MUSIK INDONESIA

Titi DJ curahkan hati dalam single "Tuhan Jaga Diriku"

Titi DJ saat peluncuran single terbarunya "Tuhan Jaga Dia" di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Kamis (10/10/2019).
Titi DJ saat peluncuran single terbarunya "Tuhan Jaga Dia" di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Kamis (10/10/2019). |

Setelah 35 tahun berkarya di belantika musik Indonesia dan melahirkan 17 album solo, Titi DJ untuk pertamakalinya mendendangkan lagu bertema religi. Judulnya "Tuhan Jaga Diriku". Single tersebut diperkenalkannya dalam acara jumpa pers di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Lagu tersebut diciptakan oleh Reggie Chasmala, yang juga berperan sebagai produser musik single rilisan Emotion Entertainment. Diva berusia 53 tahun itu mengaku langsung jatuh cinta pada pendengaran pertama.

"Jadi begini, waktu saya dengar lagu ini, langsung jatuh cinta. Akhirnya mau, saya belum pernah punya lagu yang menyuarakan apa yang saya rasakan, bukan dalam bentuk cinta kepada orang," kata biduanita bernama lengkap Titi Dwi Jayati itu.

Lirik dalam lagu tersebut dirasanya sangat personal, karena berkaitan dengan kehidupannya sebagai orang tua tunggal yang berjuang membesarkan empat orang anak.

Salmaa Chetisza, Salwaa Chetizsa, Daffa Jenaro, dan Stephanie Poetri kini telah beranjak dewasa dan menekuni bidang pekerjaan mereka masing-masing. Stephanie bahkan telah mengikuti jejak sang bunda, memulai karier sebagai penyanyi bersama label rekaman 88 Rising di Amerika Serikat.

Bayangan perjalanan keluarga yang tergambar dalam lirik tersebut membuat Titi mengaku sulit menahan emosi dalam proses rekamannya.

Take vocal lagu ini saya menahan emosi. Pas latihan di rumah padahal sesenggukan, nangis. Kalau buat saya lebih personal lagi. Saya (berusia) 53 tahun, anak udah besar semua. Sudah tak perlu lagi dijaga. Meski semua ibu pasti akan jaga anaknya lewat doa dan lainnya,” jelasnya.

Titi pun seperti sengaja meluapkan emosinya ketika mendendangkan lagu tersebut di hadapan para wartawan. Ia biarkan air matanya menetes. Seketika suasana di Motion Blue Lounge menjadi hening dan rasa haru seperti merasuki mereka yang hadir.

Perempuan asli Jakarta itu lantas menyatakan bahwa lagu ini merupakan curahan hatinya yang paling dalam kepada Tuhan.

“Aku single mom. Ke mana lagi akan minta penjagaan kecuali kepada Yang di Atas. Minta dijagain sama Tuhan supaya bisa lebih bisa take care. Iya, memang curhat terus terang. Curhat paling dalam," ucap biduanita yang telah tiga kali membina rumah tangga tetapi selalu putus di tengah jalan itu.

Titi ingin agar lagu ini bisa menjadi inspirasi bagi para ibu yang harus menjalani kehidupan sebagai orang tua tunggal. "Ibu single parent yang sendiri urus anaknya, jangan khawatir, Tuhan akan tetap jaga kalau rajin berdoa, meminta," tuturnya.

Tak paksakan momen keagamaan

Para musisi, bukan hanya di Indonesia, biasanya merilis lagu bertema religi menjelang hari besar agama. Namun Titi memilih untuk tidak melalui jalan itu. Ia menyatakan tak ingin merilis lagu bertema agama di hari raya hanya agar laris di pasaran.

“Saya merasa terlalu memaksakan momen begitu moment of ramadhan, lagu religi supaya laku. Berarti kan merilis lagunya supaya laku, bukan karena kita mengingat Tuhan. Bukan mengecilkan musisi atau penyanyi yang membuat lagu religi saat itu. Kalo saya pribadi sih begitu," jelasnya.

"Tuhan Jaga Diriku", menurut Titi, layak untuk dirilis dan diperdengarkan kapanpun. Saat berdiskusi, Emotion menyetujui permintaannya untuk segera merilis single tersebut tanpa menunggu momen keagamaan.

"Lagu ini akan beda-beda dampaknya buat siapapun yang mendengarkan. Orang yang lupa pada Tuhan akan diingatkan dengan lagu ini," katanya.

“Tuhan Jaga Diriku” adalah single yang menjadi bagian dari album ke-18 yang rencananya akan dirilis Titi DJ dan Emotion Entertainment tahun depan. Lagu itu sudah tersedia di berbagai platform musik online sejak Jumat (11/10).

TITI DJ - Tuhan Jaga Diriku (Official Music Video) /Emotion Entertainment
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR