Setiap pemain baru dalam AADC 2 punya peran penting

Dimi Cindyastira, wajah baru dalam AADC 2, berperan sebagai adik tiri Rangga
Dimi Cindyastira, wajah baru dalam AADC 2, berperan sebagai adik tiri Rangga | Indra Rosalia/Beritagar.id

Film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) menghadirkan empat wajah baru, yaitu Ario Bayu, Dimi Cindyastira, Sarita Thaib, dan Christian Sugiono. Setiap tokoh yang mereka perankan punya arti penting dalam menjelaskan konteks cerita AADC 2 yang mengalami jeda 14 tahun dari bagian pertama.

Mereka mendampingi wajah lama yang telah melekat di benak penonton, seperti Nicholas Saputra (Rangga), Dian Sastrowardoyo (Cinta), Adinia Wirasti (Karmen), Titi Kamal (Maura), Sissy Prescillia (Milly), dan Dennis Adhiswara (Mamet).

"Semua film pasti harus direnungkan baik-baik segala kaitan antara karakter, perkembangan waktu, dan cerita di dalamnya. Empat pemain baru ini ditampilkan karena figur mereka memang dibutuhkan untuk menunjukkan posisi cerita dalam film," ungkap Riri Riza dalam acara jumpa pers konferensi pers film AADC 2 di XXI Senayan City, Jakarta Selatan (25/4/2016).

Ario Bayu yang berperan sebagai tunangan Cinta mengaku senang luar biasa saat dihubungi Mira Lesmana (produser) dan Riri (sutradara) untuk bergabung dalam AADC 2.

"Soalnya bagian pertama film itu begitu menggelegar. Jadi ketika ditawari ikut gabung dalam proyek ini, saya tidak berpikir panjang dan langsung setuju," ujar aktor berusia 31 itu kepada Beritagar.id.

Pendatang baru Dimi Cindyastira mengaku hampir tidak percaya waktu dinyatakan lolos audisi bermain sebagai Sukma, adik tiri Rangga. "Ketika berakting di depan kamera dengan Rangga, baru saya percaya sudah bermain dalam film AADC," kata gadis kelahiran Makassar, 9 Oktober 1992.

Dimi sebelumnya lebih sering bermain dalam film independen di kota asalnya. Perkenalan pertamanya terhadap dunia akting terjadi lewat film Rindu Randa (2012). Bermain dalam AADC 2 dirasakannya sebagai sebuah tantangan yang menyenangkan.

Lantas apa kesulitan terbesar yang dihadapinya? "Waktu adegan menyuruh Rangga pulang bertemu ibu. Saya harus mampu menghantarkan sisi emosional dari adegan tersebut kepada penonton, meski posisi saya bukan saudara kandungnya," demikian Dimi menimpali.

Kesulitan lainnya adalah menghilangkan dialek Makassar miliknya yang masih kental. Pasalnya dalam AADC 2, tokoh Sukma diceritakan sebagai orang Yogyakarta dengan aksen Jawa.

"Syuting di Yogya hanya beberapa hari doang, sementara saya harus buat pendalaman jadi orang Yogya dan menghilangkan logat Makassar. Sangat susah. Ha-ha-ha," pungkas Dimi.

Film AADC 2 yang tayang resmi hari ini, Kamis (28/4), mendapat jatah 183 layar dari jaringan bioskop di Indonesia. Perinciannya adalah; Cinema 21 memberikan kuota 120 layar; sementara jaringan lainnya seperti CGV Blitz, Cinemaxx Theater, New Star Cineplex, dan Platinum Cineplex menyediakan 63 layar.

Angka yang terbilang besar untuk ukuran film Indonesia. Sebagai pembanding, film Comic 8: Casino Kings Part 2 yang sukses mendapat lebih dari 1,8 juta penonton awalnya hanya mendapat jatah 110 layar dari Cinema 21. Seturut melimpahnya jumlah penonton, kuota tersebut bertambah menjadi 200 layar.

Besarnya kuota layar untuk AADC 2 tetap tidak bisa membendung antusiasme penonton. Mirles, sebutan lain Mira, menulis melalui akun Twitter-nya bahwa jumlah layar untuk AADC 2 akan ditambah tanpa merinci berapa banyak penambahannya.

Untuk sementara Mirles bisa tersenyum lega dalam menghadapi persaingan merebut jumlah layar dengan Captain America: Civil War.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR