FILM HOLLYWOOD

The Batman dan sekuel Suicide Squad bakal tayang pada 2021

Penampilan Ben Affleck sebagai Batman dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice.
Penampilan Ben Affleck sebagai Batman dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice. | Warner Bros

Warner Bros tanggal rilis dua film pahlawan super yang diangkat dari DC Comics. The Batman akan tayang pada 25 Juni 2021 dan sekuel Suicide Squad dirilis pada 6 Agustus 2021.

Dilansir dari Deadline, Rabu (30/1/2019), The Batman dipastikan tak akan menampilkan Ben Affleck. Aktor berusia 46 itu sudah memerankan Batman sejak Batman v Superman: Dawn of Justice (2016), Suicide Squad (2016), dan Justice League (2017).

Affleck saat ini sedang sibuk. Ia akan membintangi I Am Still Alive, adaptasi dari novel suspense berjudul sama karangan Kate Alice Marshall. Affleck juga akan membintangi Torrance, sebuah drama yang akan digarap sutradara Gavin O’Connor.

Tadinya, Affleck ditunjuk sebagai sutradara, penulis, sekaligus pemeran utama The Batman. Pada Februari 2017, kursi sutradara dan penulis berpindah ke tangan Matt Reeves. Naskah yang sudah ditulis Affleck dan penulis DC Geoff Johns pun dirombak sehingga latarnya menjadi kisah Batman alias Bruce Wayne saat masih muda.

Meski latarnya Wayne muda, The Batman tak akan mengadaptasi komik Batman: Year One (1987) --asal mula dirinya menjadi Batman. Lagi pula, komik itu sudah pernah diangkat sutradara Christopher Nolan ke layar lebar lewat film Batman Begins (2005) yang dibintangi Christian Bale sebagai Batman.

Lantas siapa yang akan memerankan pahlawan pelindung kota Gotham itu dalam The Batman? Bale memastikan tak akan kembali mengenakan jubah hitam Batman. Aktor asal Wales itu sudah berusia 45, tidak cocok dengan naskah baru buatan Reeves.

Comicbook.com, Kamis (31/1), pun menyusun sejumlah aktor berusia di bawah 40 yang cocok menjadi Batman. Di antaranya Armie Hammer, Riz Ahmed, Michael B. Jordan, hingga Jamie Dornan. Namun, itu semua baru tebakan belaka.

Sutradara sekuel Suicide Squad

Sekuel Suicide Squad hampir pasti bakal digarap oleh James Gunn. Menurut Hollywood Reporter, Warner Bros dan Gunn sedang dalam tahap pembicaraan akhir untuk memastikan kursi sutradara.

Hal ini tidak mengherankan, sebab Gunn adalah penulis naskah sekuel film tentang kumpulan penjahat dari DC Comics ini.

Rumornya, film bikinan Gunn bukan sekuel Suicide Squad. Judulnya mungkin hanya The Suicide Squad. Gunn disebut-sebut akan menempuh arah baru, dengan karakter dan aktor-aktor yang juga anyar.

Hal ini dapat dimengerti sebab Suicide Squad dibantai kritikus karena kualitasnya dianggap sangat buruk. Skornya di Rotten Tomatoes hanya 27 persen. Tetapi potensi sekuelnya atau mungkin produksi ulangnya akan sangat tinggi dalam mengeruk dolar.

Sebab, kritik buruk tak mampu menghambat film pertama untuk AS $746,8 juta dari seluruh dunia.

Jika Gunn jadi duduk di kursi sutradara, apalagi jika filmnya nanti sukses, itu bisa menjadi pukulan untuk Disney dan Marvel. Pada Juli 2018, Disney memberhentikan Gunn secara sepihak dari proyek Guardians of the Galaxy Vol. 3 (GOTG 3) yang sedianya ia tulis dan sutradarai.

Penyebabnya adalah cuitan lamanya pada Twitter yang mencandai topik sensitif seperti pedofilia, pemerkosaan, AIDS, pembantaian Holocaust, dan peristiwa terorisme 9 September 2011. Padahal, dua film pertama GOTG sukses secara komersial dan kualitas.

Film lain dari DC

Sebelum The Batman dan The Suicide Squad tayang, Warner Bros dan DC masih punya beberapa film yang siap meramaikan bioskop.

Ada Shazam (5 April 2019), Joker (4 Oktober 2019), Birds of Prey: And The Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn (7 Februari 2020), dan Wonder Woman 1984 (5 Juni 2020).

Cuplikan Birds of Prey telah dirilis pada Senin (28/1). Film ini masih dibintangi Margot Robbie sebagai Harley Quinn. Karakter ini muncul dalam Suicide Squad, sebagai kekasih Joker. Ia sama gilanya dengan Joker, tapi masih punya sedikit sisi baik.

Film ini akan menjadi tempat berkumpul para superhero perempuan. Selain Robbie, akan ada Black Canary (Jurnee Smollett-Bell) dan Huntress (Mary Elizabeth Winstead). Mereka akan berhadapan dengan raja kriminal Black Mask (Ewan McGregor).

Birds of Prey Teaser #1 (2020) | 'See You Soon' | Movieclips Trailers /Movieclips Trailers
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR