FILM INDONESIA

Rossa bangga dendangkan OST film Susi Susanti: Love All

Poster resmi film Susi Susanti: Love All diperkenalkan dalam konferensi pers di Vertical Garden, Jakarta, Selasa (20/8/2019).
Poster resmi film Susi Susanti: Love All diperkenalkan dalam konferensi pers di Vertical Garden, Jakarta, Selasa (20/8/2019). | Bella Viona /Beritagar.id

Berjuang karena cinta. Itulah yang coba digambarkan lagu "Karena Cinta yang Menemani", karya Rian Ekky Pradipta atau Rian D'Masiv. Lagu tersebut didendangkan oleh salah satu diva musik Indonesia, Rossa.

"Karena Cinta yang Menemani" diciptakan untuk menjadi original soundtrack (OST) film Susi Susanti: Love All. Sebuah biopik pebulu tangkis legendaris Indonesia, Susi Susanti, yang bakal tayang di bioskop mulai 24 Oktober 2019.

Dalam konferensi pers peluncuran soundtrack itu di Vertical Garden, Jakarta, Selasa (20/8/2019), Rossa menyatakan bangga dipilih untuk menyanyikan lagu itu. Apalagi, sambungnya, tema dalam syair itu berbeda dengan tema lagu cinta yang pernah ia nyanyikan sebelumnya.

"Saya sangat senang dengan lagunya karena bukan cerita cinta, tetapi lagu perjuangan yang disemangati oleh cinta," terang penyanyi bernama lengkap Rossa Roslaina Handiyani itu.

Ia menjadi tahu beratnya perjuangan Susi untuk menjadi pebulu tangkis top dunia dan bagaimana ia menemukan jodohnya--Alan Budikusuma--melalui bulu tangkis.

Susi dan Alan masing-masing merebut medali emas tunggal putri dan putra bulu tangkis pada Olimpiade Barcelona 1992. Itu adalah dua medali emas pertama yang bisa direbut Indonesia pada turnamen olahraga paling akbar tersebut. Mereka berjodoh dan kemudian menikah pada 1997.

Rossa mengaku merinding saat menyanyikan lagu tersebut. Ia membayangkan perjalanan Susi hingga akhirnya bisa merebut medali emas Olimpiade. "Tadi pas nyanyi live, aku merinding. Terbayang bagaimana perasaan Susi Susanti pas bendera Indonesia dikibarkan di Olimpiade," ujarnya.

Penyanyi berusia 40 ini kerap menyanyikan original soundtrack (OST) film-film yang kemudian menjadi laris, termasuk Ayat-Ayat Cinta (2007), Sang Pencerah (2011), dan Ayat-Ayat Cinta 2 (2017).

"Saya bangga setiap soundtrack yang saya nyanyikan (filmnya) jadi box office. Mudah-mudahan ini juga (Susi Susanti: Love All) sama suksesnya," harap Rossa.

Ari Renaldi, produser soundtrack tersebut, bercerita bahwa lagu itu merupakan hasil kolaborasi antara dirinya, Rian, dan Rossa. Kolaborasi itu, karena kesibukan masing-masing, hanya dilakukan melalui telepon. Namun, menurut Ari, karena bukan proyek pertamanya dengan Rossa, semua berjalan lancar.

"Musiknya ini ada cintanya, semangatnya, ada megahnya. Saya coba main musiknya, kira-kira seperti ini, lalu saya kirim ke teh Oca (sapaan akrab Rossa) dan dia setuju," tutur Ari sembari bermain piano di hadapan wartawan yang hadir.

Rossa - Karena Cinta Yang Menemani (Ost Susi Susanti) /Langit Musik

Laura Basuki tak kesulitan

Sementara itu, aktris Laura Basuki, yang berperan sebagai Susi Susanti, mengaku tak kesulitan saat memerankan sosok tersebut. Susi, menurut Laura, mudah ditemui dan menceritakan kisah hidupnya. Oleh karena itu Laura bisa dengan lancar masuk ke dalam karakter Susi.

"Sebenarnya tantangannya hanya latihan terus menerus, belajar teknik-teknik bulu tangkis. Untuk karakter, saya bisa dengan mudah menjadi Susi Susanti, karena beliau sangat supel," tutur perempuan kelahiran Berlin, Jerman, 9 Januari 1988 itu.

Selama 5 bulan, ia berlatih fisik dan teknik bermain tepok bulu selama 6 jam sehari, Senin hingga Jumat. Walau berat, Laura mengaku tak pernah mengalami cedera selama menjalani latihan berat.

Selain Laura, aktor dan aktris yang meramaikan Susi Susanti: Love All antara lain Dion Wiyoko, Lukman Sardi, Farhan, Chew Kin Wah, dan Kelly Tandiono. Selain itu, ada pendatang baru, Moira Tabina Zayn, yang akan memerankan Susi Susanti pada masa kecil.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR