MUSIK INDONESIA

Ussy rilis video klip ala Korea dan foto promosi ala Vogue

Ussy Sulistiawaty, Selasa (23/10/2018).
Ussy Sulistiawaty, Selasa (23/10/2018). | Hafidz Mubarak A /Antara Foto

Pesohor Tanah Air, Ussy Sulistiawaty kembali luncurkan lagu baru setelah menelurkan album terakhir tahun lalu. Istri dari pesinetron Andhika Pratama ini meluncurkan single terbarunya berjudul Hadija pada Sabtu, 16 Maret 2019.

Hadija yang merupakan kependekan dari Hanya Dirimu Saja itu dibuat dengan konsep yang cukup unik. Mulai dari video musiknya, hingga foto-foto sebagai materi promosinya.

Lagu Hadija sendiri bergenre pop balada. Liriknya bercerita tentang kisah percintaan dua insan dengan kata-kata yang kekinian.

Ussy Sulistiawaty - HADIJA (Hanya Dirimu Saja) - (Official Music Video) /Ussy Sulistiawaty Official

"Lagu itu sebenarnya sudah jadi lama, tapi bingung ngasih judulnya. Sampai akhirnya kedatangan Mas Emka (penulis Moammar Emka) di sini, aku minta dia dengerin lagunya, dan dia bilang 'Hadija' saja judulnya. Dia kasih ide itu," tutur Ussy kepada detikcom, Jumat (15/3).

Uniknya, Ussy berkolaborasi dengan sutradara Darius Manihuruk membuat video musik yang tak biasa. Konsepnya terinspirasi dari drama Korea.

Unsur drama khas Korea Selatan tampak jelas terlihat dari pemilihan busana. Pemeran sepasang kekasih yang dilakoni oleh Ussy sendiri serta model bernama Gariz Luis banyak bermain dengan baju hangat (sweater) bermodel kebesaran ala Korea.

Dalam beberapa adegan, Ussy juga tampil mengenakan baju penuh renda berwarna putih yang sangat feminin.

Tak hanya dari segi busana, dalam hal sinematografi video Hadija dibuat sendu dengan nuansa warna kebiruan. Adegan demi adegan pun dibuat dengan teknik gerak lambat (slow motion).

Menurut rencana, video klip ini nantinya akan dibuat bersambung. Bukan untuk lagu kedua, melainkan ke web series yang tengah digarapnya.

"Jadi video klipnya aku sambungin ke web series. Jadi aku bikin serial di YouTube buat sambungannya gitu," paparnya, seperti dikutip Tribunnews, Jumat (15/3).

Kendati belum membocorkan konsep dan jalan cerita, tapi menurut pengakuannya, Ussy akan turut melibatkan penggemarnya dalam setiap episode.

Sementara itu, untuk mempromosikan lagunya, Ussy juga membuat proyek foto mode. Lagi-lagi ibu empat anak ini memilih tema yang unik dengan konsep bertema "Wild Fashion, Fashion X Attitude".

Lokasi pemotretannya diambil di gang-gang sempit nan kumuh ibu kota. Alih-alih bergaya seperti ibu-ibu di sekelilingnya, Ussy tampil kontras dengan balutan busana mewah, lengkap dengan aksesori mentereng.

Pelantun lagu "Sepanjang Usia" itu bergaya dengan mengenakan produk mode keluaran rumah mode kelas dunia. Sebut saja kaus Gucci, tas Balenciaga, hingga Hermes.

Foto-fotonya dibuat dengan kontras dan saturasi tinggi yang membuat keseluruhan gambar kian cantik. Sekilas, mirip dengan konsep foto-foto editorial mode pada majalah Vogue.

Bukan tanpa sebab, menurut Ussy konsep ini dibuat untuk menceritakan tentang perilaku masyarakat, baik si kaya atau si miskin yang selalu mencari kenyamanan. Hal ini digambarkan dengan jenama mewah yang dikenakan tak pada tempatnya.

"Memang sengaja aku pakai barang bermerek dan yang dikeluarin kayak Hermes Croco tapi di tempat-tempat nggak biasa, terus di-mix sama pesan-pesan khusus. Fotonya ini pun cuma untuk mereka yang paham, jadi see with your heart not only your eyes," tutur Ussy, seperti dikutip Wolipop, Selasa (19/3).

Masih digarap oleh Darius Manihuruk, tapi dalam memadupadankan busananya, Ussy dibantu oleh penata gaya selebriti, Rikki Simanjuntak.

Sejauh ini sudah ada lima foto yang diunggah di akun Instagram resminya. Foto pertama diambil di gang sempit. Dirinya diapit oleh ibu-ibu berdaster yang tampak sedang merumpi.

Foto kedua menggambarkan kesibukannya saat sedang mencuci pakaian di mesin cuci tua. Lagi-lagi busananya tak menampakkan dirinya sebagai ibu rumah tangga.

Lalu, ada juga gayanya saat berlaga bak roker, lengkap dengan pakaian hitam dan jaket kulit merah. Sebagai kontras, dia memegang ayam jago, di belakangnya juga ada bapak-bapak yang duduk santai.

Foto keempat, Ussy tampak asyik menikmati semangkuk mi instan di warung kopi. Dia mengenakan gaun merah mewah keluaran Gucci.

Lalu, pada foto terakhir, dia berpose dengan buah-buahan di tukang sayur pinggir jalan. Di belakangnya ada sekelompok ibu-ibu yang tengah berbisik seolah bergunjing tentangnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR