FILM INDONESIA

Rumput Tetangga bagi Donita dan Tora Sudiro

Dua pemeran film Rumput Tetangga yaitu Tora Sudiro (kiri) dan Donita dalam kunjungan ke kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Selasa (02/04/2019).
Dua pemeran film Rumput Tetangga yaitu Tora Sudiro (kiri) dan Donita dalam kunjungan ke kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Selasa (02/04/2019). | Indra Rosalia /Beritagar.id

Istilah “rumput tetangga selalu lebih hijau” masih melekat dalam kehidupan sosial sehari-hari. Rumput Tetangga berusaha mengemas fenomena tersebut.

Film garapan sutradara Guntur Soeharjanto ini berintikan persoalan rasa iri yang kerap muncul pada manusia; menganggap bahwa “rumput tetangga” alias kesuksesan orang lain selalu lebih baik dari keadaan diri saat ini.

Dalam kunjungan ke kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Selasa (02/04/2019), dua aktor film ini yaitu Donita dan Tora Sudiro tak memungkiri bahwa rasa iri itu memang ada dalam keseharian dan merupakan sesuatu yang wajar.

“Enggak mungkin kita enggak lihat rumput tetangga. Minimal, pas lagi buka sosial media,” ujar Donita. Sementara contoh “rumput tetangga” bagi Tora adalah kekagumannya pada aktor Jeremy Thomas (47 tahun).

“Gue senang banget lihat orang seperti Jeremy Thomas. Sudah tua tapi badannya masih kekar banget, masih oke gitu. Nah itu kalau gue, rumput tetangganya tuh buat motivasi buat gue,” ungkap Tora.

Baik Tora maupun Donita bersepakat bahwa dengan menonton Rumput Tetangga, penonton akan mendapatkan cara baru dalam memandang “rumput tetangga” dan menjadikannya motivasi tanpa merasa iri pada orang lain.

“Yang nonton film ini pasti bersyukur sama apa yang dipunya,” ungkap Donita. Perempuan berusia 30 ini mencontohkan kisah dalam film Rumput Tetangga, mengenai ibu rumah tangga yang lebih menginginkan kehidupan sebagai wanita karier.

“Ibu rumah tangga bukan selamanya buruk juga kok, malah mereka itu hebat. Tapi bukan berarti wanita karier itu orang-orang yang enggak peduli sama keluarganya, banyak kok yang sukses juga, tapi masih bisa jalanin keduanya,” jelas Donita.

Rumput Tetangga berkisah soal Kirana (diperankan Titi Kamal), seorang ibu rumah tangga yang mengalami krisis kepercayaan diri karena merasa tak menjadi sosok yang pantas untuk suaminya, Ben (Raffi Ahmad) dan kedua anaknya, Rega (Daffa Deddy) dan Windy (Aqila Herby).

Kirana kerap curhat pada sahabatnya masa SMA, Diana (Donita) dan asisten pribadinya, Indra (Gading Marten). Suatu hari, Kirana kedatangan mukjizat yang bisa mengabulkan keinginannya menjadi perempuan sukses.

Keinginan itu terkabul. Esoknya Kirana bangun di sebuah apartemen mewah. Sesaat, ia bahagia. Namun, Kirana malah merasa kangen pada Ben dan dua anaknya, serta kehidupan lamanya sebagai ibu rumah tangga.

Tora salah sangka

Ada kejadian menarik sehubungan dengan pembuatan film ini. Tora Sudiro menyangka Rumput Tetangga adalah film komedi. “Dia tuh enggak tau kalau ini film drama!” seru Donita.

Di awal kariernya, Tora dikenal lewat drama Arisan! (2003) dan Banyu Biru (2004), tapi akhir-akhir ini ia memang terbiasa main film kocak seperti Cek Toko Sebelah (2016) dan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss (2016).

“Sebenarnya film ini 70 persen drama, 30 persen komedi gitu, lho,” ujar Donita. Ia menceritakan bahwa belum lama ia dan Titi Kamal menonton versi preview dari film Rumput Tetangga. Setelah itu, mereka bertemu Tora dalam sebuah acara promosi.

Mata Donita dan Titi bengkak karena menangis setelah nonton film. Tora menanyakan film apa yang mereka tonton, sehingga sampai mewek dan sembab.

Setelah tahu bahwa dua rekannya menonton film yang juga ia bintangi bersama mereka, Tora baru tahu kalau Rumput Tetangga adalah film drama.

“Dia pikir itu 100% film komedi!” ujar Donita sembari menatap tajam kepada Tora, disambut tawa oleh rekan mainnya itu.

Gue penginnya drama bisa, komedi bisa. Dulu gue mainnya drama, kan. Begitu masuk ke komedi, kekencengan masuknya. Terus begitu balik lagi (ke drama), orang sudah enggak ada yang percaya,” tutup Tora sambil terbahak.

Kunjungan Film : Rumput Tetangga /Beritagar ID
Beritagar.id merupakan mitra media film Rumput Tetangga
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR