KONSER

TVXQ akhiri 16 tahun penantian Cassiopeia Indonesia

U-Know Yunho (kiri) dan Max Changmin dari TVXQ saat konser di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (31/8/2019) malam.
U-Know Yunho (kiri) dan Max Changmin dari TVXQ saat konser di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (31/8/2019) malam. | Graceldis Loanardo /Beritagar.id

Penantian Niken selama 16 tahun terbayar tuntas pada Sabtu (31/8/2019) malam itu. Perempuan asal Bogor, Jawa Barat, tersebut akhirnya bisa menyaksikan langsung performa band K-Pop idolanya, TVXQ di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Band, mungkin saat ini lebih tepat disebut duo, dari Korea Selatan itu untuk pertamakalinya konser di Indonesia sejak mereka berdiri pada 2003. Saat itu TVXQ (Tong Vfang Xien Qi/Dewa yang Terbit di Timur) beranggotakan lima orang, tapi sejak 2010 tersisa dua, yakni U-Know Yunho dan Max Changmin.

Tiga mantan rekan segrup mereka, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Junsu, kini berkibar dengan bendera JYY.

TVXQ, yang berada di bawah naungan SM Entertainment tersebut, bisa dibilang sebagai salah satu peretas jalan bagi popularitas K-Pop nan mendunia saat ini. Namun belum sekalipun mereka datang ke Nusantara.

Tak heran jika para Cassiopeia--sebutan untuk penggemar mereka--tampak amat bersemangat saat menunggu dibukanya pintu masuk ke arena konser di ICE.

"Ibarat kata kita ini kayak lagu Bang Toyib, menunggu TVXQ yang tak pulang pulang. Bayangkan, sudah 16 tahun kami fans-nya menunggu mereka tampil di Indonesia," tutur Niken, merujuk pada satu lagu dangdut populer di Indonesia.

"Mereka ini ibarat kata dewanya K-Pop, mereka sudah ada sejak 2003, dan sampai saat ini masih bertahan walaupun hanya dua orang," tambah Siska, penggemar lain yang datang dari Bogor bersama teman-temannya.

Para Cassiopeia Indonesia gembira menyambut konser perdana TVXQ di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (31/8/2019).
Para Cassiopeia Indonesia gembira menyambut konser perdana TVXQ di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (31/8/2019). | Graceldis Loanardo /Beritagar.id

Niken dan beberapa penonton lain dari luar kota Tangerang pun rela merogoh dompet lebih dalam untuk menginap di hotel dekat lokasi konser agar tidak terlambat. Tidak hanya masyarakat Indonesia, bahkan tampak fans dari Korea, Jepang, Hongkong, Tailand, bahkan Australia antre di pintu masuk.

“Saya datang ke sini bersama keluarga, dan saya sudah menyukai TVXQ sejak saya berumur lima belas tahun, karena mama saya juga penggemarnya,” tutur Yuri, fans asal Jepang kepada Beritagar.id.

Dudy P. Zarius, manajer komunikasi dan pemasaran Dyandra Global Edutainment, promotor konser TVXQ di Indonesia, menyatakan sekitar 81 persen dari 4.700 tiket yang disediakan terjual. "Target awal kami adalah 75 persen terjual. Jadi, kami telah melebihi target," katanya.

Tiket tersebut dijual mulai Rp900.000 hingga Rp3.000.000

Membius penonton

Aksi U-Know Yunho dari TVXQ saat konser di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (31/8/2019).
Aksi U-Know Yunho dari TVXQ saat konser di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (31/8/2019). | Graceldis Loanardo /Beritagar.id

Yunho dan Changmin tampak berhasil membius para penggemar yang telah lama menanti mereka itu. Konser bertajuk "TVXQ! CONCERT-CIRCLE #with in Jakarta" ditata dengan baik sehingga 2,5 jam tanpa terasa berlalu.

"Karena karena ini konser pertama kami di indonesia, kami sudah menyediakan banyak hal spesial malam ini," teriak Yunho, menyapa penonton setelah dua lagu dinyanyikan.

Sebanyak 23 lagu mereka bawakan. Sebagian besar berasal dari dua album terakhir, yaitu New Chapter No. 1: The Chance of Love dan New Chapter No. 2: The Truth of Love.

Hasl spesial yang dijanjikan Yunho itu tampak pada aksi panggung mereka yang memukau para Cassiopeia. Meski hanya berdua, iringan penari latar dan koreografi yang ditampilkan membuat panggung tak tampak sepi dan kosong.

Penonton yang nyaris memenuhi ruang konser, ujar Changmin, menghilangkan rasa khawatir akan konser pertama mereka di Indonesia. Ia menyatakan kaget karena banyak Cassiopeia yang menanti kehadiran mereka.

Oleh karena itu, menjelang berakhirnya konser, mereka menegaskan malam di ICE BSD itu takkan menjadi penampilan pertama dan terakhir mereka di Indonesia.

"Kami akan kembali lagi. Kalian akan nonton lagi kan? Janji ya," kata Yunho menutup konser tersebut.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR