FILM INDONESIA

Sebelum Iblis Menjemput siap tayang di Prancis

Penampilan aktris Chelsea Islan sebagai Alfie dalam film Sebelum Iblis Menjemput
Penampilan aktris Chelsea Islan sebagai Alfie dalam film Sebelum Iblis Menjemput | Screenplay Films

Sebelum Iblis Menjemput akan ikut serta dalam sebuah festival di luar negeri. Dilansir dari rilis pers yang diterima Beritagar.id pada Jumat (17/8/2018), film garapan sutradara Timo Tjahjanto itu bakal tayang dalam acara bertajuk L’Etrange Festival Paris 2018 yang digelar pada 5-16 September.

Sebelum Iblis Menjemput bakal tayang pada 6 dan 13 September di Paris. Film yang dibintangi Chelsea Islan dan Pevita Pearce ini akan menebar horor dengan menggunakan judul internasionalnya yaitu May the Devil Take You.

Film ini akan berkompetisi dengan 21 film dari berbagai negara untuk berebut penghargaan Nouveaux Genre/New Breed Award. Selain piala tersebut, film yang menang akan ditayangkan secara eksklusif di stasiun televisi Prancis bernama Canal+cinema.

L’Etrange Festival 2018 adalah penyelenggaraan yang ke-24 sejak tahun 1993. Festival ini agak unik ketimbang ajang sejenis yang juga digelar di Prancis seperti Cannes, misalnya. Dalam bahasa Prancis, “l’etrange” artinya “aneh”.

Aneh, sebab L’Etrange Festival menjadi rumah untuk film-film yang tidak konvensional alias arthouse--karya independen yang diproduksi di luar sistem studio besar karena dianggap terlalu sempit pasarnya--dari berbagai genre seperti horor, thriller, komedi, drama, dan fantasi.

Sebelum Iblis Menjemput akan bersaing dengan film-film panjang lainnya seperti Perfect Skin (Inggris), Gong Jak (Korea Selatan), The Field Guide to Evil (Selandia Baru), Buybust (Filipina), Morto Nao Fala (Brazil), dan En Las Estrellas (Spanyol).

Timo Tjahjanto punya pengalaman manis yang berhubungan dengan Festival L’Etrange. Pada 2016, film Headshot yang ia sutradarai memenangi Nouveaux Genre. Namun, saat itu Timo tidak sendirian. Film yang juga dibintangi oleh Chelsea Islan itu digarap Timo bersama saudara kandungnya, Kimo Stamboel.

Tentu saja festival luar negeri akan menjadi batu loncatan awal untuk Sebelum Iblis Menjemput, seperti Headshot yang tayang di puluhan festival mancanegara.

"Ini merupakan batu loncatan untuk meraih apresiasi penonton internasional. Rencananya masih akan ada lagi beberapa festival yang bakal kami ikuti. Sudah saatnya pecinta film di Indonesia bangga dengan filmnya sendiri," kata Timo kepada Republika (17/8/2018).

Setelah Prancis, giliran Malaysia yang akan diteror oleh Sebelum Iblis Menjemput. Screenplay Films selaku rumah produksi akan berkolaborasi dengan Ideate Media sebagai distributor. Malam premier akan digelar di Kuala Lumpur pada 14 September, menyusul penayangan secara luas yang dimulai pada 20 September.

Sejak 9 Agustus hingga saat ini, Sebelum Iblis Menjemput masih tayang di berbagai bioskop seantero Indonesia. Menurut data FilmIndonesia.or.id, jumlah penontonnya melebihi 271 ribu orang.

Sebelum Iblis Menjemput mengisahkan Alfie (Chelsea), gadis muda yang ibunya (Kinaryosih) mati mengenaskan setelah si bapak, Lesmana (Ray Sahetapy), meninggalkan mereka berdua.

Setelah Lesmana meninggal secara tak wajar, Alfie harus berhadapan dengan teror di rumah warisan bapaknya bersama Maya (Pevita) dan Ruben (Samo Rafael), anak bawaan dari pernikahan Lesmana dengan Laksmi (Karina Suwandi).

Official Trailer SEBELUM IBLIS MENJEMPUT (2018) Chelsea Islan & Pevita Pearce /Screenplay Films
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR