachtiar sabar dalam membantu Ririn di lokasi syuting. "Ia cukup komunikatif, sebelum apa-apa selalu ngobrol sama aku. Dia selalu mengingatkan, jangan pernah berusaha melucu karena kamu enggak lucu," jelas Ririn.

Acho yang berada di sampingnya sependapat. "Komedi itu, biarkan penonton melihat situasinya, kemudian tertawa. Jangan berusaha jadi melucu. Bawakan saja skripnya, terus mainkan seluwes mungkin karena situasinya sudah dibikin sedemikian rupa supaya bisa bikin orang tertawa," jelas komika berusia 34 itu.

Secara keseluruhan, Ririn merasa lebih senang bermain komedi daripada drama. "Karena aku enggak terlalu banyak berpikir, proses reading juga enggak terlalu lama. Kalau ini lebih fun, santai, enggak terlalu banyak berpikir macam-macam."

Ririn bahkan tidak kapok meski selalu gagal menahan tawa di lokasi syuting. "Ini permulaan yang baik. Setelah empat tahun enggak syuting, aku berharap ke depannya main komedi lagi sama mereka, seru!"

Bodyguard Ugal-Ugalan tayang di jaringan bioskop nasional sejak Kamis (5/7). Dalam film ini, Syahrini memerankan dirinya sendiri. Dikisahkan, keamanan Syahrini terganggu dengan berbagai ancaman, sehingga ia menggunakan jasa para bodyguard untuk menjaganya.

Selain Syahrini, Ririn, dan empat komika, Bodyguard Ugal-Ugalan juga dibintangi Tamara Bleszynski, Melayu Nicole, Melaney Ricardo, dan Chika Jessica.

BACA JUGA