FILM INDONESIA

Saat Widyawati mendaftar jadi mahasiswi baru

Widyawati saat jumpa pers di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (1/8/2019)
Widyawati saat jumpa pers di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (1/8/2019) | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Umur Widyawati sekarang memang sudah tak muda lagi. Pun demikian, semangatnya untuk terus belajar masih menggebu. Bergegas ia mendaftar jadi mahasiswi baru di Universitas Cyber Indonesia, Yogyakarta.

Maka hebohlah suasana penyambutan calon mahasiswa dan mahasiswi baru. Senior yang tadinya galak dan suka menghardik bingung harus bersikap seperti apa.

Dekan juga puyeng lantaran mahasiswi sangat senior ini selalu mengajukan pertanyaan. Padahal sedang tidak ada sesi tanya jawab.

Fragmen di atas untungnya hanya terjadi dalam film berjudul Mahasiswi Baru produksi MNC Pictures. Disajikan dengan pendekatan drama komedi.

Dalam film arahan Monty Tiwa ini, Widyawati menjadi tokoh utama bernama Lastri.

Hadir sebagai teman satu gengnya di kampus adalah Danny (diperankan Morgan Oey), Sarah (Mikha Tambayong), Erfan (Umay Shahab), dan Reva (Sonia Alyssa).

Walaupun telah memulai debut lewat film Piso Komando (1967), alias sembilan tahun sebelum Monty lahir, sempat muncul keraguan apakah Widyawati berhasil mendalami peran sebagai mahasiswi dan bertingkah laiknya generasi milenial.

Terlebih dalam film ini tokoh yang diperankannya bukan hanya mendapat porsi drama saja, tapi juga menanggung banyak beban komedi. Ternyata Widyawati menjawab lunas semua keraguan tadi dengan penampilan mengesankan.

Dalam sesi tanya jawab usai press screening di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (1/8/2019), Tante Wid --demikian sapaan akrabnya-- mengaku terbantu dengan kehadiran pemain-pemain muda dalam film ini.

"Saya banyak diskusi dengan mereka. Mencari tahu seperti apa tingkah dan polah anak muda zaman sekarang. Tujuannya agar saya bisa mengimbangi," kata Widyawati (69).

Tambahan bekal penting lain untuk film ini adalah selalu mendengarkan arahan sutradara.

"Sebab pemain bisa berakting baik atau buruk semua sutradara yang menentukan," tambah penerima penghargaan seumur hidup dalam penyelenggaraan Piala Citra 2018 itu.

Bagi para pemain lain yang berbeda usia sangat jauh, beradu akting dengan Widyawati, juga Slamet Rahardjo (70) yang dalam film ini menjadi dekan bernama Chaerul Umam, bagaikan dua sisi mata uang.

Seperti diungkapkan Mikha (24), kehadiran dua pemain senior tersebut menjadi salah satu alasan terbesar untuk ikut bergabung dalam proyek film ini.

Pada sisi lain, dirinya merasa gugup ketika harus berhadapan. Ada rasa canggung dan ketakutan tersendiri.

Segala perasaan itu menghilang seiring berjalannya waktu. Widyawati dan Slamet Rahardjo ternyata persona yang ramah lagi menyenangkan.

Tantangan terberat yang dihadapi Widayawati dalam film ini hanya satu. "Soal fisik. Saya enggak bisa bohong," ungkapnya.

Sebagai tokoh utama, Widyawati menghiasi sebagian besar adegan dalam film ini. Mulai dari adegan lari-lari, memanjat pagar, hingga terkena guyuran air harus dilakoninya.

"Mana waktu itu syutingnya pas bulan puasa dan selesainya hingga larut malam. Melelahkan sekali, tapi suasananya menyenangkan," pungkasnya.

Film Mahasiswi Baru dijadwalkan tayang mulai 8 Agustus 2019. Tambahan pemain lain yang hadir dalam film ini adalah Karina Suwandi, Iszur Muchtar, dan Ence Bagus.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR