ALBUM MUSIK

The Weeknd luncurkan album kejutan bertema cinta

The Weeknd saat konser di FIB Festival, Spanyol, 13 Juli 2017.
The Weeknd saat konser di FIB Festival, Spanyol, 13 Juli 2017. | Christian Bertrand /Shutterstock

Baru saja berkarya untuk soundtrack film Black Panther, The Weeknd kembali luncurkan sederet lagu. Kali ini ia membuat album untuk melanjutkan kesuksesan Starboy (2016) yang meraih Grammy Award untuk kategori Best Contemporary Urban Album.

Bertajuk My Dear Melancholy, album yang diluncurkan pada Jumat (30/3/2018) ini disebut sebagai sebuah kejutan. Maklum tak pernah ada kabar bahwa lelaki 28 tahun tersebut akan segera merilis apapun dalam waktu dekat.

Peluncuran ini awalnya sempat sengaja dibocorkan The Weeknd lewat salah satu unggahan foto di Instagram yang berisi percakapan dengan La Mar pada Rabu (28/3). Orang dimaksud adalah La Mar Taylor, sang direktur kreatif, meski publik sudah menduga sebagai mitranya, Kendrick Lamar.

A post shared by The Weeknd (@theweeknd) on

Berselang dua hari, penyanyi bernama asli Abel Makkonen Tesfaye tersebut kembali mengunggah foto yang menyatakan resminya peluncuran My Dear Melancholy.

Ada enam lagu yang dibawakan oleh lelaki asal Kanada ini. Keenamnya berjudul "Call Out My Name", "Try Me", "Wasted Times", "I Was Never There", "Hurt You", dan "Privilege" yang masih bermain di genre R&B.

Dalam menggarap album barunya ini, The Weeknd menggandeng serta beberapa nama populer di industri musik. Ada dua lagu yang merupakan hasil kolaborasinya dengan DJ asal Prancis, Gesaffelstein, yakni "I Was Never There" dan "Hurt You".

Lalu pada laman kredit, tertera pula sederet nama beken seperti Guy-Manuel de Homem-Christo dari Daft Punk, Mike WiLL Made-It, Skrillex, Frank Dukes, dan banyak lagi. Namun, tak seperti dugaan banyak orang, tak ada nama Kendrick Lamar di sana.

Seorang sumber mengatakan kepada Billboard bahwa pada album kali ini nuansanya akan sangat berbeda dengan Starboy yang bertempo cepat dan bertema pesta. The Weeknd justru akan kembali ke akarnya.

My Dear Melancholy akan menghanyutkan Anda dalam alunan tempo lambat yang membakar secara perlahan serta permainan falseto ala lelaki yang akrab disapa Abel ini, mirip seperti pada album Trilogy keluaran 2012.

Tak bertema pesta seperti pada beberapa lagu yang diluncurkan belakangan, The Weeknd justru banyak melampirkan sederet lirik sedih tentang percintaan pada album keempat ini. Dilansir E!Online, lirik pada hampir semua lagu tersebut diduga adalah karya The Weeknd untuk menggambarkan kisah cintanya bersama dua mantan kekasihnya, Selena Gomez dan Bella Hadid.

Salah satu yang menarik dan banyak dibicarakan adalah lagu "Privilege" yang menceritakan tentang bagaimana dia menjaga sang kekasih dan melindunginya dalam masa-masa kesengsaraan. Sayangnya, hubungan itu harus kandas.

Lirik pada lagu itu disebut-sebut mirip dengan kisah hidupnya saat ia harus menemani Gomez yang mengalami gagal ginjal hingga terpaksa menjadwal ulang konsernya pada September 2017. Tak lama setelah Gomez melakukan operasi, pada Oktober 2017 keduanya dikabarkan tak lagi berhubungan.

Banyak juga yang menganalisis lagu "Call Out My Name". Di sana ada syair "I almost cut a piece of myself for your life" yang diduga sebagai gambaran upaya The Weeknd memberikan ginjalnya dalam menyelamatkan nyawa Gomez yang saat itu harus menjalani transplantasi ginjal. Gomez pada akhirnya mendapat donor ginjal dari sahabatnya, Francia Raisa.

Saat ini lagu-lagunya sudah bisa Anda dengar di akun YouTube resmi The Weeknd dan Spotify. Anda juga bisa memiliki merchandise resmi My Dear Melancholy yang dijual di situs resmi The Weeknd.

Meskipun belum ada konfirmasi dari pihak The Weeknd, tetapi banyak yang meramalkan bahwa lagu-lagu barunya akan dibawakan saat tampil di festival musik Coachella, AS, pada April mendatang.

The Weeknd - Call Out My Name (Official Audio) /The Weeknd
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR