BOX OFFICE

Spider-Man: Far from Home panen rekor

Balon Spider-man raksasa mengapung di  atas karpet merah sepanjang Hollywood Blvd yang sengaja ditutup di depan TCL Chinese Theatre untuk pemutaran perdana film Marvel Studios "Spider-man: Far From Home" di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu (26/6/2019).
Balon Spider-man raksasa mengapung di atas karpet merah sepanjang Hollywood Blvd yang sengaja ditutup di depan TCL Chinese Theatre untuk pemutaran perdana film Marvel Studios "Spider-man: Far From Home" di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu (26/6/2019). | Danny Moloshok /Antara Foto/Reuters

Sudah lama film sekuel gagal memenuhi ekspektasi. Terbaru, film Spider-Man: Far from Home langsung melampaui harapan hanya dari pemutaran pekan perdananya.

Dirilis untuk mewarnai hari kemerdekaan Amerika Serikat (AS) pada 4 Juli sejak Selasa (2/7/2019), film tentang manusia laba-laba ini langsung mengantongi pemasukan $185 juta AS dari pasar domestik Amerika Utara (AS dan Kanada).

Far from Home pun langsung memimpin tangga box office untuk kurun Jumat-Minggu (5-7/7). Angka itu melewati angka ekspektasi $125 juta dari Sony dan Marvel Studios yang memproduksi film ini.

Keberhasilan Far from Home adalah bukti lanjutan betapa Marvel masih perkasa dalam memproduksi film-film blockbuster: Bahkan keperkasaan Far from Home langsung terlihat dengan mencatat pemasukan $91 juta hanya dalam tiga hari awal.

Far from Home menjadi film buatan Sony dengan pemasukan terbesar yang dirilis pada hari Selasa dan secara keseluruhan menjadi film ke-22 sepanjang sejarah yang mencatat pemasukan terbanyak hanya dalam enam hari.

Tapi dari kategori film yang dirilis untuk meramaikan suasana hari kemerdekaan AS, seperti dijelaskan Deadspin, Far from Home adalah film dengan pemasukan terbesar dalam enam hari pemutaran awal. Uniknya, pemegang rekor terdahulu adalah Spider-Man 2 (2004) yang mencatat $180 juta dalam enam hari.

Menurut Box Office Mojo, ini belum termasuk rekor film terlaris yang dirilis pada Selasa dan film terlaris kedua yang diputar di banyak teater --4.634 layar. Yang pasti, film besutan sutradara Jon Watts ini mengalahkan pemasukan seluruh film apapun tentang Spider-Man dalam masa pemutaran enam hari pertama.

Adapun dari pasar internasional, film ini juga langsung mengantongi $395 juta sehingga secara keseluruhan di dunia sudah mendapatkan $580 juta. Angka ini jauh di atas biaya produksi Far from Home yang "cuma" $160 juta.

Sementara hanya pada periode tiga hari akhir pekan (5-7 Juli), pemasukan Far from Home mencapai $93,6 juta sehingga menyamai Amazing Spider-Man 2 (2014). Menurut Forbes, pemasukan awal Far From Home kini berada di antara Spider-Man 2 ($88 juta pada 2004) dan Transformers: Dark of the Moon ($97 juta pada 2011).

Bila penghitungan melibatkan tingkat inflasi; Far from Home menjadi film terlaris keenam dalam pemutaran enam hari awal setelah Spider-Man 2, Transformers: Dark of the Moon, Independence Day (1996), Men in Black ( 1997), and Despicable Me 2 (2013).

Mengapa laris

Faktor terbesar di balik larisnya film yang dibintangi Tom Holland sebagai Spider-Man ini adalah tanggapan positif para kritikus. CinemaScore memberi nilai A seperti film pendahulunya, Spider-Man: Homecoming (2017).

Bahkan para penonton di bawah 35 tahun yang dijaring CinemaScore memberi nilai A+ kepada Far from Home.

Ada pula pujian terhadap strategi Sony yang memindahkan jadwal rilis Far From Home lebih cepat dari 5 Juli ke 2 Juli. Sony ingin Far from Home mendapat keuntungan dini dari masa libur hari kemerdekaan AS.

Lantas Far From Home juga menjadi film pertama Marvel Cinematic Universe (MCU) setelah Avengers: Endgames, film bermandikan aneka rekor yang dirilis pada April lalu.

Selain tanggapan yang bagus, kisah Far from Home juga dinilai apik. Cnet menilai film ini adalah epilog sempurna untuk Endgame.

Bahkan mereka menyebut Far from Home adalah persiapan Marvel menuju "fase empat". Film ini kontras dibanding Homecoming karena menunjukkan bahwa Peter Parker bukan lagi pahlawan super belia nan tak serius yang butuh bimbingan Tony Stark (Iron Man) seperti dalam cerita Endgame.

"Ketika Far from Home dimulai, Tony sudah tiada dan pahlawan polos sudah hilang," tulis Oscar Gonzales dari Cnet.

Berikut daftar film terlaris di AS dan Kanada pada periode 5-7 Juli 2019 (versi Box Office Mojo).

  1. Spider-Man: Far from Home $93,6 juta AS (total $185 juta - pekan perdana).
  2. Toy Story 4 $34,3 juta ($306 juta - pekan 3).
  3. Yesterday $10,7 juta ($36,8 juta - pekan 2).
  4. Annabelle Comes Home $9,7 juta ($50 juta - pekan 2).
  5. Aladdin $7,6 juta ($320 juta - pekan 7).
  6. Midsommar $6,5 juta (pekan perdana)
  7. The Secret Life of Pets 2 $4,7 juta ($140 juta - pekan 5).
  8. Man in Black: International $3,6 juta ($71,9 juta - pekan 4).
  9. Avengers: Endgame $3,1 juta ($847 juta - pekan 11).
  10. Rocketman $2,7 juta ($89,1 juta - pekan 6).
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR