Tantangan menuju Alor, kampung halaman Yabes Roni

Pemandangan laut menujur Pulau Alor
Pemandangan laut menujur Pulau Alor | Swastika Nohara

Tim riset film Garuda 19 yang akan rilis di bioskop pada 9 Oktober 2014, bertolak menuju Pulau Alor Maret lalu untuk bertemu Yabes Roni, salah satu tokoh dalam film tersebut. Tantangan langsung menghadang tim yang terdiri dari Swastika Nohara (penulis skenario), Eko Priyono dan Agus Suhardi, tak lama setelah penerbangan Jakarta-Kupang berakhir di bandara El Tari, Kupang, NTT. Masalahnya, perjalanan dari Kupang ke Alor.

"Kami menemukan kenyataan pahit bahwa pesawat Trans Nusa yang menuju Alor sudah penuh semua selama seminggu ke depan. Sempat galau selama beberapa jam di bandara, akhirnya saya mengajak dua teman itu untuk pergi ke kantor PELNI. Saya bilang, 'Dari pada buang waktu menunggu di Kupang, kita naik kapal aja yuk?' Mereka setuju. Hore!," tulis Swastika Nohara.

Maka diputuskanlah untuk berlayar ke Pulau Alor. Satu tiket kapal Kupang-Kalabahi kelas II harganya Rp250 ribu. Sementara harga tiket pesawat antara Rp350 ribu saat low season dan Rp750 ribu saat peak season. Ternyata kapal berangkat pada jam 12 malam. Akhirnya tim melewatkan waktu di pantai yang ramai, menonton muda-mudi nongkrong, atau pacaran, karena saat itu baru jam satu siang.

Pukul sepuluh malam, tim pun bersiap berangkat. KM Awu yang ditumpangi butuh 12 jam dari Kupang ke pelabuhan Kalabahi, Alor. Lalu apa yang dilakukan selama 12 jam di atas kapal selain tidur dan makan? "Saya sempet nulis dua draft blog post, nonton satu film di laptop. Lalu bosen. Saya ajak Eko jalan keliling kapal, naik turun dek, mengintip ruang tidur kelas ekonomi sampai nekat masuk ke ruang nakhoda yang mestinya tertutup untuk penumpang," tutur Swastika lagi.

Akhirnya, keesokan harinya jam dua siang kapal merapat di pelabuhan Kalabahi. Tim disambut Arifin Panara, pria bersahaja yang mendedikasikan dirinya melatih remaja Alor main sepak bola. Ia seorang PNS, yang memperjuangkan Yabes Roni Malaifani (19), pemain pertama dari Alor di timnas sepak bola Indonesia. Demi sepak bola Alor.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR