The Crooked Man akan menyusul jejak Valak

Penampilan The Crooked Man dalam The Conjuring 2.
Penampilan The Crooked Man dalam The Conjuring 2.
© New Line Cinema

Satu lagi tokoh iblis yang lahir dari seri Conjuring. Jika The Conjuring (2013) melahirkan teror boneka mistis yang dituang dalam sebuah sempalan (spin-off) berjudul Annabelle (2014), maka The Conjuring 2 (2016) memunculkan kembali sosok iblis Valak dalam The Nun untuk tayang pertengahan tahun depan.

Namun iblis berwujud biarawati itu bakal punya 'saudara'. Dilansir dari Hollywood Reporter (14/6/2017), sosok hantu bertopi The Crooked Man juga akan diangkat ke layar lebar. Seperti Valak, Crooked Man juga pertama kali hadir dalam The Conjuring 2.

Karakter ini mirip dengan Slender Man, mitos urban yang sempat bikin dunia maya heboh beberapa tahun lalu. Penampilan mereka serupa, tinggi dan sangat kurus. Bedanya, Crooked Man pertama kali muncul pada abad ke-17.

Figur serupa juga pernah dicatat di Jerman, dengan nama Grossmann, serta Tall Man di Rumania, dan Fear Dubh di Irlandia. Semuanya serupa, figur tinggi nan misterius yang muncul di hutan dan suka menculik anak-anak.

Conjuring 2 juga menggunakan sebuah sajak tua dalam bahasa Inggris sebagai plot untuk memunculkan si hantu bungkuk. Sajak itu berbunyi:

"There was a crooked man, and he walked a crooked mile/ He found a crooked sixpence upon a crooked stile/ He bought a crooked cat, which caught a crooked mouse/ And they all lived together in a little crooked house."

Penggunaan sajak anak-anak ini mempertegas kesukaan sutradara James Wan dalam menggunakan simbol anak-anak dalam film-film horornya. Contoh lain, boneka berhantu Annabelle dan mainan pemutar musik dalam The Conjuring.

Dalam The Conjuring 2, James Wan dan timnya tidak menggunakan efek komputer (CGI), tapi menggunakan aktor untuk menampilkan Crooked Man. Pemerannya adalah Javier Botet, aktor setinggi dua meter yang beratnya hanya 45 kg.

"Banyak orang menyangka karakter ini hasil olah CGI atau efek stop-motion. Javier Botet melakukan gerakan yang luar biasa. Ia seperti boneka stop-motion yang hidup dan bergerak terpatah-patah. Tidak pakai efek apapun," ujar Wan.

Wan tidak akan menyutradarai film The Crooked Man. Dia akan duduk di kursi produser bersama Peter Safran. Sementara naskah akan ditulis oleh Mike Van Waes. Selain Crooked Man, Van Waes sudah ditunjuk oleh New Line Cinema untuk menulis proyek adaptasi Wizard of Oz, yang bakal dibuat sebagai film horor.

Belum diketahui kapan jadwal tayang The Crooked Man. Iterasi lanjutan dari semesta Conjuring adalah Annabelle: Creation yang akan tayang November mendatang. The Nun tayang Juli 2018.

Sementara, Conjuring 3 masih dalam tahap pembicaraan. Safran sudah menyatakan bahwa film ini tak akan memiliki plot yang berpusat pada rumah berhantu seperti dua film sebelumnya. Rumornya, Conjuring 3 akan menggunakan manusia serigala sebagai tokoh antagonis.

Segala hantu dari semesta Conjuring adalah hasil adaptasi James Wan dari kisah nyata Ed dan Lorraine Warren (dalam film diperankan oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga), pasutri asal Amerika Serikat yang berprofesi sebagai penyidik paranormal pada 1970-an.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.