FILM INDONESIA

Sesuai Aplikasi, pengorbanan ojek daring nafkahi keluarga

Sesuai Aplikasi dibintangi oleh Valentino Peter (Pras) dan Lolox (Duras). Mereka berperan sebagai pengemudi ojek daring.
Sesuai Aplikasi dibintangi oleh Valentino Peter (Pras) dan Lolox (Duras). Mereka berperan sebagai pengemudi ojek daring. | TBS Films /TBS Films

TBS Films segera merilis film keduanya. Sesuai Aplikasi. Film komedi ini disutradarai oleh Adink Liwutang dan menggambarkan kehidupan pengemudi ojek daring yang tidak mudah. Ada pengorbanan untuk menafkahi keluarga.

Pras (Valentino Peter) dan Duras (Lolox) adalah dua orang yang telah bersahabat sejak kecil. Demi mencukupi kebutuhan keluarga, keduanya banting tulang di jalan mengadu nasib sebagai pengemudi ojek daring.

Pras memiliki seorang ibu yang menjalankan usaha sebagai tukang jamu. Sebagai tukang jamu, ibu Pras sudah menjadi langganan seorang penyanyi dangdut, Sofiyah (Titi Kamal).

Di sini, Pras bekerja untuk mengumpulkan uang agar sang ibu bisa melakukan operasi jantung. Sementara Duras harus membiayai kuliah adiknya, Monik, di Fakultas Kedokteran, meski ia harus terlilit utang.

Konflik terjadi dari situasi tersebut. Pada satu titik, Pras dan Duras merasa bahwa ojek daring tidak bisa diandalkan untuk mendatangkan uang dengan cepat. Sampai akhirnya mereka harus melakukan kejahatan bersama Sakti (Ernest Prakasa) dan Sandra (Taskya Namya). Mereka mencuri berlian milik Ci Asiu (Dayu Wijanto)-- di rumah Sofiyah.

“Kami potret yang terjadi bahwa kehidupan ojek online itu berwarna. Judul Sesuai Aplikasi karena ojek online sendiri selalu bilang begitu. Sesuai aplikasi adalah ruh yang susah diaplikasikan di kehidupan nyata. Padahal, kita penginnya semua on the track, tapi di jalan ketemu macet dan lain-lain,” jelas sang sutradara usai press screening Sesuai Aplikasi di XXI Senayan City, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Demi membiayai operasi jantung ibunya, Pras (Valentino Peter) bekerja sebagai pengemudi ojek daring. Salah satu pekerjaan rutinnya adalah mengantarkan jamu ke rumah penyanyi dangdut Sofiyah (Titi Kamal).
Demi membiayai operasi jantung ibunya, Pras (Valentino Peter) bekerja sebagai pengemudi ojek daring. Salah satu pekerjaan rutinnya adalah mengantarkan jamu ke rumah penyanyi dangdut Sofiyah (Titi Kamal). | TBS Films /TBS Films

Agasyah Karim dan Khalid Kasogi sebagai penulis skenario Sesuai Aplikasi menyuguhkan cerita hubungan timbal balik pengemudi ojek daring dan pelanggan.

Seperti pelanggan yang ingin barangnya cepat sampai, pelanggan yang membatalkan pesanan, pengemudi yang keliru membaca nama, sampai pelanggan yang “tergila-gila” dengan ketampanan pengemudi sampai rela mengunjungi rumah si pengemudi.

Di sisi lain, mereka “membenturkan” sistem kepercayaan Pras yang ingin mencari uang secara halal, tetapi dihadapkan dengan kebutuhan mendesaknya (biaya operasi jantung).

Sebaliknya, Duras tak segan melakukan tindak kejahatan karena bisa menghasilkan uang lebih cepat. Ia sadar bahwa biaya kuliah kedokteran sangat mahal.

Film menekankan bahwa mencukupi kebutuhan keluarga tak semudah berkata ‘sesuai aplikasi’ atau setidaknya hidup tak semudah memesan layanan ojek daring.

Meski film sarat makna dan menghibur, masih terdapat hal minus yang terjadi sepanjang film. Pada bagian awal, adegan film terlalu banyak mengenalkan karakter tetapi tidak diikuti dengan memperkenalkan masalah yang berhubungan dengan jalannya cerita.

Selain itu, eksekusi adegan akhir bagian konflik pun terkesan terburu-buru dan pada bagian resolusi, penulis seolah kehabisan stok cerita.

Sebagai tontonan, Sesuai Aplikasi tetap menghadirkan humor lucu dan menyegarkan karena film ini banyak dimeriahkan oleh para komika jebolan kontes Stand-up Comedy.

Hal tersebut diimbangi pula dengan kehadiran aktor berpengalaman, seperti Titi Kamal dan Dayu Wijanto, hadirnya pendatang baru Valentino, serta kemunculan Gibran Rakabuming, anak sulung Presiden Joko Widodo. Sang sutradara mengaku tidak mudah membujuk Gibran untuk bermain film.

“Prosesnya panjang banget. Awalnya kita ketemu dengan Mas Gibran di beberapa project. Awalnya dia menolak, biar Kaesang aja yang main katanya. Tapi dia bilang bersedia, dua hari sebelum kita take, padahal set-nya kedai kopi, terus kita ubah. Ini film yang ditunggu-tunggu dan mas Gibran happy. Saya pengin ajak anak presiden lain tapi durasi film terbatas,” jelas Adink.

Selain Gibran, Sesuai Aplikasi dibintangi pula oleh Meisya Amira, Fico Fachriza, Yusril Fahriza, Arief Didu, Nopek, dan Babe Cabita. Sesuai Aplikasi tayang di bioskop mulai 6 Desember 2018.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media film Sesuai Aplikasi.
BACA JUGA