FILM HOLLYWOOD

Scooby-Doo siap kembali ke layar lebar

Para anggota Mystery Inc dalam serial animasi Scooby Doo! Mystery Incorporated. Kiri ke kanan: Velma, Shaggy, Fred, Scooby, dan Daphne.
Para anggota Mystery Inc dalam serial animasi Scooby Doo! Mystery Incorporated. Kiri ke kanan: Velma, Shaggy, Fred, Scooby, dan Daphne. | Warner Bros, Hanna Barbera

Warner Bros akan mengembalikan Scooby-Doo ke layar lebar. Serial animasi televisi tentang seekor anjing dan empat detektif remaja ini pernah dijadikan film bioskop dengan judul Scooby-Doo (2002) dan Scooby-Doo 2: Monsters Unleashed (2004).

Dua film tersebut berjenis live action, menggunakan pencitraan komputer untuk menghidupkan karakter Scooby. Kini, yang akan diangkat Warner Bros adalah bentuk animasi dua dimensi seperti serial aslinya.

Warner telah mengumumkan para pengisi suara. Dilansir dari Hollywood Reporter (1/3/2019), si anjing Great Dane jantan Scoobert “Scooby” Doo diisi suara oleh Frank Welker, yang juga melakukannya sejak 2002.

Will Forte akan menghidupkan karakter Shaggy Rogers, sahabat Scooby yang ceroboh dan penakut. Gina Rodriguez mengisi suara Velma Dinkley, gadis berkacamata yang jadi orang paling pintar dalam kelompok detektif Mystery Inc.

Warner belum mengumumkan pengisi suara untuk dua anggota Mystery Inc lainnya yaitu si cantik Daphne Blake dan pemimpin kelompok Frederick “Fred” Jones, Jr.

Biasanya, Fred diisi suara oleh Welker, yang melakukannya sejak tahun 1970-an dalam serial Scooby-Doo, Where Are You! sebelum dia bekerja ganda untuk mengisi suara Scooby-Doo.

Kisah film animasi ini bakal seperti The Avengers dalam waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU). Scooby-Doo dan kawan-kawan akan bergabung dengan karakter Hanna-Barbera lain untuk menyelamatkan dunia dari ancaman seorang penjahat bernama Dick Dastardly.

Belum diketahui siapa saja karakter Hanna-Barbera yang akan muncul, selain Captain Caveman. Manusia gua yang satu ini bakal diisi suara oleh Tracy Morgan. Contoh karakter lain dari Hanna-Barbera yang relatif dikenal di Indonesia adalah The Flinstones dan The Yogi Bear Show.

Film animasi Scooby-Doo akan digarap oleh sutradara Tony Cervone. Melihat filmografinya di situs basis data perfilman IMDB, ia sudah sangat berpengalaman menggarap film animasi.

Cervone pernah menggarap film animasi televisi Scooby-Doo: Abracadabra Doo (2010), juga beberapa animasi terkenal seperti Looney Tunes dan Tom and Jerry.

Sineas Chris Columbus akan jadi salah satu produser. Ia adalah orang di balik Home Alone (1990), Mrs. Doubtfire (1993), dan waralaba Harry Potter. Namun, pengalaman Columbus dalam proyek animasi baru sebuah, yaitu film Pixel (2015).

Film animasi Scooby-Doo dijadwalkan akan tayang di bioskop pada Mei 2020.

Sejarahnya, Scooby-Doo cukup menguntungkan jika dirilis di bioskop. Film Scooby-Doo (2002) menghasilkan $275,65 juta AS dari seluruh dunia, sementara sekuelnya meraup $181,46 juta.

Momennya tepat

Pengumuman film animasi Scooby-Doo ini cukup tepat. Beberapa pekan lalu, berbagai meme mengenai Shaggy berseliweran di internet.

Dalam meme-meme tersebut, Shaggy digambarkan sebagai karakter super kuat dengan kekuatan kosmos. Penggambarannya kurang lebih mirip seperti meme-meme mengenai aktor laga Chuck Norris.

Meme Shaggy dipicu oleh sebuah adegan dalam serial animasinya. Shaggy kerasukan roh, sehingga ia mampu menghajar para preman geng motor di sebuah bar. Para penggemar mengunggah adegan ini ke YouTube, membandingkan tingkah Shaggy dengan jurus Ultra Instinct milik Son Goku dalam serial animasi Dragon Ball Super.

Saking viralnya meme Shaggy, para penggemar Scooby-Doo sampai meminta kepada pengembang video gim NetherRealm untuk memasukkan Shaggy sebagai karakter dalam gim Mortal Kombat 11. Namun, permintaan itu ditolak pada akhir Februari.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR