FILM INDONESIA

Rumitnya pernikahan dari sudut pandang empat pemeran film Bridezilla

Para pemeran Bridezilla, kiri ke kanan: Lucinta Luna, Jessica Mila, Sheila Dara, dan Rafael Tan
Para pemeran Bridezilla, kiri ke kanan: Lucinta Luna, Jessica Mila, Sheila Dara, dan Rafael Tan | Andreas Yemmy Martiano /Beritagar.id

Persiapan pernikahan kerap menjadi tekanan bagi calon pengantin. Sampai-sampai ada istilah bridezilla; sebuah kondisi ketika calon mempelai, terutama pihak perempuan, memiliki rasa takut atau khawatir secara berlebihan terhadap rencana pernikahan.

Fenomena ini diangkat oleh Visinema Pictures menjadi film berjudul Bridezilla, dengan bintang utama Jessica Mila.

Dalam film besutan Andibachtiar Yusuf ini, Mila memerankan Dara, perempuan pemilik sebuah wedding organizer. Sejak kecil, ia terobsesi dengan pernikahan. Kini, Dara berambisi untuk menjadikan pernikahan yang ia kerjakan menjadi Wedding of the Year dari majalah Wedding Star.

Namun, pernikahan seorang pesohor Queen Luna (Lucinta Luna) yang digelar Dara berujung bencana. Dara terpuruk, tapi tiba-tiba sang tunangan, Alvin (Rio Dewanto) melamarnya. Dara mencoba bangkit dengan bertekad menjadikan pernikahannya dengan Alvin sebagai Wedding of the Year.

Tentu semua itu tidak mudah. Anna (Widyawati), editor Wedding Star memberi syarat yang luar biasa berat. Pelan-pelan, Dara menjelma menjadi bridezilla. Ia terancam kehilangan sahabatnya, Key (Sheila Dara) dan Aang (Rafael Tan), bahkan juga terancam ditinggal Alvin.

Gagasan soal ketakutan berlebihan calon mempelai jadi hal yang menarik Jessica Mila mau bermain dalam film ini. “Kayaknya enggak banyak film yang membahas tentang isu ini,” ujar Mila ketika berkunjung ke kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta Pusat, bersama Sheila Dara, Lucinta Luna, dan Rafael Tan pada Selasa (2/7/2019).

Mereka sepakat bahwa kondisi bridezilla kerap terjadi di sekitar mereka. Terutama bagi Rafael. Sebelum tersohor sebagai anggota boyband Smash, ia sempat bekerja di sebuah wedding organizer selama dua tahun. Ini banyak membantu ketika syuting.

“Waktu itu harus benar-benar kuat sih untuk menghadapi klien. Bukan klien saja, bos saya seperti Dara, malah lebih galak dari Dara. Ketika hari H, dia lebih-lebih dari bridezilla sih,” kisah Rafael sambil tertawa.

“Paling kalau aku mau nikah, aku mau pakai WO-nya si Rafael aja kali ya,” celetuk Lucinta Luna disambut tawa teman-temannya.

Dari empat orang pemeran Bridezilla, hanya Luna yang ingin pernikahannya digelar secara megah. “Impiannya ya pengin yang kayak di film Bridezilla. Kalau bisa, dikontrak eksklusif. Kan lumayan, balik modal,” ujar Luna.

“Setelah syuting film ini, gue enggak mau wedding-nya kayak royal wedding begitu. Apalagi nanti tiba-tiba calon istri gue jadi bridezilla. Mendingan wedding-nya intimate saja, sama keluarga dan teman-teman,” balas Rafael.

Mila juga tak ingin terkena sindrom bridezilla di hari pernikahannya kelak. “Pengennya yang simpel tapi benar-benar momennya tuh dapat. Ketika aku tetap enjoy selama acara, terus bisa kumpul bareng sama orang-orang terdekat, gitu,” ujar perempuan berusia 26 itu.

“Kayaknya dream wedding gue ngikut keluarga saja deh, maunya kayak gimana. Tapi yang penting makanannya enak, soalnya nanti pasti gue bakalan coba kan setelah salam-salaman,” ujar Dara.

Kisah sindrom mempelai wanita, tapi diolah sutradara lelaki

Meski penulis naskah dan sutradaranya lelaki, kisah Bridezilla bisa dibilang berasal dari sudut pandang perempuan.

“Gue suka sama scriptwriter dan sutradaranya, Mas Lucky (Lucky Kuswandi) dan Mas Ucup (Andibachtiar Yusuf). Ketika liat script dan tahu siapa yang terlibat, tahu teman-teman cast-nya, gue waktu itu enggak terlalu lama mikir panjang,” ujar Dara.

Perempuan berdarah Sunda dan Minang ini melanjutkan, “Terlepas dari Bang Ucup dan Mas Luki bukan cewek, tapi menurut kita sih dia berhasil menangkap esensi dari keseruan cewek-cewek. Biasanya kita kalau lagi hangout ngapain, biasanya apa sih yang lagi dirasakan wanita. Rempong-rempongnya pas kita lagi ngurusin nikahan.”

“Bang Ucup selalu mencairkan suasana dengan celetukan-celetukan dan guyonan-guyonan dia,” sahut Mila. “Bang Ucup orangnya idenya tuh luas gitu, loh,” ujar Luna, yang merasa terbantu karena Bridezilla merupakan film layar lebar pertamanya.

Bridezilla akan tayang perdana pada 1 Agustus.

Kunjungan Film : Bridezilla /Beritagar ID
Beritagar.id adalah mitra media untuk film Bridezilla
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR