MUSIK MANCANEGARA

The Used membeberkan progres album terbaru

The Used usai sesi wawancara sebelum tampil di Hodgepodge Superfest (31/8/2019).
The Used usai sesi wawancara sebelum tampil di Hodgepodge Superfest (31/8/2019). | Indra Rosalia/Beritagar.id

Sekitar satu jam sebelum mereka naik panggung di Hodgepodge Superfest, Sabtu (31/8/2019) malam, The Used memberikan kesempatan para jurnalis melakukan sesi roundtable interview.

Proses wawancara berlangsung di tenda artis, samping panggung Super Music ID. Diiringi suara musik dari The Japanese House yang tampil sekitar 100 meter dari tenda, kami mendapat jatah waktu 10 menit.

Waktu efektif untuk mewawancarai vokalis Bert McCracken, bassis Jeph Howard, drummer Dan Whitesides, dan gitaris Joey Bradford sejatinya hanya enam menit karena sisanya kami pergunakan untuk memotret mereka.

Lantaran suara musik yang keras menembus terpal tenda tempat wawancara berlangsung, Dan Whitesides mengajak kami lebih mendekat dengan mereka yang santai bersandar di sofa. Jeph Howard bahkan anteng saja menduduki sandaran tangan sofa di tepi kanan.

“Kalian harus berteriak kepada kami kalau ingin mengajukan pertanyaan,” kelakar Whitesides yang masuk formasi The Used menggantikan posisi Branden Steineckert pada 2006.

McCracken dkk. dalam kesempatan yang singkat itu membicarakan tentang progres album terbaru mereka. Pasalnya mereka terakhir merilis album penuh dua tahun silam.

Album bertajuk The Canyon yang berisi 17 lagu itu sekaligus perpisahan untuk gitaris Justin Shekoski. Tempatnya kemudian digantikan Bradford, mantan personel kelompok Hell or Highwater.

Lalu, dalam rangka turut merayakan Record Store Day pada 13 April 2019, band ini sempat merilis mini album eksklusif berisi empat lagu dalam kemasan piringan hitam 12 inci.

Empat lagu tersebut terdiri dari dua lagu lama mereka yang direkam kembali, serta dua lagu cover version, masing-masing berjudul “Shadow of the Day” milik Linkin Park dan “Smells Like Teen Spirit” yang dipopulerkan Nirvana.

“Proses merekam album baru berjalan lancar. Kami sudah memulainya sejak beberapa minggu belakangan ini. Masih ada beberapa bulan lagi untuk mematangkannya sehingga kami siap merilisnya," ungkap Howard.

Ditambahkan McCracken, album kedelapan mereka nanti akan terdengar sangat berbeda dari yang sudah mereka buat sebelumnya. “Saya harap seperti kombinasi dari banyak genre album yang pernah ada,” pungkasnya.

“Itu akan menjadi album terakhir kami. Sebelum kami membuat album baru berikutnya,” kelakar Jeph.

Dalam wawancara bersama Mike Z. dari KCAL 96.7's RadioActive (h/t Loudwire), Howard mengatakan bahwa proses menciptakan lagu-lagu baru bersama Bradford sang gitaris baru berjalan sangat produktif.

“Awalnya kami berniat merilis dua single sebelum mengikuti Rockstar Disrupt Tour, tapi kami memutuskan untuk menundanya dan menunggu hingga tur kelar,”

Penampilan The Used di Hodgepodge Superfest merupakan yang terakhir sebelum memutuskan rehat selama sebulan.

Masa rehat itulah yang mereka manfaatkan untuk kembali masuk ke studio rekaman. Sebab ada rencana untuk menelurkan album baru tersebut sebelum mereka memulai tur kembali pada Januari 2020.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR