FESTIVAL MUSIK

Soundrenaline bikin senang Limp Bizkit dan ajang para kreator

Vokalis Limp Bizkit, Fred Durst, beraksi di atas panggung Soundrenaline 2018 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali, Minggu (9/9/2018).
Vokalis Limp Bizkit, Fred Durst, beraksi di atas panggung Soundrenaline 2018 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali, Minggu (9/9/2018). | Bram Setiawan /Beritagar.id

Soundrenaline 2018, pesta musik terbesar di Indonesia, tuntas diadakan di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali, pada Sabtu-Minggu (8-9/9/2018). Soundrenaline 2018 yang mengusung tema "The Soul of Expression" pun menghadirkan Limp Bizkit.

"Kita semua bersenang-senang," kata Fred Durst, vokalis grup rap rock dari Amerika Serikat (AS) itu, pada Minggu (9/9) malam WITA. Di sela-sela konser, Durst pun menegaskan bahwa konser di Indonesia adalah impiannya.

"Ini (konser di Indonesia) keinginan sejak lama. Tempat ini bagus, penonton menakjubkan. Senang bertemu kalian," tutur Durst dari atas panggung. Limp Bizkit pun mengakhiri pentas dengan menyanyikan lagu berjudul Take a Look Around. rilisan 2000.

Kiprah Limp Bizkit dalam industri musik dimulai pada 1995. Selain beraliran rap rock, genre musik Limp Bizkit juga disebut new metal. Kemasan musik mereka adalah perpaduan elemen vokal dan instrumental hip hop dengan berbagai bentuk rock dan metal.

Selain Limp Bizkit, Soundrenaline 2018 juga menghadirkan kolaborasi unik grup musik Tanah Air; Dialog Dini Hari dan Scaller. "Kami harus coba-coba dengan waktu yang sedikit," kata Dadang, vokalis dan gitaris Dialog Dini Hari.

Asap panggung menguap perlahan dan merayap di antara penonton. Di antara samar pandangan yang tertutup asap, para personel Dialog Dini Hari dan Scaller muncul di panggung. Pentas kolaborasi yang disuguhkan oleh Dialog Dini Hari dan Scaller pun mengundang rasa penasaran penonton.

Walhasil, area panggung Slim Refined sesak dipenuhi para penggemar masing-masing grup musik tersebut. Bahkan antrean panjang penonton yang ingin masuk ke area Slim Refined masih ada ketika Dialog Dini Hari dan Scaller sedang pentas.

Dialog Dini Hari dikenal sebagai grup musik pengusung folk, sedangkan Scaller identik dengan aliran bernuansa progressive rock. Perpaduan di antara mereka terkesan unik. Itu, menurut Dadang, menjadi dasar kolaborasi mereka.

"Biar orang enggak tahu hasilnya seperti apa," tutur Dadang. Perbedaan dua aliran musik yang berbeda akan memancing rasa penasaran penonton untuk menebak-nebak. Menurut Dadang, persiapan kolaborasi tersebut dianggap cukup dalam dua pekan.

"Empat kali latihan tapi serius banget, karena bagi aku kerja sebagai musisi pas latihan. Kalau di panggung bersenang-senang," katanya.

Menurut Reney Karamoy, gitaris Scaller, tantangan kolaborasi dengan Dialog Dini Hari menjadi tantangan dan membangun pengalaman. "Ketika latihan pertama, brainstorming," ujar Reney.

Soundrenaline 2018 juga menjadi ajang beberapa grup musik untuk menyanyikan lagu-lagu dari album terbaru masing-masing. " Ada lima lagu baru hampir separuh album," kata Iga Massardi, vokalis dan gitaris grup musik Barasuara.

Selain itu dalam ajang ini, para musikus bisa mendapat kesempatan untuk mengapresiasi langsung penampilan grup musik lain. Iga pun sempat ingin menonton penampilan Semiotika, Silampukau, serta kolaborasi Dialog Dini Hari dan Scaller. Meski tidak semuanya bisa terpenuhi.

"Ada banyak mutiara, banyak band yang punya potensi besar," ujar Iga. Ia merujuk Semiotika, grup musik asal Jambi yang piawai berkarya untuk menyuguhkan musik instrumental rock. "Bakat-bakat yang menarik," katanya.

Pihak penyelenggara Soundrenaline pun menginginkan perbedaan yang terus membawa penyegaran setiap tahun. "Kami ingin ekspresif. Soundrenaline menjadi ajang untuk para kreator dan pengunjung bisa terinspirasi," kata Choky, penyelenggara Soundrenaline dari Level7.

Itu sebabnya Soundrenaline tahun ini menyediakan Creators Area. "Para kreator bisa saling berekspresi dan menginspirasi," ujarnya. Menurut dia, area tersebut bisa menjadi ajang juga untuk pengunjung membuka jaringan di bidang kreatif melalui lokakarya.

Dialog Dini Hari dan Scaller berfoto bersama saat jumpa media dalam acara Soundrenaline 2018 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu, (8/9/2018).
Dialog Dini Hari dan Scaller berfoto bersama saat jumpa media dalam acara Soundrenaline 2018 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu, (8/9/2018). | Bram Setiawan /Beritagar.id
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR