BOX OFFICE

Spider-Man: Far From Home tak terbendung

Tom Holland, pemeran tokoh Spider-Man, berupaya menembus klub film MCU yang menyentuh angka pemasukan $1 miliar.
Tom Holland, pemeran tokoh Spider-Man, berupaya menembus klub film MCU yang menyentuh angka pemasukan $1 miliar. | Jay Maidment/Sony Pictures

Pertarungan menduduki puncak tangga film terlaris di Amerika Serikat (AS) dan Kanada masih dimenangi Spider-Man: Far From Home.

Sementara film Crawl (produksi Paramount Pictures) dan Stuber (20th Century Fox) harus puas menempati urutan belakang.

Memasuki pekan keduanya, Far From Home yang tayang di 4.634 lokasi mengumpulkan $45,3 juta (Rp630,8 miliar).

Total jenderal pendapatan film produksi Sony/Columbia ini telah mengumpulkan lebih dari $274,5 juta. Masih tertinggal $60 juta dari pencapaian prekuelnya, Homecoming (2017).

Pemasukan Far From Home dari pasar internasional lebih tebal lagi. Tercatat $572,5 juta telah dikumpulkan sehingga totalnya menyentuh $847 juta. Indonesia menyumbangkan sekitar $15,9 juta dari pemasukan tersebut.

Sebagian pengamat masih menantikan apakah film ini bisa mencatatkan nama dalam daftar film Marvel Cinematic Universe berpenghasilan menyentuh angka $1 miliar dari seluruh dunia.

Dari 23 film yang masuk ranah MCU, hanya delapan film yang sukses mencicipi penghasilan lebih dari $1 miliar.

Rilisan terakhir yang bergabung dalam “klub film berpenghasilan di atas $1 miliar” adalah Captain Marvel dengan $1,12 miliar.

Peringkat kedua daftar film terlaris ditempati film animasi Toy Story 4 (Disney) dengan pemasukan $20,6 juta hasil penayangan dari 4.210 lokasi.

Dengan raihan $346,3 juta setelah empat pekan tayang dari pasar domestik, bagian keempat petualangan tokoh Woody dan Buzz Lightyear ini tertinggal sekitar $69 juta dari pendahulunya yang tayang sembilan tahun lalu.

Urutan ketiga menjadi milik Crawl, sebuah film yang menggabungkan antara disaster, horror, dan thriller.

Sementara film Stuber yang dibintangi jagoan Indonesia, Iko Uwais, harus puas berada di bawahnya setelah mengantongi $8 juta hasil penayangan dari 3.050 lokasi.

Lesunya pergerakan dua film pendatang baru ini merebut simpati penonton sungguh kontras dengan keluhan yang muncul sejak beberapa tahun belakangan.

Selama ini banyak yang menilai studio-studio besar cenderung lebih mengutamakan perilisan film-film waralaba (sekuel, sempalan, adaptasi jenama populer, dan lain-lain), terutama saat musim panas, ketimbang menggarap cerita yang sama sekali baru alias orisinal.

"Giliran ada film orisinal yang rilis di bioskop, penjualannya justru tidak berjalan terlalu bagus. Sungguh membingungkan," ujar Paul Dergarabedian, analis media senior Comscore, dalam laman USA Today (14/7/2019).

Ada beberapa alasan mengapa film-film tersebut kalah bersaing.

Selain kalah populer soal nama, bujet pembuatan Crawl dan Stuber juga bak bumi dan langit dibandingkan Far From Home dan Toy Story 4. Pun dengan alokasi untuk promosi dan pemasaran.

Iko Uwais yang kembali menancapkan nama

Kehadiran Iko Uwais (36), dalam jagat perfilman Hollywood kali ini bukan hanya bermain sebagai Oka Teijo, tapi juga koreografer adegan aksi laga.

Kepada wartawan, Iko menceritakan bahwa tawaran membintangi Stuber disampaikan langsung oleh sang sutradara, Michael Dowse. Kala itu dirinya belum genap dua pekan menyelesaikan syuting film Mile 22.

Alhasil Iko harus terbang lagi ke negeri Paman Sam untuk memulai proses produksi. Total dua bulan ia harus menghabiskan waktu di sana.

Walaupun terkenal sebagai ahli pencak silat, Iko justru tak mengharuskan para pemain untuk mempelajarinya. Pasalnya setiap orang punya karakter dan gaya bertarung sendiri.

Oleh karena itu, Iko meleburkan beberapa cabang ilmu bela diri dalam berbagai kebutuhan adegan perkelahian dalam film ini.

Selama bekerja sama, beberapa rekan main Iko dalam film ini mengungkap kegembiraan bisa bekerja sama dengan sosok yang rendah hati lagi menyenangkan.

"Adegan aksi kami dalam film ini dikerjakan dengan sangat bagus, tidak seperti kebanyakan film action comedy. Iko bersama timnya bekerja sangat luar biasa," puji Dave Bautista, pemeran Victor "Vic" Manning.

Aktris Karen Gillan, pemeran Nebula dalam Guardians of the Galaxy (GotG), yang kali ini bermain sebagai tokoh Sarah Morris segendang sepenarian.

"Iko membuat segalanya jadi lebih mudah. Saya rasa ketika seseorang ahli dalam bidang yang mereka kerjakan, maka akan lebih mudah bekerja dengan mereka," terangnya.

Bagi yang sudah tak sabar menantikan aksi laga Iko bersama dua alumni pemain GotG, menurut kabar Stuber baru akan tayang di jaringan bioskop Indonesia mulai 24 Juli.

Keperkasaan Spidey diramalkan baru akan rontok akhir pekan ini seiring penayangan film animasi The Lion King milik Disney.

Berikut daftar film terlaris di AS dan Kanada pada periode 12-14 Juli 2019 (versi Box Office Pro).

1. Spider-Man: Far From Home: $45,3 juta (total $274,5 juta - pekan kedua)

2. Toy Story 4: $20,7 juta ($346,4 juta - pekan 4)

3. Crawl: $12 juta ($12 juta - pekan perdana)

4. Stuber: $8,04 juta ($8,04 juta - pekan perdana)

5. Yesterday: $6,7M $48,3 juta - pekan 3)

6. Aladdin: $5,8 juta ($331,4 juta - pekan 8)

7. Annabelle Comes Home: $5,5 juta ($60,7 juta - pekan 3)

8. Midsommar: $3,5 juta ($18,4 juta - pekan 2)

9. The Secret Life of Pets 2: $3,1 juta ($147,1 juta - pekan 6)

10. Men in Black International: $2,2 juta ($76,4 juta - pekan 5)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR