Tugas ekstra Oka Antara di Jakarta Undercover

Oka Antara (tengah) berperan sebagai Pras dalam film Moammar Emka's Jakarta Undercover.
Oka Antara (tengah) berperan sebagai Pras dalam film Moammar Emka's Jakarta Undercover. | Pio Kharisma/Demi Istri Production

Nikita Mirzani dan Tiara Eve dipasangkan dengan Oka Antara (35) dalam film Moammar Emka's Jakarta Undercover (MKJUC). Meski dibuat menangis oleh aktor asal Bali itu, keduanya justru merasa senang.

Dalam acara konferensi pers yang berlangsung di Jenja Club & Bar, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2017), Niki dan Tiara mengaku kesulitan harus menangis sungguhan saat syuting film ini.

Sosok yang membantu mengatasi masalah tersebut adalah Oka. Bagaimana cara sehingga "Pemeran Utama Pria Terpuji" di Festival Film Bandung 2010 mampu menggali sisi emosional rekan mainnya?

Kepada Niki, Oka mengajak bercakap-cakap soal kehidupan. Termasuk menggali masa kecil perempuan berusia 30 itu.

Niki yang turut mengisi lagu tema film ini kemudian urung memakai obat tetes mata untuk mengakali kesulitannya melakoni adegan menangis.

"Mas Oka pintar memancing (emosi) saya. Dia berhasil mengingatkan kejadian-kejadian menyedihkan dalam hidup hingga akhirnya bisa bikin saya menangis. Terus setelah saya menangis, dia memeluk saya," ungkap Niki.

Pendekatan serupa dilakukan pemilik nama asli Nyoman Oka Wisnupadha Antara kepada Tiara Eve. Sebagai debutan di ranah film, perempuan yang lebih dikenal sebagai disc jockey (DJ) juga tak kalah kesulitan saat harus melakoni sejumlah adegan, terutama menangis.

"Ada banyak adegan dalam film ini yang emosinya tidak bisa saya ciptakan tanpa pertolongan Oka. Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih atas bantuan dia," ucap Tiara yang aslinya bernama Nestiara Octaviani kepada Beritagar.id.

Tiara mencontohkan satu adegan turun dari tangga yang menuntutnya harus menangis sejadinya.

Oka yang sedang ribet mempersiapkan adegan berantem dengan Tyo Pakusadewo ternyata masih bersedia meluangkan waktu membantu Tiara.

"Dia mengajak saya mengobrol, membangkitkan atmosfer melankolis dalam diri saya, dan setelah saya sudah dapat emosinya, dia balik lagi mempersiapkan adegan berantemnya. Oka juara deh," pungkas Tiara.

Dalam film, Tiara bermain sebagai Laura, perempuan yang terpaksa memilih sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK) untuk memenuhi kebutuhan keluarga setelah ayahnya tersandung kasus korupsi dan ditangkap polisi.

Sementara Pras, yang diperankan Oka, merupakan perantau yang datang ke Jakarta dan bekerja sebagai jurnalis di sebuah majalah. Keduanya lantas menjalin hubungan asmara.

Fajar Nugros selaku sutradara menyebut MKJUC sebagai film yang menceritakan sisi lain dunia malam Jakarta. Di balik gemerlapan lampu, tersimpan banyak cerita yang begitu kejam seperti kekerasan terhadap wanita, premanisme, dan penindasan terhadap kaum minoritas.

Meskipun sama menjadikan buku "Jakarta Undercover" karya Moammar Emka sebagai basis cerita, Fajar menyebut versinya kali ini tidak berkaitan dengan film Jakarta Undercover (2007) yang disutradarai Lance. Jadi, bukan versi pembuatan ulang atau sekuel dari yang sebelumnya.

"Film ini coba memandang kehidupan malam Jakarta dari kacamata Moammar Emka. Alasan itu juga yang membuat kami memasang namanya sebagai bagian dari judul film," tambah Fajar.

Film produksi Grafent Pictures dan Demi Istri Production yang juga dibintangi Baim Wong, Ganindra Bimo, Lukman Sardi, Richard Kyle, Agus Kuncoro, dan Edo Borne itu direncanakan tayang mulai 23 Februari 2017.

OFFICIAL TRAILER #2 MOAMMAR EMKA'S JAKARTA UNDERCOVER /demi istri production
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR