Upaya Gita Gutawa melestarikan lagu nasional

Penyanyi Gita Gutawa menghadiri acara Jelang Konser Indonesia Harmoni di Jakarta, Kamis (23/3).
Penyanyi Gita Gutawa menghadiri acara Jelang Konser Indonesia Harmoni di Jakarta, Kamis (23/3).
© Muhammad Adimaja /AP Photo

Gita Gutawa merayakan hari lahir pahlawan nasional RA Kartini dengan cara yang berbeda. Ia menyanyikan lagu "Ibu Kita Kartini" karya WR Supratman dengan aransemen baru yang berbeda.

Lagu tunggal (single) tersebut dirilis Gita melalui Apple Music, tepat pada perayaan Hari Kartini, Jumat (21/4/2017), pun menjadi bagian dari program #PerempuanJugaBisa, berkolaborasi dengan Vidio.com.

IBU KITA KARTINI (HARI KARTINI) - GITA GUTAWA (Official Lyric Video - HD)
© Gita Gutawa Official

Selain itu, lagu tunggal tersebut juga merupakan lanjutan dari proyek Gita Puja Indonesia yang sudah dijalankan sejak November 2016 oleh penyanyi berusia 23 tahun itu.

Gita Puja Indonesia, yang dikabarkan Antaranews (23/3) akan berlangsung setahun penuh, merupakan upaya sang penyanyi untuk ikut serta melestarikan lagu-lagu nasional yang kadang terlupakan. Dalam menjalankan proyek itu, Gita dibantu sang ayah yang juga pemusik, Erwin Gutawa, untuk mengaransemen ulang lagu-lagu tersebut dalam balutan orkestra.

Produk perdana Gita Puja Indonesia adalah aransemen ulang lagu "Terima Kasihku (Hari Guru)" karya Sri Widodo yang dirilis pada Hari Guru, 25 November 2016. Pada saat bersamaan, ia juga meluncurkan gerakan #TeruskanIlmu dan #BalasBudiGuru.

TERIMA KASIHKU (HARI GURU) - GITA GUTAWA (Official Lyric Video - HD)
© Gita Gutawa Official

"Gita Puja Indonesia ini memang proyek kita selama satu tahun. Dan saya keluarkan (lagu) satu per satu di setiap hari besar nasional," kata Gita dikutip Kompas.com (20/4).

"Saya mengeluarkan (lagu) yang memang spirit-nya sama. Kemarin dengan 'Hari Guru', terus sekarang 'Ibu Kita Kartini' karya WR Supratman."

Proyek pelestarian lagu-lagu nasional itu, tutur Gita, dilakukannya untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air melalui lagu nasional.

"Musik sebenarnya yang menyatukan kita. Selama masa kemerdekaan menyebarkan paham nasional lewat musik. Mungkin kalau enggak ada musik, merdekanya agak lama juga," kata dia. "Kembali lagi di era sekarang sebagai generasi muda memprihatinkan ada perpecahan ini, isu itu, lewat musik semoga bisa bersatu kembali."

Selain menyanyikan kembali lagu nasional, Gita juga melakukan gerakan dengan berkampanye digital lewat sosial media.

Melalui #PerempuanJugaBisa, dara kelahiran Jakarta 11 Agustus 1993 ini juga ingin mengajak para perempuan Indonesia agar berani membuktikan kemampuannya kepada dunia.

"Sekarang kita bisa lihat sosok perempuan-perempuan tangguh dari ibu rumah tangga, sampai CEO perusahaan, bahkan supir ojek online. Itu yang membuat saya akhirnya terinspirasi untuk membuat gerakan #PerempuanJugaBisa," tutur Gita kepada Liputan6.com.

"Yuk tunjukkan, bikin video kamu atau sekitar kamu untuk memperlihatkan perempuan juga bisa loh, enggak cuma laki-laki doang."

Tentang Kartini, ia mengaku terinspirasi oleh sosok dan semangat juang pahlawan nasional itu.

"Kartini seperti panutan saya karena mengajarkan saya punya cita cita tinggi, yang mungkin dahulu mustahil, tapi dia tetap menggapainya." ujar Gita Gutawa kepada Viva.co.id (20/4).

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.