KONSER

The Script kembali konser di Jakarta tahun depan

Band asal Irlandia The Script, yang digawangi (kiri ke kanan) Glen Power, Danny O'Donoghue, dan Mark Sheehan akan manggung di The Kasablanka, Jakarta, pada 10 April 2018.
Band asal Irlandia The Script, yang digawangi (kiri ke kanan) Glen Power, Danny O'Donoghue, dan Mark Sheehan akan manggung di The Kasablanka, Jakarta, pada 10 April 2018. | Daniel Munoz /EPA-EFE

Konser pemusik mancanegara di Indonesia akan semakin meriah tahun depan. Setelah Katy Perry, Incubus, dan Fifth Harmony memastikan kedatangan mereka, kini menyusul The Script.

Band rock asal Irlandia tersebut akan konser untuk kedua kalinya di Indonesia--sebelumnya pada 2011 dalam acara Guinness Arthur's Day di Central Park, Jakarta. Kali ini mereka akan menghibur para penggemar di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta, pada 10 April 2018.

Kedatangan band yang digawangi oleh Danny O'Donoghue (vokal, gitar, piano), Mark Sheehan (gitar, vokal), dan Glen Power (drum, perkusi) itu diumumkan melalui akun Facebook resmi The Script, Selasa (12/12/2017).

Konser di Jakarta, yang dipromotori oleh Full Colour Entertainment, tersebut merupakan rangkaian dari "Freedom Child Tour" yang merupakan promosi dari album terbaru Freedom Child yang dirilis pada September 2017.

Indonesia menjadi negara pertama yang disinggahi The Script dalam perjalanan konser tersebut. Setelah The Kasablanka Hall, negara Asia Tenggara yang bakal disinggahi mereka adalah Singapura (12 April), Filipina (14 April), dan Thailand (28 April).

Freedom Child Tour dimulai pada 21 Agustus 2017 di Dublin, Irlandia, tanah kelahiran mereka, dan dijadwalkan berakhir di Nebi Festival, Denmark, pada 4 Juli 2018.

Mengutip detik.com (13/12), penjualan tiket konser tersebut di Jakarta akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu masa pra-penjualan pada 15-31 Desember dan penjualan normal mulai 1 Januari 2018.

Harga tiket pada masa pra-penjualan adalah Rp650.000 untuk kelas Festival, Rp990.000 (Golden Priority Class), dan Rp2,25 juta (VVIP, termasuk makanan dan minuman ringan).

Sementara pada periode normal harga tiket naik menjadi Rp850 ribu untuk Fjestival, Rp1,25 juta (Golden Priority Class), dan Rp2,5 juta (VVIP, termasuk makanan dan minuman ringan).

Okezone mengabarkan tiket tersebut nanti bisa dibeli di situs book my show dan Rajakarcis.com.

Sebuah langkah maju

Freedom Child tersebut merupakan album kelima band yang dibentuk di Dublin pada tahun 2001 tersebut.

O'Donoghue dan Sheehan adalah teman sejak kecil dan sempat menjadi anggota boyband bernama My Town pada akhir 1990-an. Keduanya kemudian bekerja sama menciptakan lagu hingga pindah ke Kanada lalu ke Amerika Serikat.

Mereka sempat menulis lagu dan menjadi produser bagi Boyz II Man, Britney Spears, dan TLC sebelum memutuskan untuk kembali ke Dublin dan bertemu dengan pemain drum Glen Power.

Merasa cocok, mereka lalu membentuk The Script dan album perdana berjudul The Script dirilis pada 2008 setelah bergabung dengan label Phonogenic.

Lagu "The Man Who Can't Be Moved" membawa album tersebut memuncaki tangga lagu Inggris Raya dan The Script naik menjadi salah satu band rock ternama Irlandia.

Setelah itu The Script berturut-turut mengeluarkan album Science & Faith (2010), #3 (2012), dan No Sound Without Silence (2014).

Istirahat selama tiga tahun, mereka akhirnya meluncurkan Freedom Child pada September 2017 dengan single perdana "Rain".

"(Freedom Child) jelas merupakan sebuah langkah maju. Saya pikir kami sempat sedikit terlalu santai," kata O'Donoghue dalam wawancara dengan Metro.

"Empat rekaman terakhir memiliki bunyi yang tak sama tetapi langkah maju kami terlalu pelan. Kami berlibur selama setahun, hanya menenangkan diri untuk meresapi semua hal yang telah terjadi, baik secara musik, budaya, politik, dan saya pikir semua itu tergambarkan pada musik kami saat ini."

Mereka pun mesti berjuang mengantisipasi perubahan-perubahan dalam dunia musik setelah tiga tahun tak merilis karya-karya baru.

"Kami mesti reaktif. Kami ingin mengubah bunyi kami atau sedikit mendorong bunyi tersebut. Beradaptasi, berubah atau mati adalah industri ini. Industri ini amat sulit," kata Sheehan.

Mengenai Freedom Child Tour, O'Donoghue menyatakan bahwa mereka ingin konser di ruang yang tak terlalu besar, sekitar 2.000-4.000 penonton, agar merasa lebih dekat dengan para penonton.

"Jika kami merasakan cinta, kami akan datang kembali," kata sang vokalis.

The Script - Rain (Official Video) /TheScriptVEVO
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR