PIALA OSCAR

Segmen pengumuman pemenang Oscar batal dipotong

Piala Oscar berbentuk cokelat dipamerkan dalam acara Oscar Governors Ball di Hollywood, Amerika Serikat (15/2/2019).
Piala Oscar berbentuk cokelat dipamerkan dalam acara Oscar Governors Ball di Hollywood, Amerika Serikat (15/2/2019). | Eugene Garcia /EPA-EFE

Gara-gara diprotes para sineas, segmen pengumuman beberapa pemenang Piala Oscar batal dipotong.

Pekan lalu, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) ingin memperpendek segmen Oscar dengan menayangkan jeda iklan selama pengumuman kategori Sinematografi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Film Pendek Live-Action Terbaik, serta Tata Rias dan Rambut Terbaik.

Namun, hal ini diprotes oleh kumpulan sineas beken seperti Spike Lee, Quentin Tarantino, Ang Lee, Martin Scorsese, dan Damien Chazelle. Untuk merespon protes, Kamis (14/2/2019), AMPAS mengadakan pertemuan dengan beberapa sinematografer. Alhasil, empat kategori yang "dibuang" tetap ditayangkan secara langsung.

“Pihak Academy mendengar masukan dari para anggotanya mengenai pengumuman empat kategori Oscar. Seluruh Academy Awards akan ditayangkan tanpa penyuntingan, sesuai format tradisional kami," demikian pernyataan tertulis AMPAS yang dilansir Variety, Jumat (15/2/2019).

Meski begitu, tujuan awal AMPAS untuk memotong durasi Oscar secara keseluruhan tetap bakal terlaksana. Sebab, acara tahun ini tak punya pembawa acara.

Pada awal Desember, Kevin Hart yang sedianya menjadi pembawa acara terpaksa mengundurkan diri. Hart mundur lantaran kontroversi yang muncul setelah kicauan lamanya di Twitter pada 2009-2011 dianggap menyinggung kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan trans-seksual).

Justru hal tersebut memungkinkan AMPAS memotong durasi Oscar menjadi sekitar tiga jam saja. "Pada akhirnya kami mencoba dan menggunakan situasi tanpa pembawa acara sebagai peluang memotong durasi menjadi tiga jam,” ujar Glenn Weiss, produser dan sutradara ajang Oscar 2019, kepada New York Times, Minggu (17/2).

Tahun lalu, pembawa acara Jimmy Kimmel membuka Academy Awards dengan monolog selama 18 menit mengenai gerakan #MeToo dan kepemimpinan Presiden AS Donald Trump. Dan bila tak ada pembawa acara, piala pertama sudah bisa diserahkan kepada pemenang pada menit keenam atau ketujuh.

Tujuan utama pemangkasan durasi adalah melindungi rating televisi. Menurut penelitian AMPAS, tiga jam adalah batas maksimal orang mau menonton Oscar.

Tahun lalu, acara ini berdurasi hampir empat jam. Akibatnya rating menurun. Oscar 2018 hanya ditonton 26,5 juta orang, turun 20 persen dari tahun sebelumnya.

Meski tanpa pembawa acara, para penyelenggara mengungkap bahwa penyelenggaraan Oscar tetap punya keunikan tersendiri. Tahun ini, delapan orang di luar dunia hiburan akan memberi presentasi dan bicara mengenai film yang berarti bagi mereka. Salah satunya adalah petenis Serena Williams yang akan bicara soal film A Star is Born.

Para bintang Hollywood juga tetap ditugaskan mempersembahkan piala bagi pemenang. Mereka adalah Angela Bassett, Melissa McCarthy, Jason Momoa, Chris Evans, Awkwafina, Charlize Theron, Chadwick Boseman, dan Daniel Craig.

Selain itu, lagu-lagu yang dinominasikan dalam Lagu Tema Terbaik akan dibawakan oleh artisnya masing-masing. Misalnya Jennifer Hudson, Lady Gaga, Bradley Cooper, Bette Midler, Gillian Welch, dan David Rawlings.

Tata panggung juga berubah, dengan warna emas yang mendominasi. Desainernya adalah David Korins yang dikenal sebagai penata panggung di Broadway, New York.

"Tema besar dari pertunjukan ini adalah tentang film yang menghubungkan kita, bukan di bioskop saja, tetapi melalui budaya yang besar dan luas," ujar Donna Gigliotti, produser utama Oscar 2019.

Acara Academy Awards ke-91 akan digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, pada 24 Februari. Film Roma dan The Favourite menjadi unggulan juara dengan menyumbang nomine terbanyak, masing-masing 10 buah.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR