ALBUM MUSIK

Video musik baru Seringai jadi pemanasan untuk album berikutnya

Para personel Seringai, (kiri ke kanan) Ricky Siahaan, Arian13, Sammy Bramantyo, dan Eddy Khemod, berpose di studio.
Para personel Seringai, (kiri ke kanan) Ricky Siahaan, Arian13, Sammy Bramantyo, dan Eddy Khemod, berpose di studio. | Rigel Haryanto /Brainwashed Management

Waktu sudah berlalu cukup lama sejak kali terakhir band rock Seringai merilis video musik. Pada 2008, tak lama setelah merilis album perdana Serigala Militia (2007), tiga video mereka buat untuk lagu "Mengadili Persepsi (Bermain Tuhan)", "Citra Natural", dan "Serigala Militia".

Namun untuk album selanjutnya yang bertajuk Taring (2012), mereka tidak merilis video musik sama sekali.

Kebuntuan itu berakhir Kamis (5/6/2018) sore. Band yang digawangi Arian13 (vokal), Ricky Siahaan (gitar), Sammy Bramantyo (bas), dan Edy Khemod (drum) tersebut merilis video “Selamanya” melalui akun YouTube resmi mereka, SeringaiOfficial.

Bentuk video berdurasi tiga menit 41 detik ini laiknya film dokumenter; proses pengambilan gambarnya memang menampilkan para penggemar Seringai yang tergabung dalam kelompok Serigala Militia.

Mereka menikmati pertunjukan bertajuk “Wahana Pesta Seringai” dari dalam sebuah bis dan bersenang-senang bersama band pujaannya sambil keliling kota.

Video “Selamanya” digarap oleh sutradara Surya Adi Susianto. Sebelumnya ia pernah menangani video musik “Terlalu Lama Sendiri” untuk Kunto Aji, serta pernah memproduksi serial web sepanjang tiga episode bertajuk Gue Decide yang mengangkat permasalahan utama generasi milenial dalam mengambil keputusan

SERINGAI "Selamanya" (Official Music Video) /seringaiofficial

Album baru segera dirilis

"Selamanya" adalah lagu pembuka untuk album studio terbaru Seringai. Versi lagu tunggal (single) berdurasi dua menit 56 detik sudah diluncurkan mendahului videonya, tepatnya pada 28 Juni melalui berbagai platform musik digital.

“Sangat senang dengan hasil akhir album terbaru Seringai. Heavy, nampol, fun dan penuh semangat. Setelah lebih dari 16 tahun, saya senang kami masih bisa tetap bersenang-senang dan menggila,” ujar Sammy Bramantyo, dalam rilis pers yang diterima Beritagar.id pada Rabu (5/7).

Seringai belum buka suara soal judul dan daftar lagu untuk album tersebut, juga jadwal rilisnya. Perwakilan Seringai hanya menyatakan album baru tersebut akan dirilis dalam waktu dekat. Sementara jumlah lagu sudah dipastikan ada 11 buah dan sebuah lagu intro, seluruhnya diproduseri oleh gitaris Seringai, Ricky Siahaan.

Jika mendengar lagu “Selamanya”, tidak terasa banyak perbedaan dengan lagu-lagu Seringai sebelumnya. Mereka masih berpegang teguh pada genre heavy metal.

“Sound-nya masih khas Seringai. Tapi kita bikin studio yang berbeda. Kemudian lirik-liriknya masih sangat kita, sesuatu yang kejadian sehari-hari, sosial, politik juga ada," ungkap Ricky kepada Kapanlagi (8/3/2018).

"Kemudian yang seru-seruan bercanda juga ada. Terus mengenai kehidupan kita sehari-hari, kita manggung. Jadi tema utamanya lebih passion sih, untuk album Seringai yang ini,"

Seperti yang selalu mereka lakukan sejak berdiri pada 2002, Seringai mengisi albumnya dengan kritik yang berhubungan dengan dunia sosial dan politik. Apalagi tahun depan adalah tahun politik, dengan adanya Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Menurut kami momennya tepat, menjelang Pilpres. Gue sudah merasa dari tahun lalu, tahun sekarang, tahun depan (kondisi politik dan sosial) pasti tambah nyebelin lagi. Tentang hoax, tentang perpecahan, rasis, akhirnya kami bicarakan," ungkap penabuh drum Edy Khemod kepada MetroTV News (25/4/2018).

Meski begitu, tentu ada berbagai sajian baru.

Mereka mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya menyisipkan percakapan, komedi, juga kolaborasi dengan penyanyi pop jazz Danilla. Meski genre mereka amat berbeda, Seringai yakin mereka bisa menghasilkan karya yang bagus.

“Kami enggak takut terhambat karena musik Danilla jauh dari kami, justru ternyata klop banget," ujar Khemod.

“Kami sering interaksi dengan Danilla, mulai dari acara bareng, ketemu di bandara, dan main bareng. Akhirnya kepikiran mau isi suara cewek, ya Danilla yang kami pilih,” lanjutnya.

Dalam kesempatan berbeda, Ricky menjelaskan bahwa keterlibatan musisi lain dalam karya Seringai selanjutnya hanya sesuai kebutuhan dari lagu baru saja.

“Ada beberapa musisi yang kami lihat cocok diundang mengisi suara di lagu,” ujar Ricky.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR