Video musik "Dia" dari Anji terpopuler di Indonesia

Anji punya strategi khusus mempopulerkan setiap kontennya di YouTube.
Anji punya strategi khusus mempopulerkan setiap kontennya di YouTube. | facebook.com/anji.go

Situs web berbagi video milik Google, YouTube, kembali dengan "The Year in Review". Isinya berupa daftar video paling populer sepanjang 2016. Untuk kategori video klip musik dalam region Indonesia, video lagu "Dia" milik Anji menempati urutan teratas.

Sejak pertama kali diunggah melalui kanal MyMusic Records pada 25 April 2016, vidklip musik itu sudah mendapat lebih dari 35,9 juta views (hingga 16/12/2016).

Mengikuti di bawahnya adalah "Pamit" (dari Tulus), "Cinta" (Gamaliel Audrey Cantika), "Aku Tetap Cinta" (Repvblik), "Pelangi" (HIVI!), "Jangan Hilangkan Dia" (Rossa), "Mimpi" (Isyana Sarasvati), "Kekasihku" (Ayu Ting Ting), dan "Ratusan Purnama" (Melly Goeslaw dan Marthino Lio).

Saat dihubungi Beritagar.id melalui sambungan telepon, Jumat (16/12), Anji mengaku memang punya beberapa strategi khusus bersama manajemen untuk membuat lagu tersebut populer. Beberapa merupakan rahasia dapur yang tidak bisa diungkapkan kepada publik.

Dalam sesi bincang bersama Joshua Suherman, Anji yang pada 5 Oktober silam genap berusia 37 mengungkap bahwa ia telah getol melakukan kampanye promosi sejak jauh hari. "Jadi bukan hanya pas 10 hari sebelum rilis."

Dalam analisis mantan vokalis Drive itu, "Dia" jadi populer salah satunya karena faktor easy listening dan kemudian menjadi hit di mana-mana, semisal di iTunes, Ring Back Tone (RBT), dan bercokol dalam tangga lagu berbagai stasiun radio.

"Selain itu, saya melakukan aktivasi kolaborasi dengan followers bukan hanya karena saat akan meluncurkan single. Tiap hari saya memang sering menciptakan engagement sehingga penggemar terus merasa terhubung," ungkap Anji.

Dengan berusaha menjalin komunikasi dua arah dengan para penggemarnya, Anji mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya jadi tidak kesulitan saat mengadakan pencarian model untuk video klip "Dia" melalui Instagram dengan tagar #AnjiCariModelKlip.

Rencana terbaru Anji adalah membuka kesempatan bagi siapa saja untuk mengirimkan lagu ciptaan mereka. Jika ada yang menurut Anji bagus, ia tak segan menjadikan lagu tersebut sebagai single berikutnya.

Kesadaran menjadikan YouTube sebagai salah satu etalase dalam berpromosi sudah mampir di benak pemilik nama lengkap Erdian Aji Prihartanto itu sejak 2009. Memasuki tahun 2015, alumni Fakultas Sastra Cina Universitas Indonesia itu mulai konsisten mengunggah konten video di YouTube.

Hingga saat ini, Anji memiliki empat kanal di YouTube. Pertama Dunia Manji berisi segala pemikirannya tentang berbagai hal. Lalu ada Anji Music yang khusus berisi soal musik, Keluarga Kece tentang keseharian keluarganya, dan Saga Omar Nagata, nama putra Anji dari hasil perkawinannya dengan Wina Natalia.

ANJI - DIA (Official Music Video) /MyMusic Records
BACA JUGA